Pengertian dan Dampak dari Pemanasan Global

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
10720 Global Warming Network World
Daftar Topik

Pemanasan global adalah suatu kondisi dimana suhu rata-rata yang ada di permukaan bumi mengalami peningkatan. Dimana hal tersebut dikarenakan terdapat banyaknya gas rumah kaca. Bahkan, pemanasan global ini juga menjadi dampak dari pencemaran udara. Volume peningkatan dari karbondioksida serta gas rumah kaca lainnya yang dikeluarkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, kemudian pertanian, pembukaan lahan serta aktivitas manusia lainnya. Di mana hal tersebut memang telah diyakini menjadi sumber utama terjadinya sebuah global warming yang sudah terjadi dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

Tentu saja pemanasan global ini memberikan dampak yang cukup berbahaya yang mana bisa menurunkan kualitas hidup dari manusia. Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja dampak lain yang bisa diakibatkan oleh global warming, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Dampak Dampak dari Pemanasan Global

Sebetulnya dampak dari pemanasan global tidak hanya dirasakan oleh manusia saja namun secara otomatis bisa menyerang kesehatan ekosistem. Nah, berikut ini adalah daftar dampak yang sudah terjadi dengan adanya pemanasan global:

1. Es di Area Kutub Utara Mencair


10720 Iceberg Melting Scientific American

Source: Scientific American

Dampak pemanasan global yang paling viral akhir-akhir ini ialah mencairnya puncak es sehingga mengakibatkan permukaan dari laut di kutub. Bahkan terjadi fenomena pertama kali dalam waktu 1 tahun di mana kapal dapat melewati area northwest passage yang berada di atas Amerika Utara. Bahkan area tersebut sejak dahulu telah dikenal sebagai area yang paling banyak tertutup oleh es.

2. Ekosistem Terumbu Karang Terganggu


Coral Reef In Raja Ampat, Indonesia.

Source: RMOL Jateng

Pemanasan global tentunya juga membahayakan ekosistem dari terumbu karang. Bahkan para ilmuwan juga merasakan cemas terhadap ekosistem terumbu karang, sebab bisa saja terumbu karang tidak mampu melakukan adaptasi dengan perubahan iklim  yang sangat  cepat. Dan hal tersebut tentunya mengakibatkan fenomena pemutihan laut serta penyakit akan semakin meningkat.

Bahkan sejak tahun 1998 dikarenakan suhu dari bumi yang semakin meningkat maka suhu di laut pun juga semakin panas. Dimana hal tersebut telah mengakibatkan sekitar kurang lebih 16% dari terumbu karang sudah menghilang.

3. Permukaan Air Laut yang Semakin Tinggi


10720 Permukaan Air Laut Yang Semakin Tinggi IDN Times

Source: IDN Times

Dikarenakan terdapat sebuah skenario mengenai kenaikan dari permukaan air laut yang mampu mencapai diantara 0,9 m, maka perkiraan akan banyak sekali orang yang harus mengungsi, dimana dulunya mereka bertempat tinggal di pesisir. Itulah mengapa banyak sekali proyek kota terapung yang tengah dikembangkan oleh beberapa pihak. Antisipasi dari kekurangan tempat tinggal manusia kemudian pengembangan wisata menjadi beberapa alasan di balik proyek itu. Bahkan dikarenakan pemanasan bumi ini sejak tahun 1870 an, permukaan dari air laut global rupanya sudah meningkat sekitar 8 inci.

4. Adanya Spesies yang Punah Dikarenakan Pemanasan Global


10720 Hewan Punah Kumparan

Source: Kumparan

Pemanasan global juga memberikan pengaruh yang sangat besar pada spesies yang ada di bumi ini. Yang tentunya, banyak spesies seperti hewan yang tidak bisa melakukan adaptasi dengan kondisi lingkungan yang mengalami perubahan secara ekstrem. Terdapat salah satu spesies hewan pertama yang mengalami kepunahan karena adanya perubahan iklim yang cukup ekstrim yaitu kata emas atau golden toad.

Dan perlu Anda ketahui sebagian besar manusia lah yang menjadi penyebab terjadinya global warming, sehingga apabila tidak adanya upaya-upaya untuk melakukan konservasi yang bisa meminimalisir resiko tentu saja akan memberikan bayi yang sangat besar bagi generasi yang akan datang.

Cara Mengatasi Peningkatan Suhu Bumi


10720 Peningkatan Suhu Bumi Tirto

Source: Tirto

Sebetulnya banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya peningkatan suhu bumi. Dan berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan:

  • Mengurangi pemakaian energi fosil. Perlu Anda ketahui jika bahan bakar fosil seperti halnya minyak bumi adalah penyebab terjadinya global warming. Dan ketika manusia bersatu dalam pengurangan pemakaian bahan bakar fosil tentunya menurunkan resiko dampak dari pemanasan global.
  • Harus beralih pada pemakaian energi yang ramah lingkungan serta energi yang terbaru.
  • Apabila memungkinkan, memilih tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kerja tentunya bisa mengurangi biaya transportasi sehingga pemakaian dari bahan bakar dari fosil pun akan berkurang.
  • Perlunya membeli produk yang awet, sehingga tidak perlu lagi membeli barang-barang dalam jangka waktu yang pendek. Tentu saja ketika Anda semakin sering membeli barang maka akan semakin banyak energi yang harus digunakan.

Pemanasan global menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari, sehingga generasi mendatang pun dapat mengetahui apa saja bahaya dari adanya global warming. Nah, dengan adanya penjelasan mengenai pengertian dampak serta cara mengatasi pemanasan global diatas diharapkan mampu menjadikan generasi mendatang untuk bisa meminimalisir terjadinya peningkatan suhu bumi. Dengan adanya alasan diatas semoga bisa membantu dan menambah wawasan Anda.

BACA JUGA!

Pengertian dan Ciri Makhluk Hidup

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA