Nama-Nama Panel Excavator yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
panel-excavator
Daftar Topik

Nama-Nama Panel Excavator – Dalam mengendalikan alat berat, tentu ada beberapa panel yang harus diketahui. Termasuk excavator atau alat pengeruk. Alat berat satu ini juga memiliki beberapa panel kontrol. Setiap panel ini memiliki fungsi uniknya masing-masing. Mulai dari lampu, mode, hingga hour meter.

Kira-kira apa saja nama bagian panel excavator? Bagaimana dengan fungsinya? Temukan jawabannya di artikel khas Blog elevenia yang satu ini.

Nama-Nama Panel Excavator

panel-excavator

Umumnya, panel excavator terdiri dari beberapa komponen. Yaitu tombol dan juga tuas. Untuk tahu lebih lanjut, simak informasi di bawah ini yuk.

1.  Saklar Lampu

Di dalam sebuah excaravator, terdapat beberap lampu yang digunakan. Mulai dari lampu internal, eksternal, maupun lampu penanda bahaya. Ini dia daftarnya:

  • Saklar lampu beacon: untuk mengakktifkan lampu beacon atau rotator. Lampu ini terletak di bagian atas kabin, biasanya berwarna kuning dan berputar-putar.
  • Saklar lampu kerja ekstra: untuk mengaktifkan lampu kerja ekstra yang terletak di bagian atas dan belakang excavator.

2. Safety Lock

Panel ini berfungsi untuk mematikan atau menghidupkan sistem kerja hidrolik excavator. Untuk menggunakannya, safety lock harus ditarik agar dapat mengalirkan fluida ke berbagam komponen hidrolik yang ada.

3. Stop Travel Warning

Panel stop travel warning berfungsi untuk mematikan alarm yang ada pada saat excavator bekerja. Selain itu, alat ini juga dapat meredam bunyi alarm yang cukup mengganggu.

4. Mute

Pada excavator, terdapat juga alat untuk mematikan atau menyalakan suara, loh. Jika panel mute dinyalakan, suara radio atau CD di alat berat ini akan otomatis mati. Begitu juga sebaliknya.

5. Lampu Kerja

Jika diperlukan, lampu kerja dapat dinyalakan untuk menerangi alat kerja. Cukup tekan tombolnya pada panel, maka lampu akan otomatis menyala.

Baca Juga: Komponen Excavator yang Perlu Diketahui

6. RPM Selector

Panel ini berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya putaran mesin. Dalam RPM Selector, terdapat beberapa bagian, yaitu I,F,G, dan H. Semakin besar RPM yang dibutuhkan maka huruf yang dipilih ialah huruf yang paling akhir.

7. Hour Meter

Ada juga panel lain yang tak kalah canggih. Panel ini berrfungsi untuk mencatat waktu penggunaan alat berat excavator. Hour meter ini akan menghitung waktu kerja secara otomatis.

8. Mode Kerja

Panel ini merupakan salah satu panel yang unik. Dalam penggunaannya, mode kerja dapat disesuaikan sesuai attachment atau tambahan yang digunakan.

9. Auto Idle

Dengan panel ini, mesin excavator dapat berputar secara otomatis selama beberapa detik. Dengan begitu, efesiensi alat berat dapat ditingkatkan dengan mudah.

10. Mode Travel

Kecepatan perjalanan excavator dapat diatur dengan menggunakan panel yang satu ini. Ada 2 kode yang terdapat di panel ini. Kode kura-kura dapat mengaktifkan mode travel lambat. Sedangkan kode kelinci dapat mempercepat mode travel.

11. Power Max

Selanjutnya ada panel power max yang merupakan terusan dari fungsi panel RPM selector. Panel ini dapat menaikkan kecepatan putaran mesin ke maksimal selama 5 detik untuk menambah kecepatan mesin.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP