Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bikin Kangen

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1810-jogja bakpia tugu jogja
Daftar Topik

Yogyakarta, sebuah kota yang kaya akan wisata budaya dan suasana romantis di pulau Jawa. Ya, daerah yang akrab di sapa dengan nama Jogja ini pasalnya memiliki cara khusus untuk mendapatkan peratian dari setiap para pengunjung. Tidak hanya tempat wisatanya saja, Jogja juga menyuguhkan beberapa makanan lezat yang bisa di santap langsung di tempat maupun di jadikan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Wisata Yogyakarta


Pulau Jawa memang terkenal dengan berbagai daerah yang menyajikan tempat wisata menarik nan indah. Apalagi untuk wisata malam, tentu Jawa Tengah dan Jawa Barat ahlinya. Ada berbagai objek wisata yang bisa kamu temui apabila berlibur ke Jogja untuk melepas penat. Selain beraneka ragam, harga tiket yang di tawarkan pun sangat murah dan pastinya terjangau oleh semua kalangan.

Meskipun harga tiket yang di tawarkan murah, tempa wisata yang di suguhkan nggak murahan lho! Kamu bisa mengunjungi berbagai lokasi instagrammable seperti Pinus Pengger, Bukit Lintang Sewu, Pintu Langit Dahromo, Spot Riyadi, dan Tugu Jogja.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja


Nah, supaya kamu tidak bingung menentukan oleh-oleh apa yang paling tepat di berikan untuk keluarga di rumah ketika bepergian ke jogja, simak rekomendasinya berikut ini.

1. Bakpia Kukus Tugu Jogja


Rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bikin kangen dan tentunya wajib kamu bawa pulang ke rumah adalah Bakpia Tugu Jogja. Bakpia ini merupakan makanan kekinian yang saat ini sedang naik daun di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 25.000, kamu bisa mendapatkan satu kotak bakpia kukus sebanyak 10 biji.

Bakpia kukus tugu Jogja memiliki berbagai varian rasa seperti kacang hijau, kacang merah, keju, hingga rasa cokelat favorit semua orang. Perbedaan jenis bakpia kukus dengan bakpia lainnya adalah pada tekstur. Bakpia kukus menyediakan tekstur yang lembut pada bagian luar maupun dalam sehingga endulita ketika sudah masuk ke mulut.

2. Bakpia Pathok 25


Selain bakpia kukus, Jogja juga memiliki oleh-oleh yang sangat khas yaitu Bakpia pathok 25. Ya, Jogja memang terkenal dengan bakpia yang sangat lezat dan berbeda dengan bakpia lainnya. Meskipun muncul banyak jenis bakpia serupa, popularitas dari Bakpia Pathok 25 tidak pernah tergantikan oleh wisatawan.

Bisa di bilang, setiap wisatawan yang datang ke Jogja wajib hukumnya untuk mampir ke Bakpia Pathok 25. Selain Bakpia Pathok 25, kamu juga bisa mencoba bakpia pathok Merlino, Citra Premium, dan Kurnia Sari.

3. Walang Goreng


Ingin mencicipi oleh-oleh khas Jogja yang ekstrem dan bikin kangen? Kamu bisa mencari makanan walang goreng di Jogja ketika berlibur kesana. Jenis kuliner ini terolong kuliner unik yang berasal dari Gunung Kidul. Meskipun tergolong unik dan ekstrem, kamu bisa mendapati makanan khas Jogja yang satu ini di sepanjang jalan menuju tempat wisata Gunung Kidul.

Walang atau Belalang Goreng bisa di jadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja karena makanan tersebut bisa tahan hingga satu bulan lamanya. Harga yang di tawarkan pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 20.000-30.000 saja per porsinya.

4. Geplak


Makanan khas Jogja yang bisa di jadikan oleh-oleh bagi wisatawan selanjutnya adalah Geplak. Tidak kalah dari makanan yangko, Geplak merupakan jajanan khas Jogja yang sangat mudah di temui dan memiliki cita rasa yang khas. Bahan dasar yang di gunakan pada makanan ini adalah kelapa, gula, pewarna makanan, dan topping rasa seperti nangka, durian, cokelar, dan vanila.

5. Gudeg


Hampa rasanya apabila berlibur ke Jogja tapi nggak mencicipi makanan khas nya yaitu Gudeg. Ya, Jogja memang terkenal dengan jenis makanan yang satu ini. Meskipun tergolong makanan siap saji, kamu tetap bisa membawa menu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah lho.

Tidak hanya menyediakan varian gudeng basah, di toko oleh-oleh yang ada di Jogja juga banyak yang menjaul gudeg kering. Banyak wisatawan yang memilih gudeg kering untuk di bawa sebagai buah tangan ke kampung halaman.

6. Cokelat Monggo


Rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bikin kangen yang terakhir adalah cokelat monggo. Tidak mau kalah dengan jenis cokelat yang ada di luar negeri, Jogja juga memproduksi coklat yang tak kalah enak dan menjadi favorit setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Semua bahan baku untuk membuat coklat berasal dari Indonesia lho!

Pabrik coklat yang populer ini berada di Kotagede, Jogjakarta. Untuk membawanya sebagai oleh-oleh, kamu bisa memilih berbagai varian rasa seperti Dark Chocolate, Praline, Red Chili, dan Orange Pee yang biasa di pilih oleh wisatwan. Nah, begitulah sedikit informasi mengenai Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bikin Kangen. Jalan-jalan ke kota Jogja tentu kurang afdhol apabila tidak mencicipi kulinernya!

BACA JUGA! 10 KULINER MALAM JOGJA PALING POPULER DAN WAJIB DICOBA

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP