Pecinta Gadget, Inilah Perbedaan RAM dan ROM

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
perbedaan-ram-dan-rom-banner-825x410[1]
Daftar Topik

Bagi kamu yang pernah membeli komputer, laptop maupun smartphone, pasti sudah tidak asing dengan dua kata ini, RAM dan ROM. Namun mungkin banyak dari kamu yang belum tahu arti dari dua kata tersebut. RAM dan ROM sendiri merupakan dua hardware atau perangkat keras yang punya peran sangat penting sebagai media penyimpanan di komputer, laptop atau smartphone.

Meski RAM dan ROM sama-sama perangkat hardware untuk penyimpanan, namun keduanya memiliki perbedaan yang harus diketahui. Sebelum kita membahas lebih jauh terkait dengan perbedaan kedua hardware tersebut, kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian masing-masing perangkat keras tersebut.

Pengertian RAM

RAM merupakan sebuah singkatan dari Random Access memory yang merupakan sebuah penyimpanan data sementara dalam komputer yang dalam keadaan aktif. Fungsi RAM ini bisa dibilang sebagai otak dari jalannya sebuah komputer, laptop maupun smartphone.

RAM dapat berjalan dan melakukan sebuah tugasnya bila komputer atau smartphone dalam keadaan aktif alias dalam keadaan sedang dipakai. Perangkat keras ini merupakan tempat penyimpanan memori sementara yang mendukung lancarnya kinerja dari prosesor dalam membaca sebuah perintah dari user. Untuk itu, saat kamu tidak memainkan komputer atau smartphone tersebut alias perangkat dalam keadaan mati, maka RAM pun secara otomatis akan berhenti bekerja. Selain itu, bila kamu memiliki kapasitas RAM yang benar, maka kamu juga bisa melakukan multitasking secara lancar di komputer atau smartphone kamu. Tidak heran jika RAM memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja sebuah komputer atau laptop.

Pengertian ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. Perangkat keras yang satu ini merupakan sebuah ruang atau pun sebuah tempat di komputer, laptop, smartphone maupun perangkat lainnya. ROM ini memiliki peran sangat penting karena merupakan tempat disimpannya file seperti gambar, musik, video dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang memang sering memotret, atau pun merekam video, kamu tentu harus memiliki kapasitas ROM yang benar. Dengan begitu kamu bisa dengan bebas menyimpan foto, video atau pun musik sesukamu. Namun bila ruang penyimpanan kamu terbatas, tentunya kamu harus pandai-pandai memilih data mana yang penting untuk kamu simpan di perangkat tersebut. ROM juga bisa dibantu oleh memori eksternal dalam menyimpan file. Dengan begitu saat ROMmu dalam keadaan penuh, kamu bisa menyimpan file tersebut di memori eksternal.

Setelah kamu mengetahui pengertian ROM dan RAM, kini saatnya kamu harus tahu apa perbedaan di antara kedaunya, untuk lebih jelasnya silakan simak di bawah ini:

Kepasitas RAM dan ROM

Kapasitas RAM dan ROM merupakan hal yang penting, karena itu akan menentukan kinerja suatu perangkat. Pada umumnya, RAM memiliki kapasitas dengan volume besaran MB sampai GB. Selain itu kecepatannya juga lumayan tinggi. Bahkan kapasitas RAM ini bisa kita tingkatkan sesuai dengan keinginan kita.
Sementara untuk ROM, kapasitas penyimpanannya tidak bisa ditingkatkan sesuai dengan keinginan, karena ROM telah disesuaikan oleh pabriknya. Untuk itu kita bisa membeli kapasitas ROM sesuai dengan kebutuhan.

Keamanan Data yang Disimpan

Kedua, adalah soal keamanan data yang disimpan di kedua perangkat keras tersebut. Di poin pertama kamu bisa melihat, bahkan RAM lebih unggul dibandingkan ROM. Namun untuk poin ke dua ini, ROM lah yang lebih unggul. Hal ini karena, file yang disimpan di ROM bersifat permanen sementara file yang disimpan di RAM bersifat sementara dan tidak mudah hilang kecuali dihapus oleh pemiliknya. Sebab, saat proses penyimpanan data ROM tidak butuh tambahan listri atau pun daya listrik.

Sementara data yang tersimpan di dalam RAM bisa dibilang rentan sekali hilang. Hal ini karena saat kita dalam proses penyimpanan di sebuah komputer namun tiba-tiba listrik mati, maka proses penyimpanan pun akan berhenti juga. Hal ini karena kinerja dari RAM membutuhkan daya listri

Jenis – Jenis Produk RAM dan ROM

Setidaknya RAM memiliki dua jenis produk yaitu, DRAM dan SRAM. DRAM (Dynamic RAM), merupakan salah satu jenis RAM, yang namanya mungkin sudah tidak asing untuk kalian. Sebab biasanya, DRAM telah dijadikan satu paket dengan system hardware standar lain. Perbedaan antara DRAM dan juga SRAM, adalah kecepatan STRAM yang luar biasa dan lebih cepat dibanding DRAM. Saat DRAM mulai bekerja, akan banyak sekali refresh yang butuhkan, bahkan mencapai ribuan kali. Untuk kecepatannya sekitar 60 nanodetik. Sementara SRAM tidak membutuhkan refresh dan juga SRAM punya kecepatan sampai 10 nonadetik.

ROM merupakan kepanjangan dari (Programmable Read Only Memory). Jenis ini biasanya diproduksi sebagai memori kosong. Misalnya, saja cd-rom EEPROM dan EPROM. Pengisian ROM ini nantinya dilakukan oleh elektis, sementara EPROM dapat mempertahankan informasi data dan juga data dalam waktu yang cukup lama. Sementara EEPROM mampu melakukan pengisian data kapan saja, tanpa harus menghapus atau pun memformat isi dari EEPROM sebelumnya.

Itulah di antaranya perbedaan antara RAM dan ROM yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat untuk kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

Apa Perbedaan MP4 dan MKV?

MKV dan MP4 sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya sama-sama untuk memutar video dan merupakan