Pengertian Interaksi Sosial Individu dengan Individu

0
4820 Interaksi Sosial Lampung Post
Source: Lampung Post

Manusia adalah makhluk sosial yang artinya saling membutuhkan dan tidak bisa hidup secara individu. Jadi, sudah bisa dipastikan jika manusia juga melakukan interaksi sosial individu dengan individu. Yang mana interaksi ini sudah pasti akan terjadi antar individu satu dengan yang lain dan bersifat mutlak. Supaya Anda lebih mengerti mengenai ilmu sosial ini, maka Anda perlu menyimak info berikut disertai dengan contoh.

Apa Itu Interaksi Sosial?


4820 Interaksi Sosial Salamadian
Source: Salamadian

Sebelum mempelajari mengenai interaksi sosial individu dengan individu, Anda perlu tahu tentang interaksi sosial. Ini adalah kontak sosial dimana setiap individu berusaha mempengaruhi individu lainnya di lingkungan pergaulan dan penyampaian ilmu pengetahuan. Dari pengertian ini maka bisa dilihat bahwa orang akan melakukan interaksi sosial jika memiliki tujuan tertentu. Ada dua pola interaksi sosial yaitu antar individu dan kelompok sosial dengan individu.

Interaksi Sosial Antar Individu


4820 Interaksi Sosial Lampung Post
Source: Lampung Post

Interaksi sosial individu dengan individu terjadi karena adanya dorongan dari pikiran dan perasaan. Sehingga memunculkan niat untuk berinteraksi dengan orang lain dan terjadilah perasaan simpati, jarak sosial, fenomena sosial, intensitas serta frekuensi interaksi. Sedangkan pengaruh besar yang dibawa adalah jarak sosial yang mendapatkan pengaruh dari peranan dan status sosial memiliki individu. Secara singkatnya bisa disimpulkan bahwa besar dan tingginya status sosial berbanding lurus dengan jarak sosialnya.

Mengapa Anda perlu tahu tentang interaksi sosial antar individu? Karena Anda perlu tahu mengapa orang tertentu tidak pernah atau jarang melakukan interaksi dengan Anda atau orang lain. Dan memecahkan kesalahpahaman yang sering terjadi antara masyarakat status sosial yang satu dengan yang lain. Karena terkadang ada orang yang memandang orang lain sombong karena tidak mau berinteraksi. Padahal bisa saja, hal ini bukan didasari oleh rasa sombong tetapi karena ketidaksamaan dengan orang tertentu.

Contoh Interaksi Sosial Antar Individu


4820 Interaksi Sosial Pindai News
Source: Pindainews

Sebenarnya interaksi sosial antar individu ini sangat mudah dijumpai contohnya. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari Anda mungkin mengalaminya. Contoh nyatanya adalah interaksi antara pejabat pemerintah seperti Presiden, DPR, DPRD, Kepala Daerah, serta Menteri dengan rakyat atau masyarakat secara langsung. Hubungan antara pejabat dan rakyat memang banyak mendapat pengaruh dari peranan dan status sosial masing-masing.

Seperti halnya dalam sebuah forum ada yang menyatakan seolah-olah negara ini dimiliki oleh kaum pejabat. Padahal pada kenyataannya yang memiliki negara adalah rakyat, karena Indonesia adalah negara demokrasi dan pemerintah hanya penggerak. Contoh kedua adalah hubungan antara masyarakat golongan atas dengan golongan menengah ke bawah dalam hal perekonomian. Tentu keduanya memiliki gaya hidup dan pola hidup berbeda, sehingga memberi kesenjangan dan pergaulan yang terpisah.

Dan contoh yang terakhir adalah interaksi antara mahasiswa dengan dosennya yang memiliki perbedaan peranan dan status sosial. Mahasiswa membutuhkan dosen karena ingin belajar, maka perlu mendekati untuk kepentingan. Sedangkan dosen juga akan berinteraksi dengan mahasiswa karena sudah menjadi tugas dan kewajibannya. Dari contoh-contoh ini bisa disimpulkan bahwa status dan peranan sosial membawa pengaruh besar terhadap interaksi sosial.

Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Antar Individu

Sesuatu hal terjadi pasti ada faktor yang mempengaruhi, begitupun dengan interaksi sosial. Yang mana seperti interaksi sosial akan membawa dampak terhadap pola umum interaksi sosial. Lantas apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial itu sendiri?

1. Simpati


4820 Simpati Sos With Suyasyafitri
Source: Sosiologi with Suyasyafitri

Mungkin orang bisa dengan mudahnya berkata bahwa ia bersimpati kepada seseorang. Tetapi apakah Anda tahu maksud dari perasaan simpati itu sendiri? Simpati merupakan adanya perasaan sama yang dirasakan oleh dua individu atau lebih. Biasanya orang akan menunjukkan perasaan ini dengan sikapnya kepada seseorang. Hal ini tentu didasari oleh sesama manusia yang artinya memiliki kesetaraan dalam kehidupan.

Simpati juga bisa diartikan sebagai rasa kagum dan senang terhadap orang lain karena salah satunya melakukan suatu tindakan. Bukan hanya rasa senang dan kagum sebenarnya, tetapi terkadang ada juga simpati muncul karena kesedihan yang terjadi pada salah satu pihak. Dengan adanya rasa simpati ini membuat batas interaksi karena status dan peranan sosial menjadi runtuh.

2. Antipati


4820 Antipati Creative Market
Source: Creative Market

Berbeda dengan simpati, antipati ini malah memiliki definisi yang sebaliknya. Karena perasaan ini tidak berdasarkan pada kata kati, melainkan ada unsur penafsiran oleh otak. Biasanya karena adanya perbedaan dalam penafsiran membuat munculnya perasaan yang berbeda antar individu. Hal ini benar-benar tergantung pada pola pikir masing-masing individu, bahkan status dan peranan sosial saja tidak bisa memengaruhi.

Setelah Anda tahu tentang interaksi sosial individu dengan individu, mungkin Anda bisa tahu tentang pola interaksi dan aspek pengaruhnya. Karena memang interaksi sosial akan terjadi karena adanya tujuan tertentu. Terlebih lagi jika terjadi pada orang yang memiliki status sosial dan peranan sosial yang berbeda, sudah pasti ada tujuan. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh sosio psikis serta akibat dari hubungan yang ada pada individu.

BACA JUGA!

Jenis-Jenis Pendekatan Pembelajaran