Pengertian dan Fungsi Pap Smear Adalah Sebagai Berikut

0

Salah satu cara untuk melihat apakah organ kewanitaan anda sehat itu adalah dengan melakukan cara pap smear. Pap smear merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh pihak medis yang khusus untuk wanita yang pernah berhubungan intim. Namun banyak wanita yang belum mengetahui betapa pentingnya melakukan pap smear ini. Bahkan juga masih banyak wanita yang belum tahu pap smear itu apa. Padahal melalui pap smear ini bisa dijadikan salah satu cara untuk mendeteksi apakah terdapat kanker serviks atau tidak.

Nah, buat anda yang belum mengetahui secara jelas apa itu pap smear dan juga fungsinya. Berikut akan kami jelaskan pengertian dan fungsi pap smear yang penting untuk anda ketahui.

Pengertian Pap Smear yang Harus Diketahui Wanita


Pap smear adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan oleh medis yang dilakukan dibagian leher rahim dimana ini akan sangat berfungsi untuk mengetahui apakah terdapat tanda- tanda leher rahim yang berubah. Dengan melakukan pap smear yaitu bisa dijadikan cara efektif dan juga cara yang mudah dalam mengetahui  apakah kanker serviks itu diderita oleh wanita yang mempunyai virus HPV.  Erta dengan melakukan pap smear itu juga kan terdeteksi apakah anda memiliki penyakit kanker serviks atau tidak. Dan pastinya jika itu dideteksi secara dini tentu akan menjadi peluang yang besar untuk dapat sembuh jika mengalami penyakit kanker serviks ini.

Lalu apa sih pentingnya melakukan pap smear buat wanita ?  iya jika wanita sudah pernah berhubungan intim maka itu sangat penting karena dikhawatirkan akan adanya penyakit menular setelah berhubungan. Jadi jika akan melakukan pemeriksaan pap smear itu bisa dilakukan dengan selama satu tahun itu minimal satu kali. Terdapat juga beberapa faktor yang menyebabkan pap smear ini penting untuk dilakukan yaitu  wanita yang mempunyai infeksi sakit HIV, wanita yang menggunakan kortikosteroid dimana ini adalah imunitas tubuh akan lemah yang diakibatkan oleh dampak dari kemo serta adanya pertumbuhan sel kanker di pemeriksaan yang sebelumnya.  Pap smear ini tidak diperbolehkan untuk dilakukan oleh wanita yang belum pernah berhubungan intim juga untuk wanita yang sudah lansia.

Fungsi dari Pap Smear

Karena banyak wanita yang belum mengetahui pap smear ini, fungsi dari pap smear adalah sebagai berikut.

1. Untuk mendeteksi jika terjadi penyakit menular akibat berhubungan seksual


Belum banyak yang tahu jika salah satu dari penyebab pentingnya dilakukan pap smear ini adalah untuk mengetahui kesehatan organ intim. Jadi dengan dilakukan pap smear ini bisa mendeteksi  jika terjadi penyakit yang menular akibat berhubungan seksual dan pastinya itu akan sangat bahaya untuk kesehatan karena akibat dari infeksi yang muncul. Meskipun  tidak semua orang mengalami sakit ini namun apa salahnya jika tetap mengeceknya untuk menghindari risiko yang terjadi.

2. Untuk mengetahui adanya radang pada orang intim


Dalam melakukan pap smear itu terdapat dua yang dihasilkan yaitu bisa normal dan juga tidak normal. Penyebab dari hasil pap smear tidak normal itu salah satunya diakibatkan oleh adanya radang yang terjadi di leher rahim. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir jika dokter yang memeriksa itu tidak mengatakan bahaya. Jadi dokter biasanya akan lebih menyarankan supaya untuk melakukan pemeriksaan berkelanjutan terkait dengan radang yang terjadi dalam organ inti tersebut.

3. Untuk mendeteksi perubahan pada serviks


Fungsi dari melakukan pap smear adalah  untuk mendeteksi apakah terjadi perubahan pada serviks atau biasanya dikenal dengan dysplasia. Jika terjadi perubahan maka akan berpotensi  membentuk sel- sel kanker di leher rahim. Dari hasil pemeriksaan dokter akan menggunakannya untuk acuan dalam memberikan tindakan lanjut demi mencegah serta mengatasi perubahan itu sebelum sel kanker terbentuk.

4. Untuk mendeteksi adanya infeksi di organ intim


Jika miss V anda mengalami infeksi itu biasanya disebabkan oleh bakteri Actinomyces. Nah untuk dapat menghindari terjadinya infeksi di organ intim salah satunya adalah dengan melakukan pap smear ini.  infeksi pada organ intim itu akan sangat berisiko menyerang wanita yang merupakan pengguna IUD. Jika infeksi organ intim ini terjadi maka dokter biasanya kan menyarankan agar anda mengkonsumsi antibiotik atau bahkan bisa juga menyuruh untuk berhenti dalam menggunakan IUD ini.

Nah itulah sedikit ulasan tentang pengertian dan fungsi dari pap smear yang bisa kami bagikan.  Jadi setelah  mengetahui apa itu fungsi dan juga pengertian dari pap smear maka seharusnya  anda bisa melakukan pap smear ini demi tetap terjaga kesehatan organ intim. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk anda agar tidak terlambat dalam melakukan pap smear karena pepatah mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

BACA JUGA!

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui