Pengertian Bisnis Online dan Kiat-Kiat Sukses

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Bisnis Online 2
Daftar Topik

Pengertian bisnis online. Kemajuan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan kita, dan kita pun dituntut untuk mengimbangi itu semua. Sekarang semua hal dapat dilakukan di dunia maya dengan berkomunikasi menggunakan internet. Tidak terkecuali dengan bisnis. Bisnis dengan memanfaatkan internet atau yang lebih dikenal dengan bisnis online merupakan hal paling diminati saat ini. Ada banyak alasan yang mendukung hal tersebut diantaranya adalah daya jangkaunya yang lebih luas, dapat menembus batas antar wilayah, serta efisiensi kerjanya pun lebih tinggi yang hanya memanfaatkan  ponsel pintar ataupun laptop. Untuk kamu yang memiliki minat terhadap bisnis online tentu kamu perlu mempelajari lebih dalam apa yang dimaksud dengan bisnis online dan bagaimana kiat-kiat untuk memulai dan sukses menjalani bisnis online tersebut.

Pengertian bisnis online

Bisnis Online

Bisnis online merupakan kegiatan mempromosikan barang maupun  jasa dengan mengandalkan jaringan internet sebagai sarana berkomunikasi antara produsen dan konsumen.  Hal ini jelas sangat berbeda dengan bisnis offline dimana produsen dan konsumen dapat bertatap muka secara langsung saat transaksi berlangsung. Oleh karena itulah prinsip pertama yang harus dipegang dalam berbisnis online adalah kejujuran dan integritas dalam berbisnis agar menjadi produsen yang dipercaya konsumen, dan sebaliknya. Bentuk dari bisnis online inipun beragam, yaitu dapat berupa website, marketplace alias toko online, blog, dan akun sosial media.

Sebelum kamu benar-benar terjun ke dalam bisnis online, penting untukmu memahami tiga hal pokok yang harus kamu miliki dalam berbisnis online. Yang utama sekali adalah produk atau jasa yang ingin ditawarkan. Kamu harus memiliki produk terlebih dahulu, dan yakin bahwa produk yang ingin kamu tawarkan memiliki nilai lebih di mata konsumen. Berupayalah menciptakan produk yang berbeda atau memiliki keunggulan tertentu yang dapat kamu highlight ketika akan berpromosi kepada konsumen. Setelah memiliki produk, hal penting selanjutnya adalah situs berjual beli. Kamu butuh memiliki wadah untuk bertemu dengan konsumen mu secara maya. Pasanglah produk mu di internet dan buat situs mu agar dapat dilihat dan diakses oleh banyak calon pembeli. Yang terakhir adalah pengunjung yang banyak. Ini merupakan poin penting dalam bisnis online-mu. Berupayalah agar situs mu banyak dikunjungi. Langkah yang paling populer adalah dengan menggunakan mesin pencari yang dapat membawa pengunjung ke situs dimana produk mu dipajang.

Bisnis Online

Bisnis Online 2

Jika kamu sudah memahami 3 pokok penting yang harus kamu miliki untuk menjalankan bisnis online, sekarang mari kita bahas bagaimana kiat-kiat untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan maksimal.

  1.   Memiliki web atau blog

Web atau blog ibarat rumah bagimu, karena disinilah kamu akan menerima tamu alias pembeli yang berminat dengan barang dagangan mu. Disini sebaiknya kamu memiliki website premium yang di-hosting oleh kamu sendiri. Karena biasanya toko online gratisan memiliki tampilan yang kurang menarik selain itu embel-embel blogspot atau multiply-nya akan menurunkan tingkat kepercayaan dari konsumen. Coba bandingkan kedua kedua nama website berikut : hijapmuslim.com dengan hijapmuslim.blogspot.com. Pasti nama website pertama terlihat lebih menarik dan terpercayakan? Selain itu pun terlihat simpel dan elegan.

  1.   Aktif menggunakan media sosial

Media sosial merupakan salah satu jalan yang paling efektif untuk menjangkau banyak pembeli. Hidupkan sosial mediamu dengan content yang menarik, dan kamu harus konsisten untuk memposting informasi agar media sosial mu terlihat aktif.

  1.   Gunakan forum jual beli

Saat ini ada begitu banyak marketplace yang siap menampung produk mu. Jadi manfaatkan itu untuk menyentuh pasar lebih luas. Karena biasanya konsumen memiliki marketplace andalannya masing-masing, sehingga kamu bisa menemui mereka lewat jalur yang berbeda pula.

  1.   Content Marketing

Hiasi websitemu dengan konten yang menarik dan dapat menyasar pembaca dengan akurat. Karena apabila pembaca senang dengan konten yang ada di websitemu, maka mereka bisa jadi akan membagikannya di media sosial mereka, yang tentunya ini akan membantu kamu dengan promosi bisnis yang gratis. Tapi jika konten yang kamu sajikan dirasa garing oleh pembaca maka hal ini bisa menjadi bumerang untukmu karena pasti mereka akan meninggalkanmu. Oleh karena itu belajarlah membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pembaca, menarik minat pembaca hingga akhirnya mau membagikannya secara cuma-cuma.

Kendala berbisnis online

Nah, sekarang agar informasi yang kamu miliki semakin lengkap mari kita bahas apa saja sih kendala yang mungkin kamu hadapi dalam berbisnis online? Dan bagaimana langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya?

  1.   Banyaknya kasus penipuan membuat sulitnya meraih rasa percaya konsumen. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mencantumkan alamat lengkap dan contact person yang dapat dihubungi oleh konsumen. Selain itu lengkapi produk yang kamu tawarkan dengan gambar yang jelas dan informasi pendukung yang lengkap. Informasi yang dimaksud dapat berupa harga produk, ukuran produk, tipe produk, cara penggunaan, manfaat produk, atau hal lainnya. Buatlah konsumen merasa informasi yang diberikan telah lengkap.
  2.   Persaingan bisnis yang ketat dengan banyaknya bisnis serupa lain, reseller produk ataupun affiliate. Inilah gunanya memiliki produk yang unik dan bernilai jual untuk konsumen. Selain itu kamu juga dapat memaksimalkan promosi agar konsumen tahu keunggulan produk mu, diantaranya dengan optimasi seo, memasang iklan baris atau banner, bergabung dengan forum bisnis online, memberikan konten gratis kepada konsumen ataupun langkah lain yang dapat membuat bisnismu banyak dikenal orang.
  3.   Kendala koneksi internet yang mungkin dialami oleh para pengusaha yang tinggal di wilayah tertentu. Jangan khawatir mengenai hal ini, karena saat ini para provider komunikasi telah menyediakan banyak modem internet, maka pilihlah salah satu dengan sinyal terbaik yang ada di wilayahmu.
  4.   Terbatasnya pengetahuan mengenai bisnis online. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mempelajarinya melalui buku-buku ataupun ikut kursus-kursus online dari pakar-pakar internet marketing dan pakar bisnis online.

Sekian informasi mengenai pengertian bisnis online dan kiat-kiat yang harus kamu pegang untuk memulai bisnis online. Jangan pernah ragu untuk memulai, tapi jangan pula mulai dengan gegabah. Semangat berjuang para pebisnis!

Baca juga:

Cara Beli Chip Ungu Higgs Domino

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP