Pemanfaatan Botol Bekas untuk Media Tanam di Rumah

0
4920 Botol Bekas Dinas Pertanian Dan Pangan
Source: Dinas Pertanian dan Pangan

Pemanfaatan Botol Bekas untuk Media Tanam di Rumah – Kebanyakan orang setelah minum dengan minuman berbotol pasti akan membuangnya di tempat sampah. Padahal botol bekas tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin akan menguntungkan untuk Anda. Pemanfaatan botol bekas sekarang ini juga sudah banyak dilakukan oleh pengrajin dan beberapa orang. Ada yang menggunakan botol bekas sebagai tempat barang, sebagai hiasan, digunakan untuk menanam, dan masih banyak lagi. Karena itulah mulai sekarang jangan membuang botol bekas minuman dan sejenisnya lagi dan mulailah untuk berkarya.

Salah satu cara memanfaatkan botol bekas yang paling menguntungkan adalah digunakan untuk menanam tanaman hias dan sayur-sayuran. Ternyata masyarakat Indonesia sudah banyak yang mempraktekkannya. Selain bisa dilakukan secara mudah, menanam tanaman di botol bekas tidak membuat Anda harus memiliki ladang baru dan pastinya membuahkan hasil. Selain mendapatkan hasilnya, menanam tumbuhan di botol bekas juga ramah lingkungan, dan menyulap barang yang tidak terpakai menjadi barang yang lebih berguna. Beginilah step-by-step dalam pemanfaatan botol bekas untuk media tanam!

Cara Memanfaatkan Botol Bekas untuk Hidroponik

Menanam tanaman di botol hanya memerlukan ruang khusus yang terpapar oleh sinar matahari. Cara menanam tanaman di botol bekas biasa disebut dengan cara hidroponik, dan tanaman yang paling cocok untuk ditanam dengan cara hidroponik adalah bunga dan sayur. Hal yang paling mengejutkan lagi adalah menanam dengan cara ini tidak membutuhkan tanah dan hanya membutuhkan media lain. Wow! Seperti apa caranya? Langsung saja inilah langkah-langkah atau cara memanfaatkan botol bekas untuk menanam versi hidroponik!

1. Pilih Botol Sesuai Kebutuhan


4920 Botol Bekas Liputan6
Source: Liputan6

Langkah pertama adalah silahkan memilih jenis botol bekas yang berhasil dikumpulkan menjadi beberapa tipe. Kelompokkan terlebih dahulu botol sesuai dengan ukuran masing-masing kemudian pilihlah botol yang paling tepat untuk menanam bunga atau sayuran. Botol yang paling tepat digunakan untuk bunga adalah botol bekas yang memiliki ukuran 500 ml ke bawah, sedangkan untuk bunga yang besar atau sayuran pilih ukuran botol yang lebih besar sekitar 1 sampai 2 liter.

2. Ubah Bentuk Botol


4920 Bentuk Botol Bekas Seruni
Source: seruni

Jika proses pertama sudah dilakukan, selanjutnya adalah mengubah bentuk botol sesuai kebutuhan. Semua botol tentu memiliki bentuk mengecil di bagian kepala nya kan? Jadi gunting terlebih dahulu botol yang berlubang kecil karena jika digunakan akan menyulitkan penanaman. Setelah 1/3 bagian atas dibuang, botol akan berubah menjadi gelas besar. Nah, sulap semua botol yang hendak digunakan menjadi seperti ini.

3. Buatlah Lubang Drainase


4920 Drainase Utamatani
Source: Utamatani

Karena tanaman membutuhkan oksigen untuk proses berfotosintesis, maka Anda juga perlu menyediakan lubang yang biasa disebut dengan lubang Drainase. Langkah yang satu ini tidak boleh sampai ketinggalan karena adanya lubang merupakan hal penting untuk tumbuhan. Tujuan adanya lubang adalah setelah tanaman ditanam pasti Anda akan menyiram, namun jika air menggenang hal tersebut malah membuat tanaman tidak sehat, sehingga lubang ini sangat menentukan keberhasilan tanaman hidroponik Anda. Caranya juga mudah yaitu dengan menusukĀ  dinding atas botol menggunakan jarum secukupnya.

4. Media Pengganti Tanah


4920 Pengganti Tanah Kutanam
Source: Kutanam

Apa saja media yang digunakan sebagai pengganti tanah? Sudah banyak yang menggunakan bahan pengganti tanah seperti sabut kelapa, kerikil, pasir, sekam, serbuk kayu, dan lain sebagainya. Nah, beberapa bahan tersebut juga bisa dicampurkan menjadi satu agar lebih maksimal. Jangan lupa komposisi bahan nya harus seimbang agar hasilnya lebih baik. Jika sudah siap masukkan media pengganti tanah ke dalam botol yang sudah di desain sebelumnya.

5. Penempatan Botol


4920 Botol Bekas IDN Times
Source: IDN Times

Setelah tanaman bunga dan sayur di sematkan di setiap botol hidroponik, maka Anda harus menempatkan botol secara rapi di tempat yang diinginkan. Anda bisa menggantungkannya di jendela, memasang nya di pagar, atau dimanapun. Yang terpenting adalah tanaman bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung.

6. Cara Menyiram Tanaman


4920 Siram Tanaman IDea
Source: iDEA

Setelah tertanam hal selanjutnya adalah proses perawatan. Bagi Anda yang belum pengalaman, cara menyiram tanaman hidroponik adalah dengan metode infus yaitu metode yang membutuhkan botol berisi air ditambah dengan selang kecil yang berfungsi untuk menyirami tanaman. Dengan adanya selang kecil, air akan mengalir pada setiap tanaman dengan mudah dan secara otomatis. Namun jika Anda belum terlalu lihai memakai cara diatas, silahkan menyirami tanaman dengan manual yang penting rutin

7. Pemupukan dan Perawatan


4920 Pemupukan Dan Perawatan Rumah Com
Source: Rumah.com

Terakhir adalah dengan memupuk serta merawat tanaman dengan baik. Untuk memupuk Anda bisa memberikan pupuk organik dan pupuk buatan dengan perbandingan yang seimbang. Pupuk tanaman 2 minggu sekali agar tanaman tetap ternutrisi dan bisa berkembang tanpa di serang hama-hama tanaman.

Dengan perawatan yang rutin ternyata botol bekas juga bisa menjadi media penanaman yang bermanfaat, hemat biaya, dan dan pastinya memberikan keuntungan bagi siapa saja yang menanam. Begitulah cara mudah dalam pemanfaatan botol bekas untuk media tanam, semoga membantu!

BACA JUGA!

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas untuk Dekorasi Imlek

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: