Pengertian Lingkungan Hidup Serta Unsurnya

0

Apakah kalian pernah sadar kalau kita ini hidup didunia yang sangat luas sekali, dan karena begitu luasnya bahkan kita tidak tahu mana ujung dari dunia ini. Rasa syukur harus selalu kita ucapkan untuk sang Maha Pencipta alam semesta ini. karena sudah memberikan anugerah dalam kehidupan didunia ini.

Sebagai manusia, kita juga merupakan bagian dari makhluk hidup ciptaan-Nya selain hewan dan juga tumbuhan. Manusia pun dalam menjalani hidupnya tak lepas dengan kehidupan dari makhluk hidup lainnya di dalam satu ruang lingkup dan ini disebut dengan lingkungan hidup.

Nah, untuk lebih jelasnya kami akan membagikan mengenai pengertian lingkungan hidup dan unsur-unsurnya. Simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian dari Lingkungan Hidup

1. Pengertian Umum


Arti  dari Lingkungan hidup merupakan kesatuan antara ruang dengan seluruh benda serta unsur makhluk hidup. Termasuk juga pada manusia serta perilakunya yang mana mempunyai peran untuk berlangsungnya kehidupan dan kesejahteraan untuk manusia juga untuk makhluk hidup lainnya.Ekosistem, sosial dan budaya itu juga termasuk dalam lingkungan hidup.  Jadi, lingkungan hidup itu merupakan sesuatu yang berada di dalam sekitar dan mereka mempunyai peran yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

2. Menurut Beberapa Ahli


  • Soedjono

Lingkungan hidup diartikan sebagai suatu fisik yang berada di dalam alam. Dan dijelaskan manusia, tumbuhan dan juga hewan dipandang sebagai bentuk dari perwujudan fisik secara alami. Jadi menurut Soedjono ini menyimpulkan bahwa lingkungan hidup itu merupakan segala unsur yang didalam unsur tersebut ada manusia, hewan dan juga tumbuhan.

  • Otto Soemarwoto

Menurut ahli yang bernama Otto Soemarwoto ini Lingkungan hidup merupakan seluruh benda serta situasi yang ada di dalam satu ruang yang ditempati dan sangat berperan penting untuk keberlangsungan hidup.

  • Sambas Wirakusumah

Menurut Sambas Wirakusumah ini lingkungan hidup merupakan semua aspek situasi yang terdapat pada eksternal biologis, dimana organisme yang di hidup dan juga wawasan lingkungan dijadikan sarana untuk pembelajaran dari organisme tersebut.

  • Emil Salim

Menurut beliau lingkungan hidup mempunyai arti suatu benda, keadaan serta kondisi dan juga pengaruh di ruang yang kita semua pijak. Dan memiliki peran penting untuk semua kehidupan makhluk hidup.

  • Munadjat Danu Saputro

Lingkungan hidup diartikan sebagai seluruh benda, kondisi dan daya yang terdapat pada satu ruang, dimana perilaku manusia dan tingkah lakunya pun termasuk ke dalam ruang tersebut dan punya peran yang sangat penting dalam kehidupan.

  • Michael Allaby

Michael Allaby ini mempunyai arti dari lingkungan hidup yaitu the physical, chemical, biotic condition surrounding and organism.

  • Sri Hayati

Lingkungan hidup memiliki arti yaitu kesatuan ruang dengan semua benda serta kondisi dari makhluk hidup, dimana perilaku manusia dan tingkah lakunya pun termasuk ke dalam ruang tersebut dan punya peran yang sangat penting dalam kehidupan.

  • Jony Purba

Menurut Jony Purba lingkungan hidup merupakan suatu wilayah yang dimana tempat berlangsungnya interaksi sosial diantara berbagai jenis kelompok dan keadaannya.

3. Menurut Wikipedia


Lingkungan hidup diartikan sebagai segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan menyebabkan hubungan timbal balik. Jadi bisa dikatakan lingkungan hidup itu merupakan lingkungan buatan karena wilayah yang dicakup serta komponen lainnya dipengaruhi oleh manusia.

Unsur-Unsur dari Lingkungan Hidup

Pada lingkungan hidup terdapat unsur- unsur seperti pada halnya dalam suatu ruangan. Lingkungan hidup pun mempunyai dua unsur yaitu biotik dan juga abiotik. Adapun masing- masing dari kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Unsur Lingkungan Hidup Biotik


Unsur biotik ini merupakan komponen dari lingkungan hidup yang memiliki nyawa. Seperti contohnya manusia, hewan dan juga tumbuhan. Dan di dalam unsur biotik ini ada sistem organisme dari makhluk hidup yaitu sebagai berikut.

  • Individu

Merupakan organisme yang hidup secara tunggal.  Misalnya manusia, kucing, pohon mangga dan sebagainya.

  • Populasi

Merupakan kelompok dari organisme individu yang memiliki jenis sama dan hidup dalam ruang serta waktu  tertentu. Misalnya populasi semut, populasi pohon mangga.

  • Komunitas

Merupakan  kelompok organisme yang berasal dari kumpulan populasi dimana mereka saling untuk berinteraksi serta mempengaruhi satu dengan lainnya. Misalnya komunitas guru, sawah, siswa dan sebagainya.

  • Ekosistem

Merupakan suatu ruang dimana dapat mempengaruhi hubungan dari manusia , hewan dan juga tumbuhan.  Misalnya ekosistem hutan

  • Biosfer

Merupakan semua unsur yang ada di bumi.

2. Unsur Lingkungan Hidup Abiotik


Unsur lingkungan abiotik merupakan komponen dari lingkungan hidup yang tidak memiliki nyawa atau bisa disebut dengan benda mati. Misalnya air, udara, tanah, sinar matahari, topografi.

  • Air

Air adalah komponen abiotik yang sangat penting karena akan berpengaruh pada sistem kehidupan.

  • Tanah

Tanah juga merupakan unsur penting karena dapat berpengaruh untuk keberadaan dari suatu ekosistem.

  • Udara

Udara juga komponen abiotik yang sangat penting, karena tanpa adanya udara makhluk hidup akan mati. Hal ini karena setiap mahkluk hidup membutuhkan oksigen untuk keberlangsungan hidupnya.

  • Sinar matahari

Sinar matahari juga berpengaruh alam lingkungan hidup karena dapat menyebabkan tingkat kelembaban di suatu tempat beserta akan berpengaruh pada meningkatnya temperatur udara.

  • Topografi

Merupakan suatu tempat yang posisinya dilihat dari atas permukaan air laut. Dimana jika topografi berbeda maka akan berpengaruh  terhadap intensitas cahaya yang diterima, temperatur dan tekanan udara serta kelembabannya.

Nah itulah informasi tentang pengertian lingkungan hidup dan unsurnya yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas dapat dijadikan bahan untuk menambah wawasan  tentang apa itu lingkungan hidup dan unsur-unsurnya.

BACA JUGA!

7 Kepentingan Menjaga Alam Sekitar dalam Kehidupan Manusia