Niat Shalat Sunnah Rawatib dan Keutamaannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10320-shalat rawatib 2
Daftar Topik

Shalat sunnah rawatib merupakan shalat yang memiliki sifat mengiringi shalat fardhu. Penyebutan tersebut berdasarkan kepada waktu diperbolehkannya melakukan shalat sunnah ini. Pelaksanaan untuk shalat rawatib sendiri hanya bisa di lakukan beriringan dengan shalat fardhu. Dapat dikerjakan saat seseorang telah atau sebelum menunaikan shalat fardhu.

Banyak hadis yang menyebutkan terkait dengan cara pelaksanaan. Bahkan, keutamaan yang dimiliki oleh shalat rawatib. Banyaknya keutamaan yang akan diterima oleh seorang muslim, maka sayang jika melewatkan shalat rawatib. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan terkait dengan shalat rawatib.

Penggolongan Shalat Sunnah Rawatib


Shalat sunnah rawatib memiliki dua penggolongan. Penggolongan tersebut didasarkan pada waktu pelaksanaan shalat tersebut. Shalat rawatib yang dilakukan sebelum seseorang menunaikan shalat fardhu, disebut dengan shalat rawatib qobliyah. Sedangkan shalat rawatib yang dilakukan seseorang setelah menunaikan shalat fardhu disebut dengan bakdiyah.

Selain itu, jumlah rakaat shalat rawatib juga bermacam-macam mulai dari 2 rakaat hingga 4 rakaat. Kemudian juga terdapat pula shalat rawatib yang sangat dianjurkan seperti muakkad, kemudian shalat sunnah rawatib yang ghairu muakkad. Berikut ini merupakan penjelasannya,

1. Shalat sunnah rawatib muakkad

Shalat sunah ini merupakan shalat yang dalam pelaksanaannya sangat dianjurkan. Sunah muakkad ada dalam 4 shalat fardhu yaitu,

  • 2 rakaat sebelum melakukan shalat subuh
  • 4 rakaat sebelum melakukan shalat dhuhur
  • 2 rakaat sesudah melakukan shalat dhuhur
  • 2 rakaat sesudah melakukan shalat magrib
  • 2 rokaat sebelum melakukan shalat isya

2. Shalat sunnah rawatib ghairu muakkad

Shalat sunnah rawatib ghairu muakkad juga mengiringi shalat fardhu berikut ini,

  • 2 rakaat sesudah melakukan shalat dzuhur
  • 2 atau 4 rokaat sebelum shalat ashar
  • 2 rakaat sebelum melakukan shalat magrib
  • 2 rokaat sebelum melakukan shalat isya

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunnah Rawatib


Bagi setiap muslim harus tahu lebih jelas terkait dengan waktu pelaksanaan shalat rawatib ini. Perlu dipahami, setelah melakukan shalat ashar dan shalat subuh tidak terdapat shalat rawatib. Hal tersebut dikarenakan kedua waktu tersebut merupakan waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat.

Pelaksanaan shalat rawatib qobliyah memiliki waktu antara masuk shalat fardhu hingga shalat fardhu. Sehingga asalkan sudah masuk waktu shalat, maka shalat ini boleh dikerjakan. Kemudian untuk shalat bakdiyah, waktunya sesudah seseorang melaksanakan shalat fardhu, sampai waktu shalat fardhu tersebut habis. Jadi, apabila seseorang ingin melakukan bakdiyah dzuhur, maka bisa melakukannya mulai dari selesai shalat dzuhur hingga masuk waktu Ashar.

Waktunya tidak bisa sembarangan. Misalkan mengerjakan shalat rawatib dzuhur sebelum masuk dzuhur, maka hal tersebut bukan dianggap sebagi shalat sunnah rawatib. Ketentuan terhadap pelaksanaan shalat rawatib harus benar-benar dipahami, karena shalat ini masuk ke dalam shalat dengan waktu tertentu yang telah ditentukan.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Sunnah Rawatib


Pelaksanaan shalat sunnah rawatib memiliki kesamaan dengan shalat fardhu. Sesuatu yang membedakan tentu saja niat pelaksanaan shalat tersebut. Shalat rawatib yang dilakukan sebelum dan sesudah shalat fardhu juga memiliki perbedaan dalam hal pelafalan.

Setiap muslim dalam melaksanakan shalat fardhu jangan sampai mengucapkan niat yang salah. Terkadang ada orang yang tertukar melafalkan niat, seperti yang seharusnya sebelum shalat fardhu, niatnya dibuat sesudah shalat fardhu. Tentu saja hal ini tidak benar. Untuk menghindari kesalahan tersebut, berikut ini merupakan niat pelaksanaan shalat rawatib.

  • Apabila shalat rawatib dilakukan sebelum melaksanakan shalat fardhu, maka niat yang dibacakan adalah sebagai berikut, (contoh untuk shalat Subuh).

“Usholli sunnatash shubhi rok’ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’aala.”Artinya:

“Saya niat shalat sunnah sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

  • Apabila shalat rawatib dilakukan sesudah melaksanakan shalat fardhu, maka niat yang dibacakan adalah sebagai berikut, (contoh untuk shalat isya)

Usholli sunnatal ‘Isya’i rok’ataini ba’diyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’aala.”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah setelah ‘isya dua rakaat, dengan menghadap kiblat, karena Allah ta’ala.”

Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib


Shalat sunnah rawatib memiliki banyak keutamaan. Keutamaan tersebut akan sangat disayangkan apabila dilewatkan. Berikut ini merupakan keutamaan yang diperoleh bagi orang yang selalu tertib menjalankan shalat rawatib.

  1. Apabila melaksanakan shalat rawatib sebelum subuh maka hal tersebut akan memberikan kebaikan. Kebaikan tersebut akan lebih besar apabila dibandingkan dengan seluruh dunia dan isinya.
  2. Melaksanakan shalat sunnah rawatib mampu memberikan tambalan atau menggenapi shalat yang fardhu yang masih kurang.

Sebenarnya keutamaan dari shalat rawatib masih banyak. Sebagai seorang muslim, tentunya pasti ingin memiliki ibadah yang sempurna. Ibadah yang sempurna menjadi salah satu syarat diterimanya amal perbuatan seorang muslim. Ibadah sunnah yang menyempurnakan ibadah wajib adalah shalat sunnah rawatib. Oleh karena itu, shalat ini selalu disebut dengan shalat yang mengiringi shalat fardhu.

Tata cara pelaksanaan shalat rawatib sama saja dengan shalat fardhu. Hal ini tentu saja lebih mempermudah para muslim untuk melaksanakannya. Melakukan amal perbuatan yang wajib adalah suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, akan lebih baik jika amalan yang wajib tersebut turut disertai dengan amalan sunnah. Hal ini akan menambah pahala seorang muslim dalam beribadah.

BACA JUGA! 

Fadhilah Shalat Dhuha yang Jarang Diketahui

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP