Museum yang Ada di Bandung untuk Edukasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Museum-yang-Ada-di-Bandung-1[1]
Daftar Topik

Selain memiliki suhu yang dingin, Bandung juga termasuk kota yang cantik karena memiliki berbagai tempat rekreasi. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memilih berlibur ke Bandung. Dari sekian banyak tempat rekreasi yang ada di Bandung, museum menjadi salah satu tempat yang cocok untuk berlibur anak. Selain untuk berlibur, museum juga bisa memberikan kita pengetahuan baru. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai pentingnya berkunjung ke museum serta apa saja museum yang ada di Bandung untuk edukasi. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Pentingnya Berkunjung ke Museum Edukasi


Selain untuk berlibur, mengunjungi museum juga memiliki banyak manfaatnya. Terutama bagi anak-anak. Adapun manfaat yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke museum yaitu bisa menambah pengetahuan dan informasi.  Dengan berkunjung ke museum, banyak hal baru yang bisa Anda dapatkan baik itu sejarah dan lain sebagainya. Selain itu, manfaat berkunjung ke museum bagi anak yaitu sebagai referensi visual.

Seperti halnya ketika yang dipelajari anak ketika di sekolah mengenai seni rupa berbagai bentuk patung atau lukisan. Nah, ketika berkunjung ke museum ini, anak bisa langsung mengetahui bentuk asli dari apa yang telah dipelajari. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan anak ketika berkunjung ke museum. maka dari itu, hal ini sangat penting untuk Anda jadwalkan  bersama anak.

Wisata Edukasi Anak di Museum Bandung


Museum yang ada di Bandung memang sangat penting untuk edukasi anak. Karena dengan berkunjung ke museum, banyak pengetahuan baru yang bisa diterima anak. Apalagi di dalam museum terdapat berbagai barang-barang antik dan unik, sehingga memancing anak untuk meningkatkan keingintahuan.

Ada berbagai jenis museum yang terdapat di Bandung, mulai dari museum seni yang berisi patung dan lukisan, museum arkeologi yang berisi artefak, museum biografi yang berisi cerita kehidupan seseorang serta museum anak. Selain itu, masih ada beberapa jenis museum seperti museum universal, museum sejarah, museum maritim, museum militer dan lain sebagainya.

Museum Edukasi Bandung yang Patut Dikunjungi


  • Museum Barli

Sesuai dengan namanya, museum Barli ini didedikasikan untuk seorang pelukis asal Bandung yang bernama Barli Sasmita. Karena di museum ini terdapat berbagai lukisan dari Barli. Mulai dari lukisan dengan aliran realisme, impresionisme, hingga aliran ekspresionisme. Lebih tepatnya, di museum ini terdapat berbagai lukisan Barli dari awal hingga akhir. Lokasi museum ini mulai ada pada 18 Maret 1921 di Bandung.

  • Museum Pos Indonesia

Selanjutnya, museum yang patut untuk kamu kunjungi yaitu Museum Pos Indonesia. Museum ini dibuka pada tahun 1931 dengan koleksi perangko yang berasal dari dalam dan luar negeri. Semenjak terjadinya a perang dunia ke II museum ini tidak terawat. Namun, pada tahun 1983 museum ini kembali mengalami pembaharuan dengan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah pos dari masa ke masa.

  • Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional merupakan museum yang ada di Bandung patut untuk kamu kunjungi. Museum ini berada di Jalan Dr Setiabudi No 229, Bandung, Jawa Barat atau lebih tepatnya berada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Koleksi-koleksi yang ada di museum ini tidak hanya seputar informasi tentang sejarah pendidikan. Namun, museum ini juga memberikan beberapa penerawangan mengenai wacana pendidikan di masa depan. Salah satu keunikan dari museum ini yaitu arsitektur bangunannya yang terdapat ukiran batik di bagian luarnya.

  • Museum Sri Baduga

Selanjutnya museum yang patut untuk kamu kunjungi yaitu Museum Sri Baduga. Yang mana pada museum ini terdapat banyak sejarah kebudayaan masyarakat pada zaman dahulu yang berasal dari suku Sunda di Jawa Barat. Selain itu, di museum ini juga terdapat berbagai peninggalan jejak-jejak kerajaan Padjadjaran. Uniknya lagi, bangunan gedung museum ini hampir sama dengan rumah adat dari Jawa Barat.

Pada awalnya, Museum Sri Baduga ini dibangun pada tahun 1974. Namun, pada 1980 museum ini baru diresmikan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Meski museum ini sudah beberapa kali mengalami proses renovasi, namun bangunan museum ini tidak pernah berubah tetap berupa rumah adat Jawa Barat. Lebih tepatnya museum ini berada di Jalan Lingkar Selatan, Bandung, Jawa Barat.

Itulah ulasan lengkap mengenai museum yang ada di Bandung cocok untuk edukasi anak. Daripada kamu bingung mencari tempat liburan bersama anak, museum bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain untuk refreshing, anak juga bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi baru. Semoga bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP