Pengertian dan Tujuan dari Generic Structure Explanation Text

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Generic Structure Explanation Text – Pernahkah Anda memperhatikan tentang proses terjadinya pelangi? Atau mungkin Anda pernah membayangkan tentang proses turunnya salju? Nah, beberapa kejadian alam seperti terbentuknya pelangi, turunnya salju, angin tornado dan kejadian alam lainnya dalam bahasa Inggris masuk ke dalam explanation text atau teks penjelasan.

Lalu apa pengertian dan tujuan dari generic structure explanation text? Berikut ini akan kami sajikan untuk Anda.

Pengertian Explanation Text

Sebelum kita membahas tentang pengertian dan tujuan dari generic structure explanation text lebih dalam, maka bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan explanation. Explanation sendiri adalah kata benda yang mengandung arti dalam bahasa Indonesia adalah “penjelasan”. Sedangkan kata text mengandung arti “tulisan atau teks”.

BAHASA, INGGRIS ,WAJIB , KELAS, XI UMUM, Explanation Text (national,  disaster)

Jadi, explanation text is a text which explains the processes related to forming of natural, social, cultural, or scientific phenomena, such as how a motorcycle is made or how bees make honey. Artinya, explanation text merupakan sebuah teks yang isinya menjelaskan tentang proses-proses yang berhubungan dengan terbentuknya suatu fenomena atau suatu kejadian alam, sosial, budaya serta ilmiah.

Explanation text ini berisikan tentang penjelasan dari proses fenomena alam yang secara berurutan. Misalnya jika menjelaskan terkait dengan proses bagaimana pembuatan sebuah sepeda motor atau bahkan bagaimana proses pembuatan madu dan lain sebagainya.

Baca Juga: Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Tujuan Explanation Text

Jika dilihat dari pengertian explanation text seperti di atas, maka dapat kita tebak dan diketahui apa tujuan dari explanation text itu sendiri. The purpose atau tujuan dari explanation text yakni to explain the processes of the forming of a social, cultural, natural, or scientific phenomenon. Artinya, tujuan dari explanation text itu adalah untuk menjelaskan proses-proses dari pembentukan suatu kejadian atau fenomena sosial, budaya, fenomena alam, atau pun fenomena ilmiah.

Jenis teks yang satu ini akan menjelaskan bagaimana proses terjadinya suatu kejadian dengan berurutan.

Generic Structure of Explanation Text

Explanation text sudah mempunyai struktur kebahasaannya sendiri. Nah, hal tersebutlah yang akan menjadi pembeda antara explanation text dengan jenis teks-teks yang lainnya di dalam bahasa Inggris. Berikut ini akan kami berikan generic structure atau struktur kebahasaan dari explanation text:

1. General Statement

Struktur kebahasaan dari explanation text yang pertama yaitu general statement yang berada di bagian paragraf pertama. Sedangkan fungsi dari general statement ini adalah untuk memberikan tentang penjelasan umum terkait suatu kejadian maupun fenomena yang akan dibahas di dalam teks.

Isi dari general statement ini bisa berupa pengertian dari fenomena atau kejadian serta beberapa kalimat uang isinya tentang penjelasan umum terkait dengan fenomena atau kejadian tersebut.

2. Sequenced of Explanation

Sequenced of explanation merupakan bagian selanjutnya dari explanation text dan terletak di paragraf selanjutnya setelah paragraf general statement. Sedangkan fungsi dari bagian kedua atau sequenced of explanation ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang mengapa dan bagaimana terjadinya sebuah fenomena. Penjelasan tersebut berupa proses-proses dari terbentuknya kejadian tersebut yang ditulis secara berurutan. Bagian sequenced of explanation ini biasanya menjawab pertanyaan “How” dan “Why” dan dapat ditulis dalam lebih dari satu paragraf.

Nah, di dalam generic structure of explanation text ini tidak ada bagian “closing” atau penutup. Banyak orang yang beranggapan bahwa paragraf terakhir pada explanation text adalah termasuk bagian closing atau penutup. Namun yang benar adalah bagian terakhir dari explanation text ini merupakan proses paling akhir dari terjadinya atau terbentuknya suatu kejadian maupun sebuah fenomena.

Ciri-ciri Explanation Text

Berikut adalah ciri-ciri dari explanation text:

  • Ditulis dengan menggunakan Present Tense

Karena dalam explanation text ini berisikan tentang kejadian atau fenomena yang biasanya terjadi berulang kali. Misalnya seperti hujan, terjadinya pelangi dan lainnya. Maka menulis explanation text ini menggunakan present tense.

  • Ditulis secara berurutan

Explanation text yang berisikan proses-proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena, maka harus ditulis secara berurutan.

  • Terdapat kata penghubung waktu

Karena explanation text ini menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena, kejadian atau peristiwa, maka akan ditandai dengan adanya kata penghubung waktu yang dapat berupa first, second, third, firstly, secondly, then, later, next, finally, atau at last.

  • Technical vocabulary

Dalam explanation text berisikan vocabulary khusus tentang beberapa hal yang dibahas. Misalnya pembahasan tentang cara membuat mobil, maka kosakata yang terkait seperti bonnet, engine atau juga ignition.

  • Diagram dan tabel

Explanation text biasanya dilengkapi diagram beserta keterangan dari diagram tersebut yang berfungsi untuk membantu menjelaskan hal yang dibahas dalam teks.

  • Gambar dan keterangan

Explanation text juga biasanya dilengkapi dengan gambar dan keterangannya yang berfungsi untuk membantu menjelaskan hal yang dibahas dalam explanation text.

  • Jawaban dari pertanyaan “How” and “Why”

Explanation Text biasanya berisikan jawaban dari “How” and “Why” yang dimuat dalam bagian kedua (Sequenced of Explanation) dari teks ini.

  • Fokus dengan fenomena

Karena fungsi dari teks ini yang menjelaskan fenomena atau kejadian, maka fokus dari teks ini adalah fenomena yang dibahas tersebut dan bukan merupakan penjelasan orang atau hal lainnya.

Nah, pengertian dan tujuan dari generic structure explanation text di atas semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Inilah Penggunaan Kata ‘Di’ yang Baik dan Benar

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA