Pengertian Teknik Analisis Data Kualitatif

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
26820 Analisis Data Kualitatif Dr Deborah Gabriel
Daftar Topik

Sebuah penelitian yang tidak memiliki nilai tentu tidak memiliki arti apa-apa, pengertian yang memiliki tujuan serta manfaat adalah penelitian yang dipertanggungjawabkan hasilnya. Itulah mengapa dengan memakai teknik analisis data kualitatif yang tepat maka tujuan dari penelitian pun akan menggunakan treatment penelitian yang sesuai dengan prosedur sehingga hasil dari penelitian tersebut bisa dipertanggungjawabkan oleh peneliti.

Analisis data sendiri mempunyai tujuan untuk menyusun data secara rinci sehingga orang yang membaca penelitian tersebut bisa memahami dengan mudah. Mengenai teknik analisis data pun juga dilakukan berdasarkan dengan logika induktif.

1. Pendekatan Penggunaan Teknik Analisis Data Kualitatif


26820 Analisis Data Kualitatif Dr Deborah Gabriel

Source: Dr Deborah Gabriel

Secara umum pendekatan yang dimiliki oleh teknik analisis data metode kualitatif terdapat dua jenis, yang pertama adalah aalisis induksi dan yang kedua adalah analisis grounded. Untuk analisis grounded kerap kali disahkan menjadi deduktif padahal pendekatan tersebut tidak terlalu sama.

Pendekatan Teknik Analisis Induksi

Ketika melakukan analisis dengan menggunakan pendekatan induksi maka akan dimulai dari hipotesis yang telah dipegang oleh peneliti sebelum melakukan penelitian ke lapangan secara langsung. Memang hampir mirip dengan pendekatan kuantitatif akan tetapi untuk pendekatan induksi ini lebih bersifat terbuka pada temuan lapangan.

Ketika peneliti sudah turun lapangan, maka seorang peneliti akan memeriksa data yang sudah diperoleh untuk mengkonfirmasi ataupun menyangkal hipotesis yang telah dimilikinya. Ketika data lapangan tersebut menemukan kasus yang membantah hipotesisnya, maka benda tersebut akan bergerak ke pada dua pilihan yakni mendefinisikan ulang hipotesisnya untuk melakukan eksklusi kasus yang menyimpang atau melakukan formulasi ulang hipotesis.

Saat seorang peneliti memutuskan untuk mendefinisikan ulang hipotesis yang telah ditemukan, kemudian melakukan eksekusi temuan yang menyimpang akan membuat proses dari analisis berjalan lebih cepat namun, ketika Anda memformulasikan ulang hipotesis saja maka Anda harus melakukan pemeriksaan dan pengumpulan data lapangan kembali.

Pendekatan Analisis dengan Jenis Teori Grounded

Sebetulnya penggunaan teori ini dalam melakukan teknik analisis data kualitatif kerap kali dipakai oleh kebanyakan peneliti. Bahkan definisi dari teori granit sendiri pun terbilang cukup beraneka ragam.

Pemakaian dari teori kredit yang digunakan oleh para peneliti, akan memberikan sebuah pertanyaan kepada informan yang sebelumnya peneliti tidak memiliki hipotesis sama sekali. Akan tetapi seorang peneliti diwajibkan melakukan kajian pustaka atau review literatur sehingga bisa mengetahui teori apa yang pernah diaplikasikan dalam penelitian yang topiknya hampir sama dengan yang diangkat dalam penelitian.

Biasanya teori grounded ini akan mengaplikasikan sampling theories.karena secara otomatis seorang peneliti bisa mengumpulkan data lapangan ketika menggunakan sampling teori ini.

2. Teknik Koding Pada Analisis Data Kualitatif


26820 Data Analysis

Source: House of Bots

Koding menjadi salah satu tahapan dasar ketika operasionalisasi analisis data kualitatif. ketika seorang peneliti sudah sampai pada tahap Coding maknanya data lapangan awal telah terkumpul. Walaupun demikian, tidak akan menutup kemungkinan jika peneliti tersebut akan menuju lapangan kembali guna mengambil data lagi.

Sebetulnya untuk teknik koding dapat dilakukan secara manual maupun memakai software analisis data kualitatif. Dan proses dari produk ini kerap kali disebut sebagai indexing. seorang peneliti nantinya harus memberikan kode pada setiap teks maupun narasi yang telah ditemukan pada setiap observasi maupun wawancara.

Pembuatan Konsep

Pada saat hasil coding data telah menunjukkan hasilnya seorang peneliti diwajibkan untuk memeriksa kembali data lapangan atau mengumpulkan data lagi.  Dimana hal tersebut sangat berguna untuk memastikan Apakah hasil data gording sesuai dengan di lapangan.

Proses Pembuatan Kategori

Pada saat konsep telah tersusun dengan jelas maka penyusunan dari kategori pun harus dilakukan. Misalnya saja, dalam pembuatan kategori harus membuat daftar pernyataan dari informan mana saja yang telah memberikan informasi pada setiap data yang telah terkumpul. Dan untuk langkah yang selanjutnya, seorang peneliti diwajibkan untuk mengeksplorasi hubungan pada setiap kategori dan memastikan Jika data tersebut masuk ke dalam kategori yang sesuai.

Pembuatan Hipotesis Analisis

Pada saat kategori seri disusun dengan rapi, maka seorang peneliti diwajibkan untuk membuat hipotesis. Dimana hipotesis ini nantinya akan menunjukkan hasil dari setiap konsep dan kategori yang telah disusun sebelumnya.

Mengenai hasil analisis dari data kualitatif memang tidak berjalan secara linier. Sebab seorang peneliti akan menuju ke lapangan secara berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang berkualitas. Ketika hipotesis sudah diuji, maka peneliti pun dapat mengkonfirmasi teori yang telah ada kemudian mengembangkan teori tersebut menjadi teori yang baru.

Demikianlah sekilas informasi mengenai teknik analisis data kualitatif yang bisa diberikan kepada Anda. Pastikan Anda menggunakan teknik dengan betul ketika melakukan penelitian proposal ataupun penelitian lainnya. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun ketika Anda menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan runtut maka hasil yang diperoleh pun akan berkualitas.

BACA JUGA!

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana dari Dinamo

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA