Pengertian Ketimpangan Sosial Beserta Dampaknya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
13820 Ketimpangan Sosial SDGs Center Unpad
Daftar Topik

Buat kalian para pelajar jurusan ilmu pengetahuan sosial, jika kita berbicara tentang sosiologi pastinya tidak akan asing lagi bukan? Iya, Sosiologi merupakan mata pelajaran yang mulai ditempuh pada bangku menengah atas. Sosiologi bisa dikatakan mata pelajaran yang termasuk disukai pada jurusan ilmu pengetahuan sosial dibandingkan dengan sejarah.  Karena ilmu sosiologi ini sangat mudah dipelajari sebab mempelajari seputar kehidupan sosial masyarakat sekitar. Pada saat belajar sosiologi, pastinya ada bab yang membahas tentang pengertian ketimpangan sosial dan dampak-dampak yang terjadi serta upaya-upaya untuk mengatasinya.

Nah, buat kalian yang sedang menempuh mata pelajaran sosiologi dan sedang mempelajari bab ketimpangan sosial. Berikut akan kami jelaskan secara singkat mengenai pengertian ketimpangan sosial dan dampak-dampaknya serta upaya-upaya untuk mengatasinya.

Pengertian Ketimpangan Sosial dan Dampak-Dampaknya yang Harus Diketahui

Pengertian Ketimpangan Sosial Secara Umum


13820 Ketimpangan Sosial SDGs Center Unpad
Source: SDGs Center Unpad
  • Ketimpangan sosial adalah suatu keadaan yang menyebabkan adanya kesenjangan, adanya ketimpangan serta ketidaksamaan dalam memanfaatkan sumber daya  yang ada di bumi ini.
  • Ketimpangan sosial juga bisa dikatakan dengan adanya ketidakseimbangan bahkan jarak yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Para Ahli


13820 Ketimpangan Sosial Line Today
Source: Line Today
  • Menurut pendapat Andrinof A Chaniago, beliau mengartikan ketimpangan sosial merupakan suatu hasil dari pembangunan dimana hanya berkonsentrasi dalam bidang ekonomi hingga melupakan  pada bidang sosial.
  • Jonathan Haughton berkata bahwa ketimpangan sosial merupakan bentuk dari sebuah ketidakadilan dalam melakukan pembangunan.
  • Menurut pendapat Budi Winarno, beliau mengatakan bahwa ketimpangan sosial merupakan suatu dampak dari terjadinya kegagalan pada pembangunan di zaman globalisasi ini. dimana pembangunan ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat guna dalam memenuhi kebutuhan psikis maupun kebutuhan fisik.

Dalam perkembangan era globalisasi ini, dampak dari adanya ketimpangan  sosial adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari lagi.  Ketimpangan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat menyebabkan minimnya kemampuan individu serta minimnya pendidikan.  Dampak dari ketimpangan sosial akan mempengaruhi dalam beberapa macam bidang.

Dampak- Dampak dari Terjadinya Ketimpangan Sosial

  • Dalam Bidang Ekonomi


13820 Ketimpangan Ekonomi Kompas
Source: Kompas

Dampak dari adanya ketimpangan sosial dalam bidang ekonomi yaitu suatu sistem perekonomian hanya dapat berkembang dan tumbuh di beberapa daerah saja. Hal ini diakibatkan karena sumber daya yang seharusnya dibuat oleh semua masyarakat hanya dikuasai oleh orang-orang tertentu saja.

Produksi yang ada didalam Negara akan dialihkan ke Negara yang lain karena untuk menjaga keamanan dan juga efisiensi.

Bahkan, pemerintah pernah merubah kebijakan yaitu dengan meniadakannya subsidi. Dengan adanya kebijakan ini pastinya akan berpengaruh terhadap perekonomian suatu golongan-golongan tertentu.

  • Dalam Bidang Politik


13820 Politik Kompasiana
Source: Kompasiana

Dampak dari ketimpangan sosial dalam bidang politik ini, yaitu adanya dominasi ekonomi pada Negara-negara maju dengan Negara-negara lain.

Seperti contohnya Negara amerika serikat yang merupakan Negara dengan terkenal super power-nya ini akan memberikan pengaruh atau dampak terhadap negara-negara lain dengan kebijakan internasional.

  • Dalam Bidang Budaya


13820 Budaya Mypurohith
Source: Mypurohith

Dampak dari adanya ketimpangan sosial dalam bidang budaya  yaitu adanya globalisasi yang mengakibatkan terkikisnya budaya lokal yang dikarenakan adanya budaya luar yang masuk dengan bebas. Seperti halnya dalam bahasa dan gaya hidup.

  • Dalam Bidang Pendidikan


13820 Pendidikan Sekolah TheMoonDoggies
Source: The Moon Doggies

Dampak dari adanya ketimpangan sosial dalam bidang pendidikan ini adalah terdapat  jalan yang berbeda baik dari keluarga mampu sampai pada keluarga yang tidak mampu. Dampak yang dialami-antara lain adalah tidak berkualitasnya lingkungan yang ada di sekolah, bagi masyarakat yang tidak mampu mereka tidak mendapat pendidikan yang berkualitas.

Lulusan yang berkualitas hanya memadai dan fasilitas antara kalangan masyarakat golongan atas dan bawah tidak sama.

Ketimpangan Sosial Ini Dapat Diatasi dengan Beberapa Upaya

13820 Ketimpangan Sosial The Conversation
Source: The Conversation
  • Adanya Kebijakan dari Pemerintah

Dimana kebijakan pemerintah ini dapat diterapkan terkait dengan hak asasi manusia yang seharusnya diperoleh dan kesejahteraan sosial yang harus ada dalam masyarakat.

  • Adanya Suatu Program dalam Masyarakat

Dimana masyarakat dapat membuat lapangan kerja dan menyusun program  jaminan sosial guna untuk mengurangi tingkat dari ketimpangan sosial. Anggaran belanja pemerintah harus diberikan pada masyarakat yang benar-benar tidak mampu.

  • Adanya BPPPD yaitu Buku Pegangan Perencanaan Pembangunan Daerah

Dimana pemerintah harus memberikan keadilan pemerataan yaitu dengan memberikan kesempatan kepada semua masyarakat untuk berperan dalam pembangunan dan juga semua masyarakat harus bisa menikmati hasil dari pembangunan tersebut. pemerintah juga harus lebih meningkatkan akses untuk masyarakat serta meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas kesehatan untuk semua lapisan masyarakat.

Nah, itulah pengertian ketimpangan sosial dan dampak- dampak yang terjadi serta upaya untuk mengatasinya yang bisa kami bagikan. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu kalian yang sedang belajar tentang materi ini. dan penjelasan singkat diatas bisa kalian jadikan referensi  atau pedoman untuk  belajar sehingga kalian bisa lebih menambah wawasan ilmu pengetahuannya.

BACA JUGA!

Jenis-Jenis Pendekatan Pembelajaran

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP