Pengertian Komposisi Adalah?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 2: Teknik Komposisi Untuk Lensa Sudut Lebar
Daftar Topik

Pengertian Komposisi Adalah – Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komposisi? Mungkin memang terdengar umum, namun akan memiliki arti yang beragam dan luas. Misalnya saja komposisi pada makanan berbeda dengan komposisi pada seni. Namun yang sama dari semua pengertian komposisi intinya, yaitu komposisi adalah penyusun. Lalu bagaimana dengan arti komposisi di bidang fotografi? Apakah tetap sama?

Sebenarnya, di dunia fotografi komposisi adalah suatu landasan dan bisa digunakan sebagai trik mengambil gambar supaya terlihat seperti profesional. Secara lengkapnya, simak informasi berikut ini.

20 Panduan Komposisi Fotografi yang Perlu Anda Ketahui (1) - Mahir FotografiMahir Fotografi

Pengaruh Komposisi Terhadap Bidikan

Seperti yang Anda ketahui, komposisi merupakan elemen penyusun yang berbeda pada gambar atau hal lain. Komposisi dalam dunia fotografi sendiri fleksibel, tidak ada yang salah maupun yang benar. Hanya saja, hasil akhir bidikanlah yang menentukan apakah komposisi gambar bermasalah atau tidak.  Tentunya jika hasil bidikan kurang baik, komposisi gambar sudah pasti kurang tepat.

Dilihat dari garis besarnya, ada dua faktor yang memengaruhi tampilan komposisi pada gambar. Pertama adalah berapa jumlah subjek yang ada pada gambar, jadi tergantung juga dengan objeknya apa. Sedangkan yang kedua adalah arah subjek, kemanakah ini menghadap dan apa sudut foto sudah sesuai.

Aspek Dasar Komposisi Dalam Fotografi

1. Pembingkaian

Yuk Pelajari Berbagai Macam Teknik Framing yang Bikin Fotomu Makin Kece! | KASKUS

Maksud dari pembingkaian adalah jumlah atau luas dari pemandangan yang ditangkap oleh kamera. Tentu saja banyaknya pemandangan yang tertangkap berpengaruh terhadap kesan dan hasil bidikan. Panjang fokus juga berpengaruh terhadap sudut pembingkaian gambar. Ada tiga jenis pembingkaian yang perlu Anda tahu, yaitu:

  • Close up

Penjelasan Macam - Macam Framing Kamera Foto & Video

Untuk bisa mengabil gambar dengan pembingkaian close up, maka Anda perlu menggunakan lensa telefoto. Sehingga objek yang ditangkap oleh kamera nampak lebih besar dibandingkan dengan pandangan mata biasa.

  • Normal

Sudut Pengambilan Gambar – Normal, Kodok, Burung, Tinggi, atau Rendah? – LB FOTOGRAFI

Pembingkaian gamar secara normal bisa diambil dengan menggunakan lensa standar. Karena pembingkaian ini memiliki ciri sudut pandang yang sama dengan mata manusia, maka penggunaan lensa standar adalah pilihan yang tepat.

  • Sudut lebar

Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 2: Teknik Komposisi untuk Lensa Sudut Lebar

Gambat atau foto dengan pembingkaian sudut lebar memang akan menangkap lebih banyak pemandangan. Sedangkan untuk objek foto akan terlihat lebih kecil dan sekilas saja.

Untuk menyesuaikan pembingkaian gambar, Anda juga perlu melakukan langkah yang tepat. Sehingga hasil bidikan akan terlihat lebih indah dan proporsional, berikut caranya:

  • Pertama, Anda perlu menentukan subjek utama dalam foto lalu cek dengan menggunakan LCD pada belakang kamera maupun viewfinder.
  • Kedua, tentukan juga seberapa banyak pemandangan yang akan ditangkap oleh kamera.
  • Ketiga, lakukan zoom in dan zoom out apabila Anda menggunakan lensa zoom. Lakukan untuk menyesuaikan gambar hingga komposisi yang diinginkan didapatkan.
  • Keempat, apabila Anda menggunakan lensa prima atau fixed tentu caranya berbeda. Untuk melakukan zoom in dan zoom out maka dilakukan secara manual yaitu dengan mendekati dan menjauhi subjek. Sedangkan untuk panjang fokusnya juga bisa diatur dengan pergantian lensa.

Supaya mendapatkan pembingkaian yang baik, maka Anda bisa melakukan latihan. Tidak memerlukan kamera untuk latihan, Anda bisa memvisualisasikan bingkai imajiner. Sehingga bukan hanya bisa menentukan pembingkaian yang pas, namun juga bisa mengembangkan daya imajinasi ruang Anda.

Baca Juga: 5 Tipe Kamera Canon yang Bagus untuk Fotografi

2. Posisi Horizontal dan Vertikal

10 Tips Komposisi Foto dalam Fotografi Landscape | K-Shot

Gambar yang menarik tentu memiliki keimbangan garis dan simetris yang baik. Makanya gambar yang stabil dan tegak lurus akan lebih menarik jika dilihat. Lalu bagaimana caranya supaya gambarnya tegas dan stabil? Tentunya Anda perlu memastikan bahwa garis vertikal dan horizontal subjek dengan cakrawala sudah tegak lurus.

Gambar yang tidak stabil  dan tidak tegak lurus akan tidak nyaman untuk dilihat. Ketidakstabilan pada gambar akan terjadi jika Anda mengambil gambar tanpa ada garis bantu atau digenggam sembarangan. Perbedaan antara yang tegak lurus dengan yang tidak memang akan terlihat jelas. Terlebih lagi jika subjek fotonya adalah benda yang simetris seperti perkotaan dengan gedung-gedung tinggi.

  • Cara Tepat Memastikan Letak Horizontal dan Vertikal

Apabila Anda senang memotret arsitektur maupun lanskap, maka yang penting diperhatikan adalah mempertahankan posisi vertikal dan horizontal. Karena subjek tersebut memang simetris, tegak lurus, dan garisnya jelas makanya jika sedikit saja miring akan terlihat mencolok.

Untuk menghindari kemiringan, maka Anda bisa menggunakan bantuan timbangan datar elektronik dan garis kisi. Sedangkan jika Anda menggunakan lensa wide angle, maka fokuskan subjek di tengah untuk menghindari distorsi.

  • Teknik Memanfaatkan Horizontalitas dan Vertikallitas
    • Menaikkan Posisi Cakrawala

Akan lebih baik jika Anda menempatkan cakrawala agak ke atas, sehingga subjek di bawahnya sedikit mendominasi. Dengan komposisi demikian maka akan menghasilkan gambar yang lebih stabil.

    • Garis Horizontal pada Subjek

Dalam subjek foto tentu ada garis horizontal yang terbentuk alami, bisa dari sudut maupun menda yang terlihat garis bentuknya. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan gambar yang tegak lurus.

Dalam dunia fotografi komposisi adalah sesuatu yang penting dan hasilnya yang menentukan. Tetapi, jika Anda suka memotret maka teknik dan berbagai pertimbangan lain harus dipikirkan untuk mendapatkan gambar terbaik.

5 Merk Kamera Murah dan Bagus

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP