7 Merk Obat batuk berdahak dan gatal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
obat batuk berdahak dan gatal
Daftar Topik

Obat batuk berdahak dan gatal. Apakah kamu sedang batuk atau merasa gatal di tenggorokan? Batuk memang menjadi penyakit yang paling mudah menyerang seseorang. Sebetulnya batuk merupakan reaksi tubuh saat ada benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Batuk juga menjadi gejala munculnya penyakit tertentu. Bahkan, di masa pandemi ini batuk menjadi salah satu gejala awal jika kamu terjangkit virus corona. 

Batuk terjadi saat ada debu atau zat pemicu alergi yang masuk ke dalam sistem pernapasan, sehingga otak akan mengirim sinyal kepada otot dada dan perut untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Ada dua jenis batu yang sering dialami, yaitu batuk berdahak dan kering. 

Obat batuk berdahak dan gatal

Batuk berdahak disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan radang tenggorokan. Sementara itu, batuk kering terjadi akibat iritasi pada tenggorokan dan alergi. Nah, setelah kamu mengetahui kedua macam batuk ini sekarang saatnya untuk mencari tahu obat batuk berdahak dan gatal yang paling tepat. Ini dia rekomendasinya.

1. Woods

obat batuk berdahak dan gatal woods

Woods Peppermint Antitussive digunakan untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh alergi, karena mengandung antitusif dan antihistamin yang akan meredakan gatal di tenggorokan. Sedangkan, jika kamu mengalami batuk berdahak, gunakan Woods Peppermint Expectorant yang berfungsi untuk mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkan dahak. Rasa peppermintnya akan memberikan sensasi segar di tenggorokan. 

2. Komix Adult OBH

Malas menakar obat batuk dengan sendok? Obat batuk langsung minum dan habis dalam satu kemasan seperti obat batuk Komix ini bisa jadi pilihan. Komix Adult OBH mengandung guaifenesin, phenylephrine Hcl, dan chlorpheriname maleate  yang akan membantu meredakan batuk berdahak dan pilek. Guaifenesin berfungsi untuk mengencerkan dahak, sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Phenylepherine Hcl membantu mengurangi hidung tersumbat  sehingga melegakan saluran pernapasan, mengeluarkan lendir, dan mengatasi pilek yang biasanya menyertai batuk berdahak, serta chlorpheriname maleate untuk mengurangi reaksi alergi seperti bersin. Rasa obat batuk ini juga segar dan bikin tenggorokan lebih lega. Rasa segarnya pun sampai ke area hidung yang membuatmu lebih nyaman saat bernapas. Bila kamu mengalami batuk kering, ada Komix Adult Jeruk Nipis  yang mengandung dextromethorphan yang akan menekan batuk, meredakan rasa kering dan gatal di tenggorokan, serta membuat tenggorokan lebih hangat. 

3. Siladex

Siladex

Kamu yang mengalami batuk berdahak, kamu bisa pilih obat batuk yang berwarna hijau yang mengandung expectorant. Obat batuk ini bebas gula, jadi aman untuk yang memiliki diabetes, dan tanpa alkohol. Kandungan expectorant akan mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Obat batuk Siladex warna merah digunakan untuk kamu yang mengalami batuk kering, agar tenggorokan tidak lagi gatal dan sakit. Salah satu tidak nyamannya batuk kering adalah rasa nyeri pada tenggorokan ketika kamu batuk, dan obat batuk ini membantu meredakannya.

4. Bisolvon

Obat batuk Bisolvon Elixir bisa jadi pilihan saat kamu sudah menunjukkan gejala batuk berdahak. Jika batuk sudah berjalan selama beberapa hari, kamu bisa menggunakan Bisolvon Extra. Kandungan Guaifenesin pada Bisolvon Extra bisa untuk membantu mengeluarkan dahak, sehingga membuatmu lebih lega saat bernapas. Namun, jangan gunakan obat batuk Bisolvon Extra saat kamu mengalami batuk kering. Saat batuk kering, gunakan Bisolvon Antitussive yang menekan pusat batuk dan menekan gejala alergi, sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Selain sirup, obat batuk ini juga menyediakan bentuk tablet. 

5. Vicks Formula 44

Vicks Formula 44

Obat batuk dengan aroma dan rasa mint ini berfungsi untuk meringankan batuk tidak berdahak dan bersin yang disebabkan oleh alergi atau peradangan pada hidung. Obat batuk ini juga bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter namun kamu tetap harus memerhatikan dosis pemakaiannya agar bisa bekerja secara efektif. Rasa hangat pada obat batuk ini akan mengurangi gatal di tenggorokan sehingga membuatmu lebih nyaman untuk menelan makanan. Akan lebih nyaman jika disertai menggunakan Vicks Vaporub, semacam salep oles dengan aroma mentol yang membuat tubuh lebih hangat ketika dioleskan di badan. 

6. Benadryl

Obat batuk untuk dewasa dan anak usia di atas 6 tahun ini memiliki dua varian, yaitu original dan batuk berdahak. Benadryl original digunakan untuk batuk kering karena mengandung Diphenhydramine hydrochloride dan Ammonium Chloride yang akan meredakan batuk dan gejala lain yang timbul pada saluran pernapasan atas seperti bersin, dan rasa gatal pada rongga hidung, tenggorokan, serta mata berair karena alergi. Sedangkan obat batuk berdahak akan meredakan batuk berdahak, serta membantu mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Untungnya obat batuk ini tidak membuat kamu mengantuk, meski daya kerjanya akan lebih efektif jika digunakan sebelum beristirahat. 

7. Actifed

Actifed

Produk ini merupakan obat batuk untuk meringankan pilek dan batuk berdahak. Obat batuk Actifed Plus Expectorant ini bisa aman dikonsumsi oleh anak mulai usia 2 tahun sampai orang dewasa. Khusus untuk batuk berdahak, kamu bisa mengonsumsi obat batuk Actifed warna hijau. Actifed Plus Expectorant memiliki kerja expectorant. Maksudnya, obat ini bekerja menurunkan viskositas lendir dengan cara meningkatkan volume dan kandungan air dari sekresi tenggorokan. Dengan begitu, obat batuk anak ini akan membantu pengeluaran dahak. Ini karena mengandung senyawa dari golongan pyrrolidine yang mampu menekan sistem saraf pusat, sehingga obat ini akan menyebabkan kantuk.

Sedangkan batuk kering, gunakan obat batuk Actifed merah yang mengandung triprolidine, yaitu antihistamin yang digunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti tenggorokan gatal. Actifed merah juga mengandung dextromethorphan untuk batuk kering yang menekan keinginan untuk batuk. 

obat batuk berdahak dan gatal

Obat batuk berdahak dan gatal mana yang lebih kamu andalkan? Baca aturan pakai dan efek sampingnya sebelum membeli ya. Kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Baca juga:

9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Patut Dicoba

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP