Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Merubah Huruf Besar ke Kecil Excel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
merubah huruf besar ke kecil excel
Daftar Topik

Merubah Huruf Besar ke Kecil Excel — Salah satu program Microsoft Office yang sering kali digunakan dan bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari, selain Microsoft Word adalah Microsoft Excel. Kamu pasti pernah mendengar program ini, apalagi program ini sering dipakai dalam pekerjaan dan perkantoran. Namun, masih ada banyak orang yang tak mengetahui fitur-fitur dalam Microsoft Excel. 

Fitur yang ada dalam program ini lebih rumit dari fitur yang dimiliki Microsoft Word. Namun seluruh fitur dalam Microsoft Excel tentu saja akan membantu mempermudah pekerjaan kita. Itulah sebabnya program ini menjadi program andalan para pekerja. Tak jarang orang-orang harus belajar menggunakan Microsoft Excel, bahkan beberapa pekerjaan mencantumkan penguasaan Microsoft Excel sebagai salah satu syaratnya. Itulah mengapa kamu harus mulai belajar fitur-fitur di Microsoft Excel sejak dini.

Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengubah huruf besar ke kecil di Microsoft Excel. Untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil, kamu perlu memasukkan rumus fungsi ke dalam cell. Waduh, apa itu? Nah, sebelum jauh membahas bagaimana cara mengubah huruf besar ke kecil di Microsoft Excel, mari kita simak istilah-istilah yang perlu kamu ketahui dalam program ini terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasannya.

Istilah-istilah dalam Microsoft Excel

  • Cell

    Cell atau dalam bahasa Indonesia disebut sel merupakan salah satu bagian dalam program Microsoft Excel yang terkecil di worksheet serta dapat diisi dengan karakter. Kamu dapat menambahkan karakter maksimal sebanyak 255 karakter. Kamu bisa mengisi sel dengan berbagai bentuk, seperti teks, value atau nilai, dan rumus formula. Adapun contoh dari sel adalah cell A3, cell D5, dan sebagainya. 

  • Worksheet

    Worksheet atau dalam bahasa Indonesia disebut lembar kerja adalah halaman yang berisi kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris dan dapat kamu atur sesuai dengan kebutuhan.

  • Workbook

    Dalam bahasa Indonesia, workbook disebut sebagai buku kerja. Jika worksheet berbentuk satu lembar kerja, workbook terdiri atas beberapa lembar kerja. Workbook dapat diisi hingga 256 worksheet yang dinamakan dengan sheet 1 hingga sheet 256.

  • Range

    Range adalah sekelompok sel yang mendapatkan aksi sama. Jika kamu menuliskan suatu formula dalam sel tertentu, kamu juga bisa menerapkan formula tersebut pada sel lain yang kamu inginkan. Itulah yang disebut dengan range. Contoh range, yaitu: A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6.

  • Alamat Relatif

    Alamat relatif adalah alamat yang kalau dituliskan ke dalam bentuk rumus atau fungsi, kemudian disalin ke sel yang lain, maka alamat tersebut akan berubah. Berikut adalah contohnya: cell berisi formula A5*6 ,B3 disalin ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6.

  • Alamat Semi Absolut

    Alamat semi absolut adalah alamat yang ditulis di depan baris atau kolom dengan simbol $. Nilai yang ada setelah simbol tersebut tidak akan berubah. Berikut adalah contohnya: Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 disalin ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7.

  • Alamat Absolut

    Alamat Absolut adalah alamat yang ditulis di depan baris atau kolom dengan simbol $, kemudian tekan F4 agar alamat absolut muncul dalam formula bar. Berikut adalah contohnya: cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 disalin ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5.

  • Name Box

    Name Box yang muncul berfungsi untuk menunjukkan range atau sel yang aktif pada saat itu. Kalau kamu mau, kamu juga bisa membuat nama range lewat kotak nama yang tersedia di sebelah kiri formula bar. Berikut adalah contoh dari name box yang diubah: Holla nama lain range A5:G7.

Setelah memahami istilah-istilah dasar dalam Microsoft Excel, sekarang waktunya untuk mengetahui langkah-langkah mengubah huruf besar menjadi huruf kecil. Yuk, simak caranya di bawah ini!

Cara Mudah Mengubah Huruf Besar ke Kecil di Excel

Untuk mengubah kapitalisasi huruf, Excel telah menyediakan 3 fungsi, yaitu LOWER, UPPER, dan PROPER. Lalu, apa perbedaan ketiganya?

Fungsi LOWER memungkinkan kita untuk mengganti semua huruf menjadi kecil. Fungsi UPPER memungkinkan kita untuk mengganti semua huruf menjadi besar. Sedangkan fungsi PROPER memungkinkan kita untuk mengganti huruf pada awal setiap kata menjadi besar.

Untuk mengganti huruf besar ke kecil, kita akan mencoba dengan dua fungsi, yaitu LOWER dan PROPER.

  1. Bukalah Microsoft Excel dan dokumen yang ingin kamu ganti hurufnya. Di sini, anggap saja kita sudah memiliki daftar nama yang tercantum dalam sel A2 sampai A8.
  2. Kemudian pada sel B2, ketik =LOWER(A2), lalu tekan tombol ENTER.
    1. merubah huruf besar ke kecil excel langkah 2
  3. Fungsi LOWER yang sebelumnya diketik dalam sel B2 mengubah tulisan ANDI SUKMARA pada sel A2 menjadi andi sukmara dengan huruf kecil semua.
  4. Terakhir, copy paste fungsi tersebut ke sel yang ada di bawahnya untuk mengubah semua nama menjadi huruf kecil semua.
  5. Cara yang sama juga bisa dilakukan dengan fungsi PROPER. Pilih sel untuk mencantumkan fungsi, contohnya di sel C2.
    3. Langkah 6
  6. Kemudian ketik =PROPER(A2) dan tekan ENTER.
    4. langkah 7
  7. Terakhir adalah langkah yang sama seperti sebelumnya, copy paste fungsi tersebut ke sel yang ada di bawahnya untuk mengubah semua nama menjadi nama dengan huruf kapital pada awal setiap kata.
    merubah huruf besar ke kecil excel

 

Itulah cara merubah huruf besar ke kecil excel. Cukup mudah bukan? Masih ada banyak fungsi yang bisa kamu pelajari untuk menguasai Microsoft Excel. Selamat mencoba dan nantikan tutorial Excel lainnya!

Baca juga:

Cara Copy Paste Rumus Excel Tidak Berubah

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP