Pengertian Countable dan Uncountable Noun

0
29720 Countable And Uncountable Noun English XP
Source: EnglishXP

Pengertian Countable dan Uncountable Noun – Buat kalangan pelajar dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, pastinya kalian sudah mendapatkan mata pelajaran bahasa inggris bukan? bahasa inggris memang bahasa yang penting untuk kita pelajari karena bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional. Yang artinya bahasa inggris dapat digunakan diberbagai Negara.  Jadi, jika kalian suatu saat pergi keluar negeri dan tidak bisa menggunakan bahasa negeri itu kalian bisa menggunakan bahasa inggris. 

Dalam mempelajari bahasa inggris tentunya sama saja dengan belaja bahasa Indonesia hanya saja ada sedikit perbedaannya. Perbedaan itu terdapat pada penulisan kalimat dalam bahasa inggris. Maksudnya adalah  dalam bahasa inggris tidak semua kata benda bisa dihitung jumlahnya. Jadi, dalam segi hal penulisannya pun berbeda antara kata benda yang dapat dihitung dan kata benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya. 

Dalam bahasa inggris, sebelum  disusunnya suatu kalimat kalian harus tahu bentuk kata benda  itu yaitu ada countable  dan uncountable nouns. Countable nouns merupakan benda yang bisa dihitung. Dan uncountable nouns merupakan benda  yang  tidak bisa dihitung.

Nah, bagi kalian yang masih belum paham apa itu countable dan uncountable noun, Berikut akan kami jelaskan secara rinci mengenai pengertian countable dan uncountable noun.

Pengertian Countable Noun dan Uncountable Noun yang Mudah untuk Dimengerti

1. Pengertian Countable Noun


29720 Countable Noun Bacaboy
Source: Bacaboy

Yang dimaksud dengan countable noun yaitu sebuah kata  benda yang bendanya itu dapat secara langsung untuk dihitung. Seperti contohnya  “one banana”, “ two banana” dan lain sebagainya. Countable noun biasanya juga bisa menggunakan artikel  “a” atau “an”. Countable noun juga person, animal, box, coin, cat, glass, book, table, cup, plate, chairman, bottle dan masih banyak lagi kata benda yang bentuknya jamak. Untuk  contoh kalimat dari countable noun ini yaitu diantaranya adalah “ I have a sister and two brother” , “Monic has a cheese sandwich and an apple for breakfast”. “do you like the photos?”.

Nah, itulah sedikit contoh dari countable noun atau kata benda yang dapat dihitung.

2. Pengertian Uncountable Noun


29720 Uncountable Nouns
Source: Bacaboy

Yang dimaksud dengan uncountable noun yaitu suatu kata benda yang tidak bisa dihitung. Jadi, meskipun dalam kalimatnya itu terdapat subjek tunggal, tapi memang ada beberapa kata benda yang benar- benar tidak bisa dihitung. Contoh dalam bahasa inggris kata benda yang tidak dapat dihitung yaitu seperti air, udara dan lain sebagainya. Uncountable noun merupakan kata yang digunakan oleh seseorang dimana kata itu terkait dengan cara berpikir orang itu terhadap kata benda tersebut.  maka dari itu, kata ini bisa sering ketemu sama bentuk uncountable noun yang merupakan kata benda yaitu satu benda besar yang sulit serta tak dapat dibagi. Untuk bentuk jamak dalam uncountable noun ini tidak dipakai. Jadi,bentuk kata uncountable noun ini kata akhirnya tidak menggunakan akhiran “s”. maka dari itu,

dalam melihat kata itu termasuk countable atau uncountable noun kalian tidak perlu bingung. Berikut adalah beberapa contoh dari bentuk kata uncountable noun ini.

  • Lala gives great advice to Lily. Dalam kata advice itu ada kata “a” yang artinya kata itu tiak dapat dihitung.
  • Rony drinks a lot.
  • Rara enjoys
  • Give me a plate of
  • I need three cups of

Selain contoh diatas, ada contoh yang lain dimana dapat digunakan sebagai pembanding  agar dapat membedakan antara countable noun atau uncountable noun. Contoh dari penjelasan yang dimaksud  adalah suatu benda yang bentuknya cair seperti “water”, “oil”, “mil”dan masih banyak lagi. Jadi kata-kata diatas merupakan kata benda yang jumlahnya tidak dapat dihitung. Ada juga uncountable noun yang bentuknya abstract noun yaitu benda tersebut bentuknya tidak bisa dilihat. Seperti contohnya kebahagiaan (happiness), harapan (hope), Kesedihan (sadness) dan masih banyak lagi kata abstrak yang tidak bisa dihitung.

Berikut beberapa contoh kalimat dalam bentuk uncountable noun diantaranya adalah

  • How much tea is in the refrigerator?
  • How much rice is on the plate?
  • I love books. So my hobby is reading.
  • Do you like ice cream?
  • There is a litter water in this bottle

Nah, itulah pengertian countable dan uncountable noun beserta contohnya. Semoga dengan kami bagikannya sedikit penjelasan dari suatu kata benda yang berbentuk countable noun dan uncountable noun dapat membantu kalian yang sedang membutuhkan materi ini  atau memang kalian pada saat ini sedang menempuh pada bab ini. semoga dapat dijadikan pedoman dan referensi sehingga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas pada diri kalian.

BACA JUGA!

Cara Membuat Surat Bahasa Inggris