Alat Musik Kordofon Beserta Jenisnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Pengertian dan Jenis Alat Musik Kordofon
Daftar Topik

Musik adalah salah satu media untuk mengungkapkan suatu kesenian yang mencerminkan dari kebudayaan masyarakat. Berbicara tentang musik, mungkin hampir semua orang menyukainya. Karena dengan mendengarkan musik, terkadang bisa menenangkan suatu pikiran. Bahkan bermain musik atau sekedar mendengarkan saja itu bisa menjadi hobi dari mereka yang memang suka dengan musik. Musik sendiri terdapat banyak jenisnya,  mulai dari musik tradisional hingga modern. Dan cara memainkan musik  tersebut pun sangat beragam mulai dari dipetik, dipukul, ditiup dan masih banyak lagi. Kali ini, kami akan membahas  salah satu  jenis alat music yang dipetik (kordofon).  Nah, mungkin masih belum banyak orang yang tahu apa sih  pengertian dan jenis alat musik kordofon itu. Jika anda adalah salah satu dari mereka, maka kami akan membagikan informasi yang dibutuhkan tersebut.  Agar lebih jelas, yuk silahkan simak ulasan kami dibawah ini.

Pengertian Alat Musik Kordofon

Kordofon adalah suatu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Artinya, sumber suara atau bunyi yang dihasilkan oleh alat musik jenis kordofon ini adalah berasal dari senar ataupun dawai yang di petik atau bisa juga dipukul.  Alat musik kordofon ini sangatlah banyak jenisnya, misalnya saja seperti kecapi, Rebab, siter dan masih banyak lagi.

Jenis Alat Musik Kordofon

1. Kecapi

4 Hal Tentang Alat Musik Kecapi Yang Harus Kamu Tahu

Kecapi sendiri merupakan suatu alat musik yang cara memainkannya adalah dipetik. Alat musik kecapi ini berasal dari provinsi Jawa Barat.  Biasanya alat musik kecapi ini digunakan sebagai pelengkap alat musik lainnya yaitu seperti pada alat musik suling.  Bahkan sampai saat inipun alat musik kecapi ini menjadi salah satu alat musik untuk sebuah kesenian  yang dilestarikan di daerah sunda.  Dan alat musik ini sangat bernilai tinggi di kalangan masyarakat yang merupakan penduduk asli Jawa Barat.

2. Pipa

23 Alat Musik Petik Beserta Nama, Penjelasan, dan Gambarnya

Jenis alat musik kordofon yang kedua adalah pipa. Pipa sendiri merupakan suatu alat musik  yang dibuat dari bahan dasar kayu, dimana di salah satu sisi bagiannya terdapat  tali logam yang jumlahnya ada 4 buah.  Alat musik pipa ini biasa digunakan untuk mengiringi suatu pertunjukan kesenian seperti misalnya opera Cina. Selai  itu, alat musim ini juga bisa dimainkan secara solo atau juga bisa untuk mengiringi bernyanyi. Untuk cara memainkannya itu hampir mirip dengan alat musik yang bernama gitar.

3. Sempe

√ Cara Memainkan Sampe & Proses Pembuatan - Felderfans.com

Sempe ini adalah alat musik yang cara untuk memainkannya dengan dipetik.  Sempe sendiri merupakan jenis dari alat musik kordofon yang sangat tradisional karena biasa digunakan oleh suku Dayak.  Untuk cara memainkan alat musik sempe ini yaitu dengan menyelaraskan sebuah  senarnya dengan kondisi perasaan dari orang yang memainkannya.  Ari hal inilah maka Sempe ini disebut sebagai suatu alat musik yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan.

4. Sasando

Pah Bersaudara yang Keliling Dunia karena Sasando Halaman all - Kompas.com

Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu alat musik sasando. Alat musik sasando ini adalah sebuah jenis alat musik yang beralah dari NTT.  Sasando sendiri mempunyai dua jenis yaitu ada sasando gong dan juga sasando biola. Bentuk dari alat musik sasando ini sangatlah unik. Bagaimana tidak unik, karena dalam pembuatan, bentuk hingga cara memainkannya pun sangatlah berbeda dengan alat musikyang termasuk kedlaam kordofon lainnya.

5. Siter

Siter lesson ISI Solo Jawa - YouTube

Jenis alat musik ini adalah musik tradisional yang  tergolong kedalam keluarga gamelan.  Namun, uniknya siter ini mempunyai dawai, dimana untuk memainkannya itu dengan cara dipetik.  Siter ini adalah bagian dari ricikan gamelan dan sumber suara yang dihasilkan itu adalah dari dawai  yang dipetik, dimana dawai itu dibuat dari bahan kawat yang jumlahnya sebanyak 11.

6. Gambus

Gitar gambus | Shopee Indonesia

Alat musik  berupa gambus ini sangat dikenal di Timur Tengah. Biasanya alat musik gambus ini dimainkan untuk mengiringi sebuah lagu yang bertemakan  islam. gambus ini cara mainnya juga dipetik. Biasanya alat musik satu ini identik  dengan dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional seprti zapin misalnya. selain itu, alat musik satu ini juga dimainkan biasanya untuk megiringi sebuah acara pesta pernikahan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang pengertian dan jenis alat musik kordofon yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk anda yang belum mengetahuinya.

wiyana
wiyana
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP