Tips Mengelola Pengaturan Pesan di HP Android

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pengaturan pesan di hp android
Daftar Topik

Pengaturan pesan di hp android. Sejak awal tahun 2000an, android mulai dikembangkan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Chris White dan Nick Sears di California. Semakin lama, android mulai diperkenalkan kepada masyarakat di berbagai negara. Android juga terus dikembangkan dari tahun ke tahun, mulai dari versi Android Astro 1.0 (Alpha) sampai dengan Android 10. Tahun 2008, telepon seluler berbasis Android yang diluncurkan pertama kali adalah HTC Dream. Kemudian, dilanjutkan dengan kemunculan Nexus One yang merupakan salah satu ponsel pintar pertama. Dari adanya launching Nexus One, akhirnya diajak kerja sama beberapa brand baru. Android terus berkembang, hingga saat ini terdapat berbagai jenis Android dari brand berbeda-beda. 

 Seperti halnya telepon genggam pada umumnya, Android juga memiliki berbagai macam fitur seperti melakukan panggilan suara, menyampaikan pesan melalui teks, dan melakukan video call. Saat ini, Android yang ada memiliki fitur-fitur menarik. Walaupun begitu, fitur mengirim pesan melalui text menjadi pilihan alternatif. Tentunya akan sulit ketika fitur mengirim pesan melalui text di telepon genggam kamu sedang bermasalah. Mengirim pesan dengan text melalui telepon genggam dikenal dengan sebutan sms. Terkadang tanpa diduga tidak dapat mengirim sms, entah karena pulsa atau kartu bermasalah. Nah, disini kami mencoba menawarkan solusi saat telepon genggam kamu tidak dapat dioperasikan seperti biasanya. 

pengaturan pesan di hp android

 

Tips mengatasi gangguan saat akan mengirim sms

Berikut merupakan tips mengatasi gangguan saat akan mengirim sms di telepon genggam Android:

Pastikan terlebih dahulu pulsa dan jaringan dari telepon genggam kamu. Jika pulsa mencukupi dan jaringan bagus, itu tandanya nomor center pesan kamu bermasalah. Jadi kamu hanya perlu memperbaiki nomor sms center di telepon genggam kamu. Sebagian besar telepon genggam biasanya untuk nomor sms center sudah terkonfigurasi dengan otomatis. Akan tetapi, ada juga yang memang harus dikonfigurasi secara manual. Karena itu, kamu gagal atau pesan tidak terkirim kepada nomor tujuan. Nah disini kami memiliki dua cara yang bisa kamu ikuti untuk memperbaiki nomor sms center, yakni sebagai berikut:

1. Tips pertama

Adalah dengan mengunjungi aplikasi mengenai perpesanan di telepon genggam kamu. Semua langkah di bawah ini harus dilakukan secara berurutan, ini dia langkah-langkah yang wajib kamu ikuti:

 

    • Pertama, pastikan kamu telah membuka aplikasi perpesanan pada telepon genggam. 
    • Pada halaman perpesanan cari kode yang akan membawa kamu ke dunia setting
    • Saat setelah menemukan bagian seting, kamu dapat mengklik tulisan. yang bertuliskan Text (SMS) message.
      Pengaturan Pesan 1 pengaturan pesan di hp android
    • Setelah membuka Text (SMS) message biasanya memunculkan tampilan SSC setting. Kemudian kamu dapat pilih menu SMSC setting
      Pengaturan Pesan 2
    • Selanjutnya akan ada tampilan halaman SMSC setting, perbaiki dan pilih sim card yang mengalami masalah. Isi nomor SMSC sesuai dengan nomor center provider yang digunakan. Setelah itu, kamu bisa menekan tombol oke dan nomor akan tersimpan. Apabila berhasil, kamu sudah dapat mengoperasikan fitur sms kembali. Berikut beberapa nomor center dari berbagai provider:
      Pengaturan Pesan 3
       

      1. 3: +6289644000001
      2. Indosat Mentari: +62816124, +62816125, +62816126, +62816127 atau +62816128
      3. As: +6281100000
      4. Smartfren: +628811223344
      5. Axis: +628315000031 atau +628315000032
      6. Indosat M3: +62855000000
      7. Simpati: +6281100000
      8. XL: +62818445009 atau +628184450095

2. Tips kedua

Adalah dengan metode Mode Testing. Langkah kedua ini, silahkan kamu lakukan ketika muncul Failed to update SMSC Number. Kamu bisa mengedit SMSC pada mode testing yang dapat dibuka menggunakan kode khusus USSD (Unstructured Supplementary Service Data). Berikut langkah-langkah Mode Testing yang bisa kamu ikuti:
Pengaturan Pesan 5

        1. Langkah pertama adalah memastikan kartu atau sim card yang bermasalah sudah menjadi SIM 1. Jika tidak, silahkan matikan ponsel kamu dan pindahkan sim card dari sim 2 ke sim 1. 
        2. Selanjutnya adalah mencoba masuk ke mode testing dengan memasukkan kode *#*#4636#*#*. Ketika tanda bintang pada bagian akhir dimasukkan, kemudian akan muncul halaman khusus mode testing. 
        3. Pilih menu Device Information pada halaman yang muncul sebelumnya. Scroll bagian bawah hingga muncul kotak usia seperti rajawali. 
        4. Di bagian halaman testing sebelum nya, silahkan memilih menu Device Information. 
        5. Pada halaman testing sebelumnya, silahkan kamu tekan menu Device Information, maka kamu akan masuk ke halaman device information, scroll ke bagian bawah hingga anda melihat kotak isian SMSC. 
        6. Lakukan refresh 1 kali pada telepon seluler kamu untuk melihat kode nomor SMSC. Biasanya kode atau nomor yang muncul berbeda-beda, contoh nomor nya seperti berikut, “+7”,1234. 
        7. Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengganti kode yang berada di antara dua tanda kutip (“….”). Ganti kode atau nomor tersebut sesuai dengan nomor SMSC provider yang kamu gunakan. 
        8. Kemudian, kamu bisa menekan tanda titik tiga yang berada di sebelah pojok kanan atas. Kamu bisa memilih menu Get PDP list, tekan cukup satu kali. 
        9. Terakhir, tutup semua menu yang telah kamu buka sebelumnya. Lakukan restart pada telepon seluler kamu, dan cobalah nyalakan kembali.
          Pengaturan Pesan 5

Setiap telepon seluler masing-masing akan berbeda mengenai aturan dan tampilan menu peraturannya. Langkah atau tips di atas sesuai dan cocok untuk HP asus Zenfone 2 laser. Untuk merk telepon seluler yang lain, bisa coba diikuti dan dipahami kembali. Tidak akan berbeda jauh, hanya saja tampilan nya yang berbeda. Pastikan juga kamu telah mengganti kode sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Kode tersebut merupakan salah satu hal penting dan utama dalam proses mengelola pesan yang sedang bermasalah. Apabila kamu sudah melakukan tips pengaturan pesan di hp android di atas, namun tetap tidak bisa mengirim SMS silahkan hubungi call center provider terdekatmu. 

Baca juga:

Cara Cek Kecepatan Internet yang Harus Kamu Tahu

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP