Uniknya Natto, Kacang Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
natto-kedelai-fermentasi
Daftar Topik

Uniknya Natto, Kacang Kedelai Fermentasi Khas Jepang – Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Karena itu, kacang kedelai banyak diolah dengan berbagai cara, salah satunya difermentasi. Di Jepang, kacang kedelai fermentasi dikenal dengan nama natto. Namun tahukah kamu soal fakta dan keunikannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Fakta Unik dan Sejarah Natto

natto-kedelai-fermentasi

Masyarakat Jepang percaya, natto sudah ada sejak  sekitar tahun 600 M. Tepatnya pada periode Asuka (538 – 710 M). Di versi lain sejarahnya, natto ditemukan sekitar tahun  1039-1106 M. Saat itu, makanan ini dijadikan persembahan oleh anak buah samurai Minamoto no Yoshiie kepada tuannya.

Natto difermentasi dengan menggunakan bakteri Bacillus subtillis. Bakteri inilah yang menjadikan teksturnya menjadi lebih licin dan aromanya jadi makin kuat. Di Jepang sendiri, makanan satu ini lazim disajikan di beberapa daerah. Seperti Kanto, Tohoku dan Hokkaido. Di ketiga daerah itu, natto sangat populer di kalangan masyarakat.

Selain disajikan di nasi hangat saat sarapan, natto juga dihidangkan dengan beragam cara. Seperti dikreasikan dengan sushi, sup miso, roti bakar, salad, spaghetti, okonomiyaki hingga es krim. Dalam menyajikan dengan nasi panas, makanan ini juga biasa dicampur dengan berbagai bahan. Seperti kecap asin, daun bawang hingga daun bawang. Uniknya, natto juga dapat disajikan dengan digoreng.

Proses Fermentasi yang Unik

pembuatan-natto

Dalam pembuatannya, kacang kedelai yang dipilih biasanya berukuran lebih kecil. Karena dapat membantu proses fermentasi mencapai ke tengah biji kedelai. Setelah dicuci, kacang kedelai dicuci lalu direndam selama 12-20 jam agar ukurannnya lebih besar.

Setelahnya dikukus di panci presto selama kurang lebih 6 jam. Kacang kedelai lalu dicampur dengan bakteri Bacillus subtillis. Kemudian campuran ini difermentasi pada suhu 40 °C hingga 24 jam. Terakhir, natto tersebut didinginkan di dalam lemari es selama seminggu untuk pembentukan serat.

Baca Juga: Makanan Khas Korea yang Paling Populer

Manfaat Natto untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-natto

Selain punya cita rasa yang khas, makanan satu ini juga punya banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Memiliki nutrisi yang beragam menjadikannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama kandungan probiotiknya yang membantu penyerapan gizi. Makanan Jepang ini juga mengandung vitamin C, B6 dan zat besi yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kekebalan imun.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan probiotiknya  juga membantu menjaga keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Sehingga dapat mencegah beberapa masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan lainnya.

3. Menjaga kesehatan tulang

Natto juga mengandung kalsium dan vitamin K2. Kedua zat ini berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan. Beberapa penelitian juga membuktikan keduanya bisa mencegah pengeroposan tulang hingga menurangi resiko patah tulang.

4. Menurunkan berat badan

Selain baik untuk pencernaan, probiotik juga berperan dalam pembakaran lemak. Hal ini membuatnya bisa menjadi pilihan makanan tambahan untuk kamu yang sedang diet. Kandungan seratnya juga akan membuatmu kenyang lebih lama.

5. Menjaga kinerja jantung

Selain kaya akan serat, vitamin K2 dan probiotik, natto juga mengandung enzim nattokinase. Semuanya berfungsi untuk mengurangi LDL atau lemak jahat pada tubuh. Sehingga dapat menurutkan resiko penyakit jantung dan stroke.

6. Mencegah kanker

Kandungan isoflavonnya dapat mencegah pertumbuhan beberapa jenis sel kanker pada tubuh. Seperti kanker hati, kanker usus, hingga kanker payudara.

Itu dia tadi fakta unik serta manfaat natto, kacang fermentasi dari Jepang versi Blog elevenia. Sudah siapkah kamu untuk mencobanya?

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP