Pengertian Perencanaan Komunikasi dan Strateginya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bagi Anda yang suka membaca berbagai literatur, tentu saja sangat tidak asing dengan dua kata yang di sebut dengan strategi dan komunikasi. Keduanya banyak di bicarakan dalam berbagai bab dan berbagai bidang keilmuan termasuk di media juga. Namun, kadangkala ada yang di sebut juga dengan perencanaan komunikasi. Mungkin inilah yang cukup asing bagi Anda yakni dengan adanya perencanaan di depan kata yang sudah familiar tersebut. Nah, jika Anda bingung dengan apa maksudnya, lebih baik Anda pelajari terlebih dahulu lebih lanjut tentang kedua kata ini. Sedangkan untuk masalah informasi, jangan khawatir karena jawabannya bisa langsung Anda temukan di sini. Untuk itu, langsung saja simak ulasannya berikut.

Pengertian Perencanaan secara Umum

Perencanaan merupakan kata yang berasal dari kata dasar rencana. Dalam hal ini rencana dapat di artikan sebagai segala sesuatu yang harus di lakukan. Nah, ketika rencana itu telah di susun secara sistematis sebelumnya, maka di sebutlah dengan nama perencanaan. Namun, pada umumnya perencanaan ini akan tertulis secara detail sehingga dalam menjalankannya pun akan lebih mudah dan tertata.

Kata parencanaan sendiri bisa berhubungan erat engan berbagai kata lainnya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan kata perencanaan pada berbagai hal. Mulai dari aktivitas sehari-hari, untuk sebuah event dan lain sebagainya. Namun jika berbicara lebih lanjut mengenai kata perencanaan maka akan sangat akrab dengan yang di sebut strategi serta komunikasi.

Selanjutnya, perlu di ketahui juga bahwasanya segakla tindakan yang di ambil dalam sebuah perencanaan merupakan sebuah tindakan dalam pengambilan keputusan. Jadi, apa yang harus di lakukan akan di putuskan dalam sebuah perencanan kemudian akan di laksanakan untuk menjalankan apa yang telah di rencanakan sebelumnya. Perencanaan ini di lakukan oleh mereka yang memang masuk dalam daftar perencana. Namun untuk praktik nya bisa di lakukan secara langsung maupun melalui media.

Pengertian komunikasi Selanjutnya, untuk komunikasi tidak lain adalah sebuah interaksi. Pada dasarnya kegiatan ini di lakukan untuk menyampaikan sebuah informasi pada orang lain. Pesan atau informasi tersebut akan di sampaikan oleh komunikator atau orang yang melakukan komunikasi. Di mana orang yang menerimanya di sebut dengan komunikan.

Dalam kehidupan sehari-hari secara umum komunikasi jelas sangatlah penting sebagai sebuah penunjang tersampainya informasi. Karena itulah saat ini tidak heran jika muncul yang di sebut dengan media komunikasi sehingga semakin mempermudah pemberian informasi dari satu pihak ke pihak lain maupun pada orang banyak. Dengan komunikasi yang baik, maka akan terwujud penyampaian informasi yang bisa di terima dengan baik pula.

Pengertian Perencanaan Komunikasi

Setelah mengetahui apa itu komunikasi dan perencanaan secara umum, kini saatnya Anda menyelami apa itu perencanaan komunikasi. Perencanaan komunikasi ini sebenarnya sama saja dengan perencanaan pada umumnya. Akan tetapi jelas aspek yang di utamakan adalah pada bidang komunikasi. Secara umum dapat di pahami pula bahwasanya yang di maksud dengan perencanaan komunikasi tidak lain adalah rencana sistematis pada sebuah kegiatan komunikasi.

Sedangkan dalam proses penyampaian tersebut, perencanaan komunikasi tidak bisa di sampaikan sekedar kata-kata saja. Melainkan harus di sertai uraian secara rinci tentang data yang ada. Hal ini karena dalam sebuah perencanaan, bisa di katakan baik jika di dalamnya di sertai dengan beragam data dan uaraian yang rinci.

Pengertian Strategi

Selanjutnya, masuk pada masalah stretagi, dalam hal ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi Anda kata tersebut. Singkatnya, strategi ini merupakan sebuah cara atau teknik khusus untuk mencapai suatu hal di mana pencapaian tersebut akan di wujudkan dengannya. Jadi, strategi ini sangat penting karena dengan strategi yang baik maka Anda pun akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Dalam dunia organisasi, ada pula yang di kenal dengan nama perencanaan strategi. Perencanaan yang satu ini merupakan perencanaan yang di lakukan untuk menentukan strategi apa yang akan di gunakan dalam organisasi tersebut. Dalam hal ini di dalamnya para anggota akan mengambil keputusan terhadap strategi sesuai perencanaan yang di lakukan. Di bawa ke arah mana sebuah organisasi juga termasuk dalam perencanaan strategi.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian perencanaan komunikasi sekaligus strategi yang bisa Anda jadikan rujukan. Setelah mengetahuinya kini Anda tidak perlu bingung lagi apa makna keduanya jika tiba-tiba menemukan kedua kata tersebut di berbagai tulisan. (elevenia)

administrator
administrator

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA

Belajar Office

Mau Belajar Microsoft Office? Jelajahi tutorial office terlengkap disini: Topik populer: Pivot table Margin Rumus