Short Functional Text Adalah? Bagaimana Ciri-cirinya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pengertian dan Tujuan Membuat Short Functional Text
Daftar Topik

gTypes of text atau sering disebut genre di dalam bahasa Inggris ada beberapa jenis. Genre sendiri dalam bahasa Inggris dipengaruhi oleh beberapa hal seperti tujuan penulisan teks, struktur kebahasaan yang digunakan dalam teks, fungsi teks serta ciri-ciri bahasa yang dipakai. Sedangkan total teks yang terdapat dalam bahasa Inggris sendiri berjumlah 13 jenis teks yang diketahui dan dipelajari. Jenis-jenis teks tersebut di antaranya descriptive text, narrative text, discussion text, explanation text, anecdote text, procedure text, recount text, news item text, review text, spoof text, report text, hortatory text, analyticl text, exposition text dan functional text. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian dan tujuan membuat short functional text.

Pengertian Functional Text

Functional text merupakan sebuah text dalam bahasa Inggris yang di dalamnya berisikan informasi terkait dengan suatu hal yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan penggunaan short functional text tersebut telah disesuaikan dengan fungsi-fungsi tertentu.

Contoh functional text di antaranya yaitu pengumuman, poster film, iklan, ulasan aplikasi, undangan, pedoman teknis dari penggunaan suatu produk, resep serta ulasan produk.

Tujuan Functional Text

Functional text ada tentunya dengan tujuannya sendiri. Nah, berikut ini adalah tujuan dari functional text yang akan dijelaskan berdasarkan bentuknya.

1. Greeting Card (kartu ucapan)

Functional text pada greeting card atau kartu ucapan ialah sebagai bentuk ungkapan simpati dan juga rasa peduli pada orang lain. Sedangkan tujuan dari greeting card atau kartu ucapan tersebut ialah sebagai berikut:

  • Memberikan ucapan selamat ataupun keberhasilan kepada seseorang
  • Untuk menyatakan rasa simpati terhadap seseorang
  • Untuk memberikan motivasi kepada seseorang yang telah mendapatkan prestasi

Hal yang penting dari functional text pada greeting card:

  • Untuk memperjelas tujuan
  • Menggunakan penilaian diksi

2. Invitation (undangan)

Functional text pada invitation atau undangan untuk mengundang seseorang agar menghadiri suatu acara. Bagian atau struktur pada invitation adalah alamat orang yang mengundang, salam dan isi dari pengirim. Invitation ini harus memenuhi syarat seperti berikut:

  • Tercantum alamat yang jelas dan lengkap
  • Mencantumkan waktu, tempat serta aktivitas yang jelas
  • Memberikan informasi yang relevan dan memadai.

3. Post Card (kartu post)

Post card yakni kartu post yang di dalamnya tertulis pesan yang dikirim tanpa amplop. Post card terbuat dari karton tipis atau kertas tebal yang berbentuk persegi panjang.

4. Prohibition (larangan)

Prohibition memiliki fungsi untuk memberitahu kepada orang-orang untuk tidak melakukan sesuatu.

5. Announcement (pengumuman)

Announcement atau pengumuman berfungsi menyediakan informasi secara jelas dan lengkap terkait dengan peristiwa tertentu. Dalam menuliskan announcement ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Ditulis secara lengkap dan jelas
  • Singkat dan langsung pada intinya
  • Jelas serta memudahkan pembaca dalam mendapatkan informasi secara cepat
  • Bukan untuk berita yang buruk, tidak ada omong kosong dan membuat pernyataan langsung

6. Short message (pesan singkat)

Short message atau pesan singkat berfungsi untuk mengirimkan pesan yang penting kepada orang lain. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengirim short message yaitu mudah dipahami dan alamat penerima pesan yang jelas.

7. Signs (rambu)

Signs atau rambu merupakan “sesuatu yang berdiri untuk suatu hal, kepada seseorang di dalam beberapa kapasitas”. Dalam rambu tersebut harus berisikan informasi yang mudah dimengerti sebagai sebuah unit deskripsi makna. Mulai dari gambar, kata-kata, rasa, aroma, gerak, suara, dan juga tekstur. Jadi pada dasarnya signs atau rambu membuat orang yang melihatnya bisa dinalar dan dipahami.

8. Notice (pemberitahuan)

Notice atau pemberitahuan ialah sebuah konsep hukum yang dibuat oleh suatu pihak agar bisa mempengaruhi seseorang, hak, tugas ataupun kewajiban. Pemberitahuan atau notice sendiri punya beberapa jenis yaitu pemberitahuan resmi atau pemberitahuan publik, pemberitahuan kontruktif, pemberitahuan aktual serta pemberitahuan tersirat.

9. Letter (surat)

Letter atau surat merupakan komunikasi secara tertulis atau dicetak yang mana pesan yang disajikan dalam bentuk karakter yang bisa dimengerti.

10. Identity Card (kartu identitas)

Identity card atau kartu identitas merupakan sebuah kartu yang menampilkan identitas dari dari seseorang yang di dalam kartu tersebut berisikan nama, tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya.

11. Shopping List (daftar belanja)

A shopping list yakni daftar yang berisikan hal-hal atau barang-barang yang ingin dibeli saat sedang berbelanja yang mana ditulis pada secarik kertas.

Ciri – Ciri Functional Text

Functional text sendiri punya ciri-ciri tertentu seperti berikut ini:

  • Ditulis dengan menarik
  • Singkat, padat dan mudah dimengerti
  • Dikemas secara menarik
  • Biasanya disertai dengan gambar

Contoh Functional Text

Berikut ini adalah salah satu contoh dari short functional text pada kartu ucapan atau greeting card.

“I’m so sorry you’re sick. I want you to know that I will never try to sell you on sama random treatment

I read about on the Internet”.

Nah, strategi pengertian dan tujuan membuat short fungtional text yang kemudian bisa anda jadikan sebagai referensi ketika ingin mengetahui tentang pengertian dan juga fungsi dari jenis teks tersebut.

wiyana
wiyana

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA