Pengertian dari Teori Motif Memegang Uang

0
5820 Uangg

Pengertian dan Motif Teori Memegang Uang – Bagi Anda yang baru mendengar istilah dari memegang uang, maka perlu dipahami bahwa memegang uang merupakan suatu teori dan motif. Setiap orang pastinya selalu memegang uang. Terdapat banyak tujuan yang digunakan oleh orang tersebut saat sedang memegang uang. Bahkan terdapat suatu teori dan motif yang terkenal dan dikenalkan oleh Keynes. Yaitu motif seseorang dalam memegang uang. Berikut beberapa motif memegang uang.

Terdapatnya Suatu Motif Transaksi


5820 Transaksi UangSemua orang mengerti bahwa uang memiliki tujuan tertentu. Begitu pula setiap orang yang selalu memegang uang. Orang yang memegang uang pasti digunakan sebagai alat tukar yang akan ditukar dengan kebutuhan yang diinginkan atau hal yang diinginkan. Hal tersebut memang telah menjadi fungsi dari uang itu sendiri. motif memegang uang sendiri sangat dekat dengan adanya transaksi pada suatu keadaan dan lokasi tertentu.

Kemudian setiap orang memiliki perbedaan tingkat transaksi. Setiap orang akan melakukan transaksi yang berbeda dengan dipengaruhi oleh pendapatannya. Apabila terdapat seseorang yang memiliki pendapatan rendah, maka sudah pasti permintaan terhadap segala jenis barang dan juga jasa akan menjadi rendah.

Hal tersebut sangat berbeda dengan orang yang memiliki tingkat pendapatan tinggi. Maka orang tersebut akan memiliki permintaan yang lebih besar terhadap barang dan jasa. Karena memiliki banyak uang yang bisa digunakan untuk bertransaksi.

Terdapatnya Suatu Motif Berjaga-Jaga


5820 MenabungSetiap orang pasti memiliki suatu perencanaan tertentu untuk masa depan dan masa mendatang. Banyak perencanaan yang membutuhkan uang sebagai salah satu cara untuk mewujudkannya. Dengan demikian memegang uang dapat diungkapkan sebagai motif seseorang untuk berjaga-jaga. Meskipun demikian, kembali lagi bahwa motif ini juga turut dipengaruhi oleh pendapatan yang diterima oleh setiap orang.

Apabila terdapat orang yang memiliki pendapatan rendah, sudah pasti ekspektasi terkait masa depan akan berada pada tingkat yang normal. Karena merasa bahwa memegang uang pada masa mendatang bisa tergolong pada kategori sulit. Berbeda dengan seseorang yang memiliki tingkat pendapatan tinggi. Orang tersebut akan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap masa depan.

Memiliki perencanaan yang tinggi hingga menyediakan berbagai tahapan yang nantinya akan mempermudah ia dalam menuju masa depan. Hal tersebut memerlukan yang namanya uang. Pada intinya, setiap masyarakat pasti memiliki kebutuhan yang terpengaruhi oleh banyaknya pendapatan mereka. Pendapatan yang tinggi mampu merubah gaya hidup masyarakat.

Pada mulanya mereka hanya akan hidup secara sederhana, namun saat diketahui, memiliki pendapatan tinggi maka dengan sendirinya pandangan mereka terhadap kehidupan akan menjadi berubah. Hal tersebut juga sama seperti berubahnya tingkat penawaran yang dilakukan mereka terhadap jumlah atau jenis barang dan jasa tertentu.

Terdapatnya Suatu Motif Spekulatif


5820 UangSebenarnya banyak orang yang memiliki spekulatif tersendiri terhadap uang. Hal tersebut seperti menunjukkan bahwa orang yang memiliki uang banyak identik dengan orang yang memiliki kedudukan tinggi. Sebenarnya hal tersebut hanya berupa spekulatif untuk sebagian orang saja. Oleh karena itu, salah satu yang menjadi motif memegang orang oleh seseorang adalah agar dilihat sebagai orang yang memiliki kedudukan tinggi.

Hal ini selalu terjadi pada setiap negara dan juga pada setiap suku bangsa. Uang menjadi segalanya untuk melakukan proses penawaran mendapatkan barang yang diinginkan hingga jasa serta fasilitas yang berbeda dari orang pada umumnya. Dalam pemaparan motif tersebut dapat diketahui bahwa sebenarnya yang menjadi alasan seseorang dalam memegang uang adalah adanya suatu spekulasi yang telah berlaku hampir diseluruh dunia.

Uang nyatanya memiliki fungsi yang lebih sebagai alat tukar. Uang menjadi kebutuhan pokok untuk dibanggakan. Memegang uang merasa bahwa memiliki kekayaan yang hakiki sehingga merasa memiliki kedudukan yang berada pada tingkat berbeda. Hal tersebut tentu saja membuat setiap orang selalu berupaya untuk memegang uang. Ingin merasa disegani karena uang dan masih banyak lagi.

Terdapatnya Suatu Keuntungan


5820 UanggUang dapat digunakan sebagai bahan tukar dan juga alat pembelian. Tentu saja uang juga bisa digunakan untuk melakukan investasi. Investasi digunakan agar orang tersebut mendapatkan surat berharga. Karena nilai uang dan surat berharga nyatanya mengalami perbedaan. Setiap surat berharga bergantung pada tingkat kenaikan dari suku bunga.

Motif memegang uang sebenarnya banyak sekali. Karena tentu saja tanpa terdapat motif tersebut, orang tidak akan peduli akan uang dan tidak akan berlomba-lomba untuk memegang uang dalam jumlah nominal tertentu. Seperti uang yang memiliki motif sebagai alat tukar, tanpa uang maka orang akan merasakan hambatan dalam dirinya karena merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kemudian terdapat pula yang dinamakan dengan motif spekulasi. Motif spekulasi menjadi sangat penting bagi orang yang terbiasa memegang uang. Menginginkan suatu kedudukan yang tinggi di masyarakat dengan perantara uang yang dipegangnya. Berbagai motif memegang uang memang terjadi di hampir seluruh dunia.

BACA JUGA!

Sejarah Uang Kertas di Peradaban Manusia