Metode dan Cara Mencari Median Paling Mudah (Yang Dimaksud Adalah Nilai Median)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bagi yang pernah bersekolah tingkat menengah pertama tentu sudah mengenal istilah nilai median sebelumnya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, pelajaran tersebut mungkin sudah samar-samar di ingatan. Agar dapat mengingat kembali cara untuk bisa memperoleh nilai median. Berikut ini merupakan ulasan yang membahas tentang rumus secara menyeluruh untuk dapat mencari nilai median.

Pengertian Median


Sebelum mengetahui cara perhitungan mencari median maka harus diketahui terlebih dahulu pengertiannya untuk dapat memahami lebih mudah. Adapun pengertian dari median sendiri adalah suatu nilai yang memiliki letak di bagian tengah-tengah dalam sekumpulan data.

Data tersebut merupakan data yang telah diurutkan mulai dari yang paling kecil hingga paling besar. Dengan kata lain, median merupakan angka yang membagi suatu kumpulan data menjadi dua bagian sama banyak. Agar dapat menulisnya dengan ringkas, nilai ini biasa disimbolkan dengan huruf m.

Selain itu juga terdapat simbol n yang menunjukkan banyaknya jumlah data terkait. Perlu juga diketahui sebelumnya bahwa suatu data dapat memiliki jumlah ganjil dan genap. Apabila data memiliki jumlah ganjil maka nilai mediannya merupakan nilai tengah yang pas diantara data yang diurutkan.

Akan tetapi, jika data mempunyai jumlah genap maka nilai median harus dihitung antara dua jumlah dari pertengahan data. Hasil dari perhitungan tersebut biasa dikenal dengan istilah mean yang merupakan median dari data genap.

Cara Menghitung Median Data Tunggal


Pada suatu data tunggal, terdapat dua cara yang didasarkan pada jumlah datanya. Kedua cara tersebut yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

1.Cara Menghitung Median Jumlah Ganjil

Agar dapat memahaminya dengan mudah maka penjelasan dari cara menghitung median akan dilakukan menggunakan permisalan. Dalam hal ini, dimisalkan terdapat lima orang anak yang memiliki kelereng. Masing-masing jumlah dari kelereng anak-anak tersebut yaitu terdiri dari 5, 6, 7, 3, dan 2.

Karena jumlah dari anak dalam hal ini merupakan nilai ganjil maka menentukan median dapat dilakukan dengan sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengurutkan data tersebut. Hasil urutan berdasarkan data tersebut adalah 2, 3, 5, 6, dan 7 dan langsung dapat ditentukan nilai mediannya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa median merupakan nilai tengah dari data yang sudah diurutkan. Dari data yang sudah diurutkan, nilai tengah merupakan data dengan urutan nomor tiga karena jumlah keseluruhan data sebanyak lima. Dari kesimpulan tersebut maka nilai median dari soal permisalan ini adalah 5 sesuai dengan data yang ada.

2. Cara Menghitung Median Jumlah Genap

Cara selanjutnya adalah menghitung nilai median dari data dengan jumlah genap yang juga dilakukan dengan permisalan. Dalam hal ini, dimisalkan saja terdapat sepuluh orang siswa yang diukur tinggi badannya. Hasil pengukuran setiap siswa ditunjukkan pada data yaitu terdiri dari 172, 167, 180, 171, 169, 160, 175, 173, 170, dan 165.

Berbeda dari contoh sebelumnya, dimana dalam hal ini jumlah data menunjukkan angka genap yaitu 10 data. Berdasarkan hal tersebut, maka tidak ada nilai tengah dari jumlah data karena jika diambil pertengahannya. Maka akan dihasilkan jumlah data yang sama antara sisi kiri dengan sisi kanannya.

Langkah pertama untuk menentukan nilai median dalam hal ini adalah sama seperti sebelumnya yaitu mengurutkan data dari yang terkecil menuju nilai paling besar. Dari data yang ditunjukkan maka pengurutan datanya menjadi 160, 165, 167, 169, 170, 171, 172, 173, 175, dan 180.

Berdasarkan urutan data tersebut, diketahui nilai pertengahan dari jumlah data terdiri dari dua angka yaitu 170 dan 171. Dalam hal ini, nilai median harus dilakukan dengan perhitungan dari mean, yaitu nilai rata-rata dari kedua angka pertengahan tersebut.

Jika dihitung nilai rata-rata dengan menjumlahkan 170 dan 171, kemudian hasilnya dibagi dengan 2. Maka akan diketahui nilai mean atau median data genapnya yaitu sebesar 170,5.

Cara Menghitung Median Data Berkelompok


Selain data tunggal, median juga dapat dicari melalui data berkelompok yaitu merupakan data yang berbentuk kelas interval. Dalam hal ini, penentuan dari nilai median akan lebih rumit karena tidak dapat langsung mengetahui nilai median disebabkan adanya interval data.

Oleh karena itu, penentuan nilai median dari data berkelompok harus dilakukan dengan adanya rumus khusus. Rumus dari median data berkelompok tersebut yaitu seperti berikut ini.

Me = xii + (n/2 – fkii/fi) p

Adapun keterangan dari rumus tersebut yaitu terdiri dari sebagai berikut ini:

Me = median

Xii = batas median bawah

n = jumlah data keseluruhan

fkii = frekuensi kumulatif data di bawah kelas median

fi = frekuensi data pada kelas median

p = panjang interval kelas Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengetahui nilai median dari suatu data. Melalui cara-cara diatas maka nilai median dari data yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu akan dapat diketahui dengan mudah. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! BEGINI CARA MENGHITUNG DISKON YANG BENAR

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA