Pengertian dan Hikmah Iman Kepada Malaikat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
20320-malaikat langit sky
Daftar Topik

Malaikat merupakan makhluk Allah yang wajib kita percayai keberadaannya, hal ini pun telah sangat jelas dalam rukun iman. Iman kepada malaikat artinya kita harus percaya dengan penuh keyakinan bahwa malaikat itu ada. Meskipun kita sebagai manusia tidak bisa melihat keberadaan mereka, kecuali Allah berkehendak menampak kan keberadaan mereka seperti yang di alami oleh Nabi Muhammad.

Malaikat merupakan makhluk Allah yang paling taat dan patuh kepada seluruh perintah Allah. Mereka selalu menyembah Allah dan perintahNya dilaksanakan dengan patuh. Karena mereka tidak memiliki hawa nafsu tetapi memiliki akal dan rasa malu. Allah menciptakan malaikat dari Nur yang memiliki arti cahaya. Malaikat tidak berjenis kelamin baik itu laki – laki maupun perempuan.

Nama Malaikat Beserta Tugasnya


Para malaikat selalu berdzikir kepada Allah tidak pernah berhenti baik siang maupun malam dan mereka tak pernah durhaka atau ingkar kepada Allah karena mereka merasa takut kepada Allah, Allah juga memberikan mereka kemampuan berubah wujud dan mempunyai kekuatan dan kecepatan cahaya, kemudian mereka juga tidak merasakan lapar, lelah mengantuk dan tidak para malaikat tidak makan dan minum.

Malaikat itu memiliki jumlah yang sangat banyak, hanya Allah yang mengetahui jumlah pasti dari malaikat, tetapi setiap malaikat memiliki tugas tertentu dan kita sebagai manusia wajib mengetahui dan mengimani atau percaya akan tugas – tugas malaikat, yaitu :

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril yang memiliki tugas menyampaikan wahyu kepada para Rasul, yang akan di sampaikan oleh Rasul kepada seluruh bangsa dan umat manusia di bumi.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail yang memiliki tugas mengantarkan rejeki, mengurus datang hujan di bumi.

3. Malaikat Isrofil

Malaikat Isrofil yang akan bertugas meniup terompet sangkala ketika akan terjadi hari kiamat, dan ketika akan akan membangkitkan semua makhluk setelah kiamat untuk berkumpul di padang mahsyar.

4. Malaikat Izroil

Malaikat Izroil yang memiliki tugas mencabut nyawa semua manusia di bumi.

5. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib yang memiliki tugas mencatat segala perbuatan dan amalan baik yang di lakukan oleh manusia.

6. Malaikat ‘Atid

Malaikat ‘Atid yang memiliki tugas mencatat semua perbuatan dan amalan buruk atau jahat yang dilakukan oleh manusia.

7. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar yang bertugas bertanya kepada manusia di dalam kubur.

8. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir yang memiliki tugas menanyakan seluruh perbuatan yang dilakukan oleh manusia di dalam kubur.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik yang memiliki tugas menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan yang bertugas menjaga pintu syurga.

Hikmah Iman Kepada Malaikat


Tugas-tugas yang di miliki oleh malaikat menunjukkan betapa pentingnya keberadaannya dan beriman kepada para malaikat merupakan hal yang harus kita lakukan. Kita mendapatkan hikmah dari beriman kepada para malaikat yakni…

  • Keimanan kita akan senantiasa bertambah jika kita meneladani sifat malaikat yang selalu berusaha mengedepankan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.
  • Akan menambah rasa syukur kita kepada Allah karena telah menciptakan malaikat untuk mengurus dan mengatur kepentingan manusia itu sendiri.
  • Menghindarkan kita dari sifat tercela dan sombong karena masih ada malaikat yang memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya tetapi selalu berdzikir dan patuh kepada Allah.
  • Akan senantiasa berhati – hati dalam mengambil setiap keputusan dan melakukan setiap tindakan karena akan di perhatikan oleh malaikat Raqib dan ‘Atid dan nantinya akan di tanyakan oleh malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur.
  • Merasakan takut apabila melakukan kegiatan yang jahat atau keji karena malaikat dan Allah akan selalu mengawasi.
  • Mendorong kita untuk selalu berbuat kebajikan dan membuat kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan pula karena semua perbuatan itu akan di awasi oleh malaikat dan juga akan kita pertanggung jawabkan hasilnya.
  • Menambah rasa kekaguman kita terhadap Allah karena telah menciptakan makhluk yang istimewa dan taat kepada Allah dan selalu beribadah kepada Allah tanda henti.
  • Akan semakin bekerja keras dalam mencari rezeki karena Allah telah menempatkan banyak malaikat untuk mengatur rezeki manusia.
  • Menambah kesadaran kita terhadap sebuah alam yang tak mampu dijangkau oleh panca indra dan kekuasaan Allah melebihi apapun yang dapat diketahui oleh manusia melalui apapun yang kasat mata.
  • Meneladani sikap malu yang dimiliki oleh malaikat agar menjadi makhluk yang semakin baik dalam menyembah Allah.
  • Akan senantiasa mengatur hawa nafsu dengan mengoptimalkan kinerja akal untuk selalu patuh akan semua perintah dan larangan yang diberikan oleh Allah.
  • Senantiasa percaya akan semua ketentuan dan takdir yang telah Allah berikan untuk setiap makhluk nya.
  • Dan beriman kepada malaikat akan menyempurnakan iman kita kepada Allah dan sebagai bukti kepatuhan kita terhadap Allah Ta’ala.

Jadi, kita sebagai umat muslim wajib memahami pengertian iman kepada malaikat serta tahu nama-nama malaikat berserta tugasnya.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA