15 Model Atap Rumah, Millenials Wajib Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
atap-sandar
Daftar Topik

Model Atap Rumah – Sebagai komponen pelindung rumah, atap memiliki peran penting. Khususnya bagi penghuni rumah. Atap dapat melindungi kita dari beberapa hal yang tidak diinginkan. Namun siapa sangka, atap terdiri dari beragam jenis. Kali ini akan dibahas tentang jenis atap rumah yang wajib diketahui. Berikut ulasan singkatnya. 

1. Atap Bonnet

atap-bonnet

Atap ini memiliki karakter yang unik. Selain bertingkat, bagian bawahnya yang menjorok ke luar membuatnya cukup mudah untuk dikenali. Bentuk yang unik ini ternyata dapat membantu dalam menghindari tampias hujan masuk ke dalam rumah.

Model atap ini banyak diadaptasi oleh beberapa rumah tradisional Indonesia. Salah satunya adalah rumah Joglo yang populer di Pulau Jawa. 

2. Atap Mansard

atap-mansard

Atap model ini punya ciri khas jendela tambahan yang tampil di bagian depannya. Bentuknya yang curam sangat cocok untuk dipakai di negara yang memiliki 4 musim. 

3. Atap Limas

atap-limas

Memiliki dua bidang segitiga yang bertemu pada satu titik. Begitu juga dengan dua bidang lainnya yang berbentuk trapesium yang menyatu di bagian atas. 

4. Atap Datar Kayu

atap-datar-kayu

Atap model ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menciptakan kesan natural dan minimalis pada rumah. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan jenis kayu yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Mengingat kayu juga merupakan salah satu elemen alamai yang penting dalam membangun rumah. 

5. Atap Lengkung

atap-lengkung

Bagi kamu yang kreatif dan berimpian memiliki rumah dengan desain unik, model atap ini bisa jadi pilihan. Bentuknya yang melengkung dari ujung ke ujung akan membuat rumah terlihat tidak biasa dan punya karakter tersendiri.

6. Atap Model Miring Kupu-Kupu

atap-miring-kupu-kupu

Bentuk atap model ini mirip dengan atap sandar. Hal yang membedakannya ialah, kedua sisi sampingnya memiliki ukuran yang lebih tinggi ketimbang bagian tengah. Sehingga dari bagian depan terlihat seperti sayap kupu-kupu yang mengembang. 

7. Atap Sandar

atap-sandar

Dari bentuknya, atap ini juga tak kalah unik. Bagian ujung atap yang menempel pada tembok vertikal menjadikannya terlihat miring namun unik dan berkarakter. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat rumah dengan desain kontemporer. Selain itu, untuk mengekspresikan diri, kamu juga dapat dengan bebas menentukan tingkat kemiringan atap ini sesuai selera. 

8. Atap Datar Natural

atap-natural

Sesuai namanya, atap model ini merupakan atap datar hasil kombinasi beberapa elemen natural. Seperti batu dan kayu. Sehingga kesan yang diciptakan akan membuat rumahmu terkesan lebih menyatu dengan alam.

Kamu juga dapat menyesuaikan palet warna rumah dengan beragam warna natural. Agar secara keseluruhan terlihat makin senada dengan atap model ini.  

Baca Juga: 7 Cara Design Rumah agar Nyaman

9. Atap Gambrel

atap-gambrel

Sama seperti model atap dutch gable, atap ini juga berasal dari Belanda. Sehingga mudah juga ditemui pada bangunan tua. Namun pada atap ini, yang menjadi ciri khasnya ialah adanya dua sudut dengan bentuk berbeda. Yaitu sudut kemiringannya yang  tajam dan sudutnya yang landai. 

10. Atap Tenda

atap-tenda

Sekilas, tampilan atap ini sangat menyerupai atap limas. Namun atap ini memiliki 4 bidang yang sama panjang yang bertemu pada satu titik di bagian atas. Hal itu membuat atap ini sangat cocok dipakai untuk rumah ukuran sedang dengan bentuk persegi. 

11. Atap Kubah

atap-kubah

Salah satu jenis atap yang lazim ditemui di berbagai tempat ibadah. Sehingga membuatnya menjadi cukup unik dan sangat mudah untuk dikenali. Atap ini memiliki lengkungan pada setiap sisinya.

Dari depan, bentuk atap ini menyerupai bidang setengah lingkaran. Namun di beberapa bentuk modifikasi atap ini, tidak semua sisinya memiliki lengkungan. 

12. Atap Datar Modern

atap-datar-modern

Merupakan salah satu model atap kekinian yang banyak diminati oleh kaum milenial. Bentuknya yang minimalis memberikan kesan menarik dan trendi pada hunian. 

13. Atap Pelana

atap-pelana

Terdiri dari dua sisi miring dan dua sisi lain sebagai dinding segitiga penyangga membuatnya mirip dengan bentuk pelana kuda. Umumnya, tingkat kemiringan atap ini ialah 30 derajat. Kemiringan tersebut dapat menciptakan sebuah ruangan kecil pada plafon rumah. Sehingga penghuninya dapat mendapat ruag tambahan tanpa harus membangun ruangan baru. 

14. Atap Gergaji

atap-gergaji

Model atap ini juga memiliki karakter yang tak kalah unik. Bagian atasnya yang zig-zag akan mengingatkanmu pada bentuk ujung pisau gergaji. Tak heran jika desain yang unik dari model atap ini membuatnya cukup banyak digunakan. Khususnya pada bagunan pabrik maupun gudang penyimpanan barang. 

15. Atap Dutch Gable

atap-dutch-gable

Terkenal sebagai salah satu model atap yang legendaris. Model atap ini banyak digunakan di Negeri Kincir Angin, Belanda. Di Indonesia sendiri, jenis atap ini masih dijumpai di berbagai bangunan lama dengan arsitektur gaya Belanda. Bentuknya yang unik merupakan gabungan dari atap perisai dan atap pelana. 

Itu dia tadi informasi mengenai model atap versi Blog elevenia. Dalam memilih model atap, pastikan untuk menyesuaikannya dengan seleramu dan budget yang kamu punya. Semoga bermanfaat. 

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP