Uniknya Metode Parenting Montessori

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
penerapan-montessori
Daftar Topik

Metode Parenting Montessori – Belakangan┬ámedia sosial banyak diwarnai dengan metode parenting baru, yaitu Montessori. Kehadiran metode parenting iniseperti angin segar bagi orangtua Indonesia, khususnya mereka yang kaum milennial. Pasalnya, metode ini dapat menciptakan anak yang lebih mandiri, percaya diri, disiplin dan santun. Kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan untuk jadi orangtua Montessori? Berikut penjelasan singkatnya versi Blog elevenia.

Apa itu Metode Montessori?

metode-montessori

Montessori merupakan salah satu metode pendidikan yang bertujuan untuk membantu anak mencapai potensinya. Metode ini ditemukan oleh wanita bergelar diploma pertama di Italia, Dr. Maria Montessori. Konon, metode ini telah digunakan sejak awal tahun 1900. Dalam metode ini, kemandirian dan keatifan anak dengan konsep belajar langsung menjadi fokus utama.

Di era modern ini, sudah banyak orangtua yang sadar akan pentingnya pengembangan potensi anak. Terutama dalam hal kemandirian anak. Hal ini lah yang membuat metode Montessori mulai diadopsi sebagai salah satu metode parenting. Di Indonesia, sudah mulai banyak didirikan sekolah berbasis Montessori untuk anak maupun orangtua.

Manfaat Metode Montessori

metode-montessori

Selain unik, metode parenting Montessori juga punya banyak manfaat untuk si kecil. Diantaranya:

Anak menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab

Dengan metode ini, anak dapat dengan mudah mengakses berbagai alat yang dapat memenuhi kebutuhannya. Anak dapat dengan mudah untuk belajar lebih disiplin dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri.

Anak cenderung tidak mudah stress

Beberapa penelitian menjukkan, anak yang diasuh dengan metode parenting Montessori lebih tenang. Hal ini terjadi karena mereka dapat belajar memenuhi kebutuhannya sendiri di rumah.

Anak bisa membangun keahliannya sejak awal

Dengan kebebasan untuk memilih apa yang disukai, anak jadi konsisten untuk mempelajari hal tersebut. Sehingga seiring dengan pertumbuhannya anak mungkin akan lebih mudah untuk mengetahui minat dan bakatnya.

Menjadikan anak lebih percaya diri sejak dini

Karena sudah bisa melakukan berbagai hal secara independen, anak akan merasa percaya diri. Hal ini akan membuatnya merasa mampu untuk melakukan dan mempelajari berbagai hal di sekitarnya.

Baca Juga: 7 Games Perawatan Bayi Terpopuler Untuk Android 2021

Menerapkan Metode Montessori di Rumah

penerapam-montessori

Dalam menerapkannya di rumah, perlu persiapan khusus untuk mempersiapkannya. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan, parents:

Orangtua yang terencana

Penerapan Montessori sebaiknya dimulai dengan mempersiapkan diri sebagai orangtua. Kamu bisa mencoba untuk membiarkan anak untuk memilih apa yang disukai. Mulai dari mainan kesukaan, apa yang ingin dia pelajari sampai baju yang ingin dipakai.

Selain itu, sebaiknya orangtua mempersiapkan diri untuk tidak membantu anak terlalu sering dalam memenuhi kebutuhannya. Biarkan anak mengeksplor lebih jauh. Kamu juga bisa membiarkan anak saat ingin membantu pekerjaan rumah. Dalam memberi tantangan sebaiknya orangtua juga menyesuaikannya dengan kemampuan anak.

Lingkungan yang terencana

Lingkungan merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan karakter individu. Maka dalam menerapkan metode parenting Montessori, kita juga harus menyesuaikan lingkungan sekitar anak. Agar lebih mandiri, kita bisa memulai dengan mempersiapkan peralatan yang sesuai dengan ukurannya. Mulai dari meja makan, alat makan, rak piring hingga sapu.

Selain itu, tempat penyimpanan mainan sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau anak. Agar setelah bermain, anak dapat dengan mudah merapikan mainannya sendiri. Jenis mainan juga bisa disesuaikan jenisnya agar lebih beragam. Hal ini membuat anak tidak cepat bosan dengan mainan yang dimiliki.

Itu dia tadi informasi tentang metode parenting Montessori. Sudah siap untuk mencoba?

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP