Pengertian Stratifikasi Sosial dan Macam-Macamnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Banyak penjelasan mengenai pengertian stratifikasi sosial yang terjadi dikalangan masyarakat. Stratifikasi sosial sendiri terjadi karena adanya faktor perbedaan yang ada di kalangan kelompok ataupun individu. Dasar yang digunakan untuk menggolongkan seseorang ke dalam kelas sosial juga sangat bermacam-macam.

Stratifikasi sosial bisa terjadi secara otomatis ataupun secara sengaja. Terjadi secara otomatis apabila stratifikasi tersebut sudah ada melalui keturunan, sedangkan secara sengaja apabila stratifikasi tersebut baru dibentuk demi kepentingan bersama. Jadi stratifikasi sosial tidak hanya terjadi secara disengaja, namun bisa juga terjadi karena faktor keturunan.

Unsur Stratifikasi Sosial

Pengertian Stratifikasi Sosial

Pengertian stratifikasi sosial yaitu penggolongan masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial berdasarkan kekayaan, keturunan, kekuasaan, dan pendidikan. Penggolongan ini bisa terjadi di daerah perkotaan maupun di daerah pedesaan, tetapi faktor penggolongannya cukup berbeda. Di daerah perkotaan biasanya penggolongannya berdasarkan pekerjaan, hak-hak istimewa, dan kepemilikan ekonomi. Sedangkan di daerah pedesaan biasanya digolongkan berdasarkan kekuasaan, perbedaan usia dan senioritas.

Ada pun pembagian kelas pada stratifikasi sosial yaitu kelas bawah, kelas menengah dan kelas atas. Pembagian tersebut dilakukan secara bertingkat yaitu mulai dari bawah sampai atas. Di Indonesia, wujud dari stratifikasi sosial dibagi menjadi 3 yaitu kekuasaan yang menunjukkan stratifikasi politik, kasta yang menunjukkan stratifikasi sosial dan perbedaan kepemilikan ekonomi.

Baca Juga: Materi dan Konsep Perubahan Sosial Lengkap

Macam-Macam Stratifikasi Sosial

Dalam stratifikasi sosial, terdapat beberapa macam yang perlu diketahui yaitu stratifikasi sosial terbuka, stratifikasi sosial tertutup dan stratifikasi sosial campuran. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai macam-macam stratifikasi sosial.

1. Stratifikasi sosial terbuka

Pada jenis stratifikasi ini, seseorang bisa masuk ke dalam kelas sosial tertentu ataupun keluar dari stratifikasi tertentu. Hal ini dikarenakan apabila seseorang mendapatkan stratifikasi lebih tinggi, maka bisa keluar dari stratifikasi sebelumnya dan berpindah ke stratifikasi lainnya. Bahkan bisa saja seseorang dikeluarkan dari stratifikasi tertentu karena tidak menjalankan kewajiban yang ada dalam stratifikasi tersebut.

2. Stratifikasi sosial tertutup

Stratifikasi sosial tertutup hanya bisa terjadi karena faktor keturunan. Karena stratifikasi sosial jenis ini memiliki sifat tertutup yang artinya bahwa seseorang tidak bisa mendapatkan stratifikasi tertentu dan tidak bisa berpindah ke stratifikasi lainnya. Jadi seseorang dikatakan memiliki stratifikasi tertutup apabila mendapatkan penggolongan stratifikasi berdasarkan keturunan.

3. Stratifikasi sosial campuran

Sesuai dengan namanya yaitu stratifikasi sosial campuran, stratifikasi ini mencakup kedua macam stratifikasi yaitu tertutup dan terbuka. Stratifikasi jenis ini biasanya terjadi dikalangan masyarakat tertentu yaitu masyarakat yang memiliki susunan heterogen. Jadi stratifikasi jenis ini memungkinkan seseorang bisa berpindah ke stratifikasi tertentu.

Fungsi Stratifikasi Sosial

Banyak orang yang mempertanyakan apa fungsi dari adanya stratifikasi sosial?. Bukankah dengan adanya stratifikasi sosial dapat membuat kesenjangan sosial di kalangan masyarakat?. Jika dilihat sekilas dari pengertiannya, stratifikasi sosial memang terlihat seperti memberikan pengaruh buruk. Namun perlu Anda ketahui bahwa adanya stratifikasi sosial sangat dibutuhkan di kalangan masyarakat.

Salah satu fungsi adanya stratifikasi sosial yaitu untuk memberikan hak dan kewajiban kepada seseorang. Misalnya dalam pekerjaan, dengan adanya stratifikasi sosial maka seorang pemimpin ataupun karyawan dapat mengetahui hak dan kewajiban seperti apa yang harus dipenuhi. Fungsi lainnya yaitu membuat permasalahan di kalangan masyarakat dapat diselesaikan dengan terstruktur.

Contoh Stratifikasi Sosial

Contoh tentang stratifikasi sosial sangat beragam, Anda bisa mengetahui contoh tersebut sesuai dengan keadaan yang ada di lingkungan Anda. Bahkan saat ini di Indonesia, stratifikasi sosial bisa terjadi dimana saja. Untuk mengetahui bagaimana contoh dari stratifikasi sosial berdasarkan macam-macamnya, maka Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

1. Contoh Stratifikasi Sosial Terbuka

Misalnya dalam dunia berbisnis. Seorang pebisnis bisa mengubah stratifikasinya dengan cara menaikkan levelnya. Yang artinya bahwa usaha yang dijalankan bisa berkembang lebih pesat apabila pebisnis tersebut mendapatkan banyak pelanggan. Dengan begitu, stratifikasi pebisnis tersebut dapat naik ke level yang lebih tinggi.

2. Contoh Stratifikasi Sosial Tertutup

Misalnya dalam dunia budaya atau adat istiadat. Seseorang mendapatkan stratifikasi berdasarkan keturunan, sehingga stratifikasi tersebut tidak bisa naik level ataupun turun level. Biasanya stratifikasi ini ditentukan berdasarkan perbedaan ras yang dimiliki ataupun faktor lainnya yang serupa. Sehingga stratifikasi ini bersifat tetap dan tidak mungkin berubah.

3. Contoh Stratifikasi Sosial Campuran

Misalnya dalam dunia pekerjaan. Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan yang awalnya sebagai pegawai bisa saja berubah menjadi pimpinan apabila mempunyai cara bekerja yang bagus. Tetapi seseorang tersebut tidak bisa berpindah menjadi bangsawan ataupun menjadi pemimpin daerah, karena hal tersebut tidak memungkinkan.

Pengertian stratifikasi sosial dapat dipahami dengan mudah apabila seseorang pernah menjumpai kejadian tersebut di lingkungannya. Tetapi bagi seseorang yang belum pernah mengenal kejadian tersebut, maka bisa memahami melalui contoh yang sudah diberikan. Jadi untuk mempermudah Anda memahami tentang stratifikasi sosial, Anda bisa memahaminya melalui sebuah contoh.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA