Pengertian Balayage Adalah Sebagai Berikut!

0
2720 Teknik Balayage L'Oreal Paris
Source: L'Oreal Paris

Pengertian Balayage Adalah Sebagai Berikut! – Baru-baru ini terdapat istilah baru yang sering diucapkan oleh beberapa orang saat perawatan rambut. Sebenarnya apa arti dari Balayage itu sendiri? Mungkin Anda sudah mengetahui dari mulut ke mulut namun masih belum yakin dengan arti balayage yang sebenarnya. Balayage merupakan kata yang diambil dari Bahasa Perancis dan sekarang menjadi nama untuk teknik pewarnaan rambut yang sedang trend dan populer.

Menurut Bahasa Prancis, Balayage adalah menyapukan warna, yang menjadi salah satu teknik mewarnai rambut yang unik dan banyak dicoba oleh masyarakat. Sebenarnya masih belum diketahui secara pasti kapan teknik ini muncul namun yang jelas teknik ini sudah cukup populer sekarang ini. Penggunaan teknik Balayage dilakukan bertujuan untuk memadukan dua atau lebih warna pada rambut agar terlihat lebih bervariasi.

Teknik balayage bisa diaplikasikan dengan bervariasi seperti mewarnai seperempat dari bagian bawah rambut, memberikan warna yang lebih terang pada ujung rambut, memberi warna di bagian dalam rambut, gradasi atau mencampurkan warna, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan pengertian balayage adalah sama dengan ombre yang mampu memberikan efek gradasi pada sebuah warna yang diberikan.

Perlukah Mencoba Melakukan Teknik Balayage untuk Mewarnai Rambut?


2720 Teknik Balayage The Fashion Spot
Source: The Fashion Spot

Bagi Anda yang memang sudah sering mewarnai rambut, rasanya sangat sayang jika melewatkan teknik yang satu ini. Teknik balayage bisa Anda praktekkan di rambut Anda dengan memilih warna yang tepat dan sesuai dengan gaya Anda. Selain mampu memberikan kesan unik, mewarnai rambut dengan teknik balayage mampu membuat penampilan Anda terlihat lebih energik, ceria, dan cantik. Teknik balayage juga bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus ke salon karena bisa diaplikasikan dengan mudah.

Dalam memulai Teknik balayage, Anda perlu mengaplikasikan pada beberapa jalinan rambut secara vertikal. Hal ini bertujuan agar transisinya bisa lebih lembut dan hasilnya lebih natural. Berbeda dengan ombre yang warnanya dilakukan secara horizontal. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang berbeda Anda juga bisa menggabungkan teknik balayage dan ombre lho! Jika Anda ingin mempraktekkan teknik balayage dirumah, berikut terdapat cara mudah mewarnai rambut dengan teknik balayage tanpa harus pergi ke salon!

Cara Mudah Mengaplikasikan Teknik Balayage Sendiri!


2720 Teknik Balayage Pinterest
Source: Pinterest
  1. Pertama, Anda perlu memakai pakaian yang sudah jelek atau tidak terpakai agar bisa langsung dibuang setelah mewarnai rambut. Pewarna rambut akan sulit hilang jika terkena baju oleh karena itu jangan menggunakan baju bagus saat mewarnai rambut.
  2. Jangan lupa untuk menyisir rambut terlebih dahulu agar mudah diatur terutama saat teknik balayage dilakukan. Disarankan keadaan rambut Anda tidak terlalu bersih juga tidak terlalu kotor untuk mempermudah proses balayage.
  3. Siapkan pewarna rambut sesuai dengan selera Anda dan pastikan menyiapkan nya sesuai instruksi. Jika sudah siapkan sarung tangan dan tidak perlu menjepit rambut, biarkan saja rambut terurai.
  4. Agar lebih mudah, lakukan mulai dari bagian belakang rambut dan lakukan sedikit demi sedikit. Setelah bagian belakang, muai ambil rambut bagian atas kiri, kanan, secara perlahan. Pastikan bahwa bagian ujung rambut mendapatkan warna lebih banyak agar hasilnya lebih baik.
  5. Agar warna bisa merasuk secara cepat, Anda bisa melakukan gerakan menyasak rambut sesekali kemudian lanjutkan kembali untuk mewarnai rambut.
  6. Lakukan dengan perlahan sampai seluruh bagian rambut mendapatkan warna. Jika rambut Anda panjang, usahakan untuk tidak mewarnai rambut sampai ke bagian atasĀ  agar efek gradasi bisa tercipta secara alami.
  7. Saat bagian depan dan bagian belakang rambut sudah mendapatkan warna dengan sempurna, diamkan selama 30 menit terlebih dahulu. Setelah 30 menit silahkan bian rambut menggunakan shampoo dari produk yang Anda pilih untuk mewarnai rambut.
  8. Bila perlu gunakan kondisioner agar rambut terasa lebih halus, lembut, dan mudah diatur. Tunggu rambut sampai kering dan rambut balayage Anda sudah siap untuk tampil cantik, keren, dengan rambut yang sempurna.
  9. Agar rambut tidak kering karena terkena pewarna rambut, Anda bisa rutin mengoleskan minyak kelapa sebagai masker rambut yang mampu menjaga kesehatan rambut meskipun diwarnai.

Meskipun mudah dilakukan dan mampu memberikan hasil yang menakjubkan, teknik balayage juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Jika kurang ahli dalam melakukan, maka teknik balayage tidak akan memberikan hasil yang sempurna karena pewarnaan rambut tidak rata. Selain itu jika perlengkapan nya terbatas rambut dengan teknik balayage juga tidak akan maksimal terutama jika pemilihan warna rambutnya kurang tepat.

Oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan jasa salon jika memang belum terbiasa mewarnai rambut sendiri, dengan demikian rambut balayage bisa Anda dapatkan secara sempurna, tahan lama, dan menakjubkan. Sampai sini, Anda pasti sudah memahami dengan baik mengenai pengertian balayage adalah yang dijelaskan di atas bukan? Semoga informasi diatas bermanfaat.

BACA JUGA!

Cara Highlight Rambut Sendiri Tanpa ke Salon

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: