Ragam Olahan Kentang dan Telur, Enak dan Simpel!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
schotel-kentang
Daftar Topik

Olahan Kentang dan Telur – Kentang dan telur. Selain gizinya yang baik, dua bahan ini banyak disukai karena harganya murah serta ramah di kantong. Satu hal yang menarik adalah, kebanyakan hidangan dengan kedua bahan ini memiliki resep dan bahan yang mudah di dapat. Sehingga gak heran jika olahannya banyak dijadikan sebagai cemilan ketika lapar. Di artikel ini, Blog elevenia akan membahas secara lengkap rekomendasi olahan kentang dan telur. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis ya.

Rekomendasi Olahan Kentang dan Telur yang Mudah dan Simpel

Kandungan karbohidrat tinggi pada kentang membuatnya mampu mengganjal lapar di perut. Sedangkan protein punya kandungan protein yang baik buat tubuh. Bisa dibanyangkan bukan kalau keduanya dikombinasikan? Bakal ada hidangan yang sehat dan siap menemani harimu. Ini dia daftar lengkapnya:

1. Omelet Spanyol

omelet-spanyol

Olahan yang satu ini dari tampilan luarnya mungkin akan mengingatkanmu dengan omelet atau telur dadar biasa. Namun tidak pada teksturnya. Omelet Spanyol ini punya tekstur yang lebih tebal dan rasa yang tentu lebih memuaskan. Di negara asalnya sendiri, omelet Spanyol juga disebut dengan Tortilla de Patatas.

Makanan satu ini sangat cocok buat dijadikan lauk makan serta disajikan dengan nasi putih hangat. Bisa juga untuk cemilan sore dengan ragam saus. Misal saus tomat dan saus sambal untuk rasa yang lebih nendang. Selain mudah, bahannya juga cukup mudah dicari. Yaitu kentang, telur, bawang putih, lada, cabe, dan penyedap rasa. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan bahan lain. Seperti smoked beef hingga paprika sesuai selera.  Sehingga sangat recommended buat kamu yang mau makan enak tanpa effort lebih.

2. Kentang Telur Panggang

kentang-telur

Kalau hidangan kentang yang satu ini, agak mirip dengan yang sebelumnya. Sesuai namanya, kentang telur panggang punya kentang dan telur sebagai bahan utama. Dalam pembuatannya, ada juga beberapa bahan pendamping yang biasa digunakan. Mulai dari bawang bombay, seledri, parsley, dan daun bawang. Menu yang satu ini juga cenderung sangat fleksibel untuk dikreasikan.

Sebelum memanggangnya, kamu bisa merebus kentang terlebih dahulu agar lebih lembut. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan mencampurkan langsung kentang yang diparut dengan telur menjadi adonan kasar.

3. Schotel Kentang

schotel-kentang

Schotel biasanya dikenal dengan beberapa bahan dasar, yaitu makaroni, telur, dan juga keju. Tapi makanan ini punya salah satu kreasi kekinian degan bahan dasar kentang, loh. Karena resepnya yang fleksibel, hidangan ini bisa banget kamu sesuaikan sesuai selera. Kamu bisa tetap memakai makaroni ataupun menggantinya dengan kentang.

Bahan dasar lainnya cukup mudah di dapat, baik di pasar tradisional, minimarket maupun supermarket. Yaitu bawang bombay, garam, penyedap, merica, dan lada. Agar rasanya lebih sedap dan lezat kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan lain. Seperti sosis, daging giling, tomat, hingga saus Inggris. Schotel kentang sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan di setiap waktu.

Baca Juga: 7 Olahan Daging Sapi yang Populer di Indonesia

4. Perkedel Mozarella

perkedel-mozarella

Di Indonesia, panganan ini seringkali dijadikan sebagai menu sampingan. Salah satunya disajikan bersama sop ayam dan juga nasi putih. Tekstrurnya yang lembut bakal bikin siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Walaupun proses pembuatannya lumayan lama, perkedel termasuk hidangan yang mudah dibuat dan dikreasikan, loh.

Salah satu kreasi yang paling kekinian dari menu satu ini ialah perkedel mozarella. Proses pembuatannya sama dengan perkedel biasa. Namun keju mozarella ditambahkan sebagai isiannya. Selain dengan bahan ini, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan lain yang lebih murah dan mudah didapat. Seperti potongan sayuran, keju slice quick melt, maupun kornet.

5. Kroket Kentang Telur Puyuh

kroket-telur-puyuh

Dari segi cara memasak, bisa dibilang kalau kroket merupakan salah satu saudara identik dari perkedel. Satu hal yang membedakannya ialah tempat asalnya dan bahannya. Konon, cemilan ini pertama kali dibuat oleh chef Prancis François Massialot, pada abad ke-17. Hidangan ini punya nama asli chroquette. Namun hidangan ini juga cukup populer di Asia, khususnya Jepang. Pada bagian luar kroket, terdapat lapisan renyah yang berasal dari tepung roti.

Biasanya, kroket punya beberapa bahan dasar lainnya. Seperti tepung terigu, lada dan garam. Salah satu kreasi unik kroket yang bisa dicoba ialah kroket kentang telur puyuh. Sebelum menggoreng, kamu cukup menambahkan telur puyuh sebagai isiannya. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan daging, jamur, maupun keju. Ragam jenis saus juga bisa dijadikan tambahan yang pas saat menyajikan kroket selagi masih hangat. Yummy!

6. Kue Lumpur Kentang

kue-lumpur-kentang

Kue satu ini biasanya dijadikan hidangan dalam berbagai acara. Mulai dari pengajian, syukuran hingga snack di acara pernikahan. Di beberapa daerah kue ini juga dikenal dengan kue cara. Kue lumpur kentang terdiri dari dua jenis berdasarkan rasanya. Yaitu kue lumpur manis dan kue lumpur asin. Kue lumpur asin biasanya memiliki rasa yang lebih manis dengan hiasan kismis di atasnya.

Sedangkan untuk kue lumpur asin biasanya diberi topping ikan, cabai merah hingga seledri di atasnya. Kini, olahan kue lumpur manis dan asin sudah makin banyak variasi topping dan warna, loh. Beberapa orang telah mengkreasikannya degan beragam bahan unik. Seperti keju, pandan, labu kuning, nangka, ubi, telur, wortel, hingga pisang. Unik, ya.

7. Donat Kentang

donat-kentang

Dalam menunda lapar, donat selalu bisa jadi salah satu makanan alternatif yang bisa diandalkan. Salah satu kreasi donat yang mulai viral di tahun 2010-an ialah donat kentang. Sampai sekarang, olahan kentang dan telur yang satu ini masih tetap eksis. Tekstur donat yang lembut berpadu dengan rasa kentang yang manis gurih ampuh memanjakan mulut.

Konon, adonan donat berasal dari adonan makanan lain, yaitu Gefüllte Krapfen . Hingga kini, variasi donat kentang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Mulai dari bentuk, rasa, topping, hingga warna glaze. Beberapa donat bahkan memiliki variasi rasa asin. Seperti pada donat kentang dengan topping krim dan keju. Kalau kamu suka yang mana nih?

8. Potato Chocolate Ball

potato-chocolate-balls

Siapa bilang kentang dan telur hanya bisa diolah jadi kue lumpur dan donat kentang untuk hidangan manis? Baru-baru ini ada salah satu kreasi kentang dan telur yang lagi viral loh. Namanya potato chocolate ball atau bola kentang isi coklat. Cara membuatnya terbilang simpel dan sangat mudah buat dikreasikan loh.

Cukup rebus kentang dan campurkan beberapa bahan dasar, seperti tepung, susu maupun keju. Jenis tepung ini juga bisa disesuaikan dengan seleramu. Setelah semuanya merata kentang dibuat bulat dan diberi isian coklat. Lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Tekstur crispy di permukaan kentang namun lembut di dalam pasti bakal bikin nagih. Apalagi ada isian coklat manis di dalamnya. Makanan ini bisa jadi cemilan pagi maupun sore hari yang cocok disajikan dengan berbagai minuman hangat.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP