Pengertian dan Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

0

Kehidupan dunia adalah sebagian kecil dari kehidupan kita di akhirat kelak. Dunia hanyalah sementara dan tidak kekal, dan di dunia inilah tempat kita menabung untuk kehidupan akhirat yang selama-lamanya. Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima sebagaimana disebutkan dalam hadis.

Hari akhir adalah peristiwa yang pasti terjadi meski memang tidak ada yang tahu kapan terjadinya kecuali Dzat Allah. Siapapun yang mengaku beriman pasti akan dengan teguh mempersiapkan kembalinya dia. Dimana kita yang awalnya tidaklah ada, lalu diciptakan oleh Allah menjadi ada, dan pada waktu yang ditentukan kita akan ditiadakan. Untuk meningkatkan iman kita, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peristiwa datangnya hari kiamat.

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir


Iman kepada hari akhir berarti mempercayai serta meyakini bahwa alam semesta yang diagung-agungkan akan tiada pada saatnya. Secara istilah iman kepada hari  akhir juga berarti meyakini adanya kehidupan kekal setelah kehidupan dunia. Hari akhir adalah suatu peristiwa dimana alam semesta dan sesisinya akan luluh lantak dimana peristiwa ini akan menghancurkan segala bentuk kehidupan yang ada di dunia.

Dalil Naqli Tentang Hari Akhir


Peristiwa hari akhir telah termaktub dalam kitab suci al-Quran, yakni dalam QS. An-Naml: 87 yang artinya: “Dan ingatlah hari ditiup nya sangkakala, maka terkejutlah segala yang ada di langit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki oleh Allah, setiap orang akan datang menghadap Nya dengan merendahkan diri”

Selain itu, gambaran mengenai hari akhir juga telah ada dalam Al-Quran surah Az-Zalzalah ayat 1-5, dimana pada surat tersebut disebutkan bahwa pada saat itu Bumi akan digoncangkan dengan sekuat-kuatnya sampai mengeluarkan isi perutnya. Sungguh begitu dahsyat peristiwa hari kiamat yang akan terjadi dan pasti terjadi.

Macam-Macam Hari Akhir


Ada dua jenis hari akhir atau hari kiamat, yaitu kiamat sughra dan kiamat kubro yang akan kita bahas lebih lanjut.

1. Kiamat sughra

Kiamat sughra adalah kiamat kecil dimana hal ini ditandai dengan hancurnya alam semesta sedikit demi sedikit, seperti kematian, bencana alam, dan sebagainya. Siapapun yang telah mati maka ruhnya akan berkumpul di alam barzah (alam penantian). Mereka akan berada di alam itu sampai kiamat datang. Namun sebelum itu, mereka akan berada di alam kubur yang merupakan alam pertanyaan tentang kehidupan mereka sebelum kematian datang.

3. Kiamat kubra

Kiamat kubra adalah peristiwa hancurnya segala yang diciptakan, dunia dan seisinya tanpa terkecuali. Dimana kiamat kubra adalah tanda dimulainya pertanggung jawaban setiap makhluk menuju peradilan Allah. Beberapa tanda kiamat kubra adalah bebasnya Ya’juj dan Ma’juj, munculnya dajjal, mmatahari terbut dari barat. Sebelum kiamat kubra terjadi maka orang yang mukmin akan diwafatkan terlebih dahulu. Saat itu, hanya tersisa orang-orang yang berbuat batil dan seburuk-buruk umat.

Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

Siapapun yang percaya atau iman kepada hari akhir dan hari pembalasan dari setiap perbuatan pastinya akan menemukan hikmah yang luar biasa dalam peristiwa tersebut. adapun hikmahnya adalah…

  1. Berkeyakinan kuat bahwa apapun yang kita lakukan di dunia akan mendapat balasan yang setimpal. Allah Maha Adil, sehingga setiap amal kebaikan meski hanya sebiji dzarrah akan dibalas oleh Allah dan amal keburukan meski sebiji dzarrah akan tetap menuai akibat yang setimpal.
  2. Barang siapa yang iman kepada hari akhir tentunya akan berusaha tidak berbuat kebathilan. Dimana mereka akan terus membiasakan diri untuk berperilaku terpuji dan jauh dari sikap tercela
  3. Yakin bahwa janji Allah pasti benarnya sehingga orang yang iman pada hari akhir tidak akan puas dengan amalnya. Selain itu, mereka juga akan tetap optimis dan tawakkal meski ditimpa ujian.
  4. Terus beramal untuk kehidupan kekal di akhirat, sehingga orientasi orang yang iman kepada hari akhir bukanlah dunia.
  5. Berlapang dada atas setiap ketentuan sehingga tidak ada keluhan. Karena yakin bahwa manusia diciptakan untuk diuji tentang bagaimana cara kita mengusahakan yang terbaik sebagai hamba yang benar-benar ikhlas dengan ketentuannya.
  6. Tidak berat memberikan sebagaian harta yang merupakan hak orang lain, dimana iman pada hari akhir akan membuatnya rajin bersedekah

Setiap manusia pasti mengalami kematian, dimana hal tersebut merupakan salah satu kiamat sughra. Kita berawal dari ketiadaan dan akan berakhir dengan ketiadaan pula. Yang kekal hanya Dzat Allah, Dialah Tuhan yang menciptakan dunia dan seisinya. Iman kepada hari akhir akan membuat kita takut akan adzab Allah. Peradilan Allah adalah yang paling adil, sehingga saat itu mulut tidak akan mampu berbohong dan setiap anggota badan akan bersaksi atas apa saja yang pernah diperbuat selama di dunia.

Oleh karena itu, mari kita meningkatkan iman dengan terus berbuat baik kepada siapapun. Kesampingkan kepentingan diri sendiri untuk memperoleh kemaslahatan. Jaga hubungan baik kita kepada Allah dengan selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangannya dan hubungan baik kita kepada manusia dengan terus berbuat baik sesuai kadar kemampuan kita.

BACA JUGA!

Gambaran Surga Dan Neraka Menurut Al-Quran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here