Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Rumus Pangkat di Excel, Kuasai Sekarang!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
nulis- 5
Daftar Topik

Pangkat di excel. Satu dasawarsa ke belakang telah menunjukkan pada kita perkembangan teknologi perangkat lunak big data yang dirancang untuk menganalisis, memanipulasi, hingga memvisualisasikan data. Namun, 30 tahun kedepan Microsoft Excel akan masih tetap eksis di kalangan interpreter data, seperti karyawan. Dilansir dari Harvard Business Review, menurut CEO Microsoft, Satya Nadella, hingga hari ini Microsoft Excel masih menjadi produk Microsoft nomor wahid. Argumen tersebut pun didukung oleh 750 juta suara dari para pekerja. 

Tidak heran jika kemudian Microsoft Excel menjadi aplikasi idaman para pekerja karena kemudahannya untuk membantu penggunanya menyelesaikan pekerjaan. Pada penggunaan yang standar, penggunaan Excel dapat mengurangi waktu bekerja hingga 30%. Tentu jika para penggunanya, terutama karyawan, lebih memahami lagi bagaimana Excel bekerja, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan bisa jauh lebih hemat lagi dan tentu akan meningkatkan produktivitas.  

Pangkat di Excel - 1

Menguasai rumus Excel merupakan salah satu cara untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang cara mengoperasikan Excel. Hal ini dikarenakan rumus pada Excel merupakan perintah dari pengguna agar Excel menjalankan apa yang telah diperintahkan melalui rumus. Saat ini mayoritas para pekerja hanya memanfaatkan Excel dengan rumus-rumus dasar, namun rumus dasar saja tidak cukup. Berikut adalah beberapa rumus Excel yang tidak familiar namun sangat bermanfaat untuk mempercepat menyelesaikan pekerjaan. 

Rumus Menghitung Pangkat

Pada Matematika, pangkat merupakan bentuk matematika yang umum dan tidak bisa lepas dari segala perhitungan matematika. Walaupun umum, namun masih belum banyak yang mengerti bagaimana cara menghitung pangkat di Excel. Terdapat 3 cara untuk menghitung pangkat di Excel, yaitu:

  • Menggunakan rumus dasar

Menggunakan rumus dasar ini sama halnya menghitung pangkat dengan cara manual. Contoh pada Sel A1 terdapat angka 100. Jika kita ingin menghitung 1002, maka kita bisa menuliskan pada sel lain “=100*100” atau “=A1*A1”. Jika kita menghitung 1003, maka kita bisa menuliskan pada sel lain “=A1*A1*A1”. 

  • Menggunakan Accent (“^”)

Cara lain untuk menghitung pangkat di Excel adalah dengan menggunakan simbol Accent (“^”). Sebagai contoh, pada Sel A1 terdapat angka 100, jika kita ingin menghitung 1002 maka kita bisa menuliskan “=100^2”, maka hasil yang keluar akan sama dengan jika kita menulis “=100*100” atau “=A1*A1”. Hal ini juga berlaku jika kita ingin menghitung 1003, kita hanya perlu menuliskan “100^3” dan hasilnya akan sama jika kita menggunakan rumus “=A1*A1*A1”. 

  • Menggunakan Fungsi “=POWER”

Pada dasarnya fungsi “=POWER” berjalan sama dengan penggunaan simbol (“^”) namun dengan cara yang berbeda. Jika kita menggunakan fungsi “=POWER”, maka kita perlu menuliskan pada Formula Bar “=POWER(Number, Power)”. Sebagai contoh, pada Sel A1 terdapat angka 100. Jika kita ingin menghitung 1002 dengan fungsi “=POWER”, maka kita perlu menuliskan “=POWER(100, 2)”. Hasil yang keluar akan sama dengan jika kita menggunakan simbol accent. Begitu juga untuk menghitung 1003, maka kita perlu menuliskan “=POWER(A1, 3)”. 

Lebih lanjut, fungsi “=POWER” juga dapat digunakan untuk menghitung pangkat berupa pecahan. Namun, pangkat pecahan tersebut perlu diubah dari pangkat menjadi decimal terlebih dahulu. Contoh, untuk menghitung bilangan 1003/4 dengan “=POWER”, maka kita dapat menuliskannya pada Formula Bar “=POWER(100, 0.75)”.

Pangkat di Excel - 2

Rumus INDEX-MATCH

Rumus INDEX-MATCH merupakan rumus mencocokkan data di Excel yang berguna untuk menggantikan rumus =VLOOKUP. Walaupun menggunakan =VLOOKUP, INDEX-MATCH tidak membatasi ruang pencarian seperti =VLOOKUP, sehingga kita dapat melakukan pencarian nilai pada kolom mana saja terlepas dari posisi kolom. Memiliki rumus yang cukup panjang, berikut adalah cara mudah mengingat rumus INDEX-MATCH

“=INDEX(Kolom nilai yang kita cari, MATCH(Nilai pencarian, kolom yang ingin kita cari, ketik “0”))”

Sepintas rumus INDEX-MATCH memang terlihat rumit karena memiliki rumus yang cukup panjang. Namun dengan beberapa latihan, kamu dapat memanfaatkan rumus INDEX-MATCH untuk menyelesaikan pekerjaan lebih mudah daripada menggunakan =VLOOKUP. Rumus ini merupakan salah satu rumus yang paling penting untuk saat ini!

papan tulis 3

RUMUS “=SUM”

Daripada kamu harus selalu mengetik rumus “=SUM”, kamu bisa langsung memunculkan rumus “=SUM” pada Excel dengan menekan tombol “Alt +” secara bersamaan. Dalam sekejap, rumus “=SUM” muncul tanpa harus diketik. 

Rumus F4

Umumnya rumus F4 digunakan untuk membuat referensi absolut pada Excel. Namun, yang jarang orang ketahui adalah bahwa rumus F4 dapat mengulangi tindakan terakhir kita. Misalnya kamu baru saja membuat border pada suatu sel, maka kamu dapat menekan tombol F4 untuk menerapkannya pada sel lain. 

matahari - 4

Rumus Paste Special

Kegiatan copy-paste merupakan salah satu kegiatan yang banyak digunakan di Excel. Umumnya, jika kita menekan tombol “CTRL + V” untuk menempelkan data yang telah kita copy, jika kita ingin hanya menempelkan angka, namun yang tertempel adalah rumus. Untuk menempelkan hanya angka saja, kita bisa menggunakan Paste Special, yang biasanya dengan cara mengklik kanan pada mouse. Untuk mempercepatnya, kamu dapat menggunakan rumus “CTRL + Alt + V” untuk melakukan Paste Special. Selain rumus tersebut, kamu juga dapat menggunakan “Alt + E + S + V” untuk menempelkan hanya angka. 

Wah, banyak bertemu dengan rumus baru ya? Rata-rata rumus di atas dapat kamu pelajari dalam waktu 2 menit hingga 45 menit saja. Keterampilan menggunakan Microsoft Excel dapat diasah dengan sering berlatih dan mengikuti seperti kelas daring yang mengajarkan dasar-dasar Microsoft Excel. Dengan memahami pangkat di Excel, kita bisa memanfaatkannya lebih bijak dan baik untuk menyelesaikan pekerjaan hingga menayangkan hasilnya. Yuk mulai latihan Excel dari sekarang!

Baca juga:

Macam-macam Warna Softlens, Jangan Bingung Memilih

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP