Pengertian dan Ciri Makhluk Hidup

Definisi dari makhluk hidup secara umum adalah makhluk yang mempunyai ciri khusus yakni bisa bergerak, bisa bernafas dan juga bisa berkembang biak. Sedangkan untuk contoh dari ciri makhluk hidup tersebut adalah manusia, hewan, tumbuhan.

Tentu saja hal ini bisa menjadi dasar untuk membedakan antara makhluk hidup beserta dengan benda mati. Untuk benda mati tersebut seperti meja, buku, kursi dan lain sebagainya. Dimana benda mati tentunya tidak akan mempunyai ciri seperti halnya makhluk hidup.

1. Definisi Makhluk Hidup Menurut Pakar


Terdapat salah satu ahli pakar yang bernama kimball, ia menerangkan jika definisi yang dimiliki oleh makhluk hidup ialah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh benda mati yakni berevolusi. Dengan kata lain berevolusi maknanya, makhluk hidup tersebut pada dasarnya akan mengalami perubahan di dalam fase hidupnya.

Sedangkan untuk ciri yang kedua makhluk hidup akan responsif maksudnya ialah mampu menerima rangsangan dengan baik. Maksud dari rangsangan ini banyak sekali, dimulai dari rangsangan sentuhan, rangsangan suara dan rangsangan lainnya.

2. Ciri-ciri Umum Pada Makhluk Hidup


Nah, dibawah ini adalah ciri umum yang wajib Anda ketahui sebagai makhluk hidup:

  • Bernafas

Ciri makhluk hidup yang paling umum adalah bernapas, sebab dengan bernafas inilah terdapat sebuah proses penghirupan udara yang merupakan O2 yang kemudian akan berubah menjadi CO2 ketika dikeluarkan dari dalam tubuh. Oksigen yang sangat dibutuhkan bagi setiap makhluk hidup dan bukan hanya dibutuhkan dalam pernafasan saja.

Sebab oksigen ini juga sangat berguna untuk membantu proses pembakaran makanan yang ada di dalam tubuh sehingga mampu menghasilkan energi. Sedangkan untuk energi tersebut nantinya bisa berguna bagi makhluk hidup ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk setiap proses bernapas pada setiap makhluk hidup juga berbeda-beda karena hal itu akan terlihat dari habitat atau tempat tinggal makhluk hidup disebut. Untuk makhluk hidup yang berada di darat akan memiliki sistem pernafasan yang jauh berbeda dengan makhluk hidup yang habitatnya ada di air.

Berikut ini adalah jenis-jenis alat pernapasan dari setiap makhluk hidup di muka bumi ini:

  1. Untuk alat pernapasan yang digunakan oleh tumbuhan adalah lentisel atau sering kita sebut sebagai stomata.
  2. Sedangkan untuk alat pernapasan hewan adalah paru-paru dan juga insang trakea.
  3. Untuk makhluk hidup yang bernama burung, menggunakan pundi-pundi udara sebagai alat bantu dalam pernapasannya.
  • Bergerak

Ciri lain dari makhluk hidup adalah bergerak. Sebab bergerak inilah yang akan membuat makhluk hidup mampu berpindah tempat, dan ciri-ciri ini dimiliki oleh manusia dan juga hewan. Untuk manusia pastinya mempunyai alat gerak seperti tangan dan juga kaki Sedangkan untuk hewan mempunyai alat gerak seperti sayap, kaki, sirip dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk tumbuhan juga mempunyai ciri umum ini, akan tetapi sangat sulit untuk dilihat. Misalnya saja tumbuhan yang bernama putri malu di mana ia akan menutup setelah hari menjelang sore, bahkan putri malu juga akan otomatis menutup ketika dipegang.

Terdapat tumbuhan lain dapat dilihat pergerakannya yakni seperti bunga matahari yang akan menghadap matahari, yang mana pergerakan disebut adalah gerakan yang berasal dari rangsangan luar.

  • Makan

Seluruh makhluk hidup apapun pastinya memerlukan makanan. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi oleh setiap makhluk hidup pastinya mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat dibutuhkan oleh perkembangan tubuh. Dimulai dari mineral, protein, lemak, km karbohidrat dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa fungsi dari makanan untuk makhluk hidup, yaitu:

  1. Makanan bisa menjadi sumber energi.
  2. Makanan pula yang menjadi pembentuk tubuh atau pertumbuhan dari makhluk hidup.
  3. Makanan juga berfungsi menjadi sel yang rusak di dalam tubuh makhluk hidup.
  • Iritabilitas

Maksud dari iritabilitas ini ialah seorang makhluk hidup bisa menerima rangsangan di mana kemampuan ini secara otomatis akan menjadikan makhluk hidup memberikan sebuah respon terhadap rangsangan yang telah diperoleh.

Sedangkan untuk stabilitas manusia dan juga hewan ialah memakai panca indra. Dimana panca indra tersebut adalah mata, telinga, hidung, lidah dan juga kulit.

  • Berkembang Biak

Berkembang biak ataupun reproduksi menjadi salah satu kemampuan yang akan dimiliki oleh semua makhluk hidup agar bisa mendapatkan keturunan. Berkembang biak menjadi salah satu hal yang mempunyai tujuan agar jadi dari makhluk hidup tidak punah. Untuk hewan melakukan perkembangbiakan dengan dua cara yakni vegetatif dan juga generatif.

Nah, demikianlah sekilas informasi yang bisa diberikan Anda mengenai pengertian dan ciri makhluk hidup. Semoga dengan penjelasan diatas bisa memberikan sedikit wawasan dan membantu Anda untuk membedakan makhluk hidup dengan benda mati.

BACA JUGA!

7 Alat Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya