Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word dengan Cepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
27720 EXCELWORD OFFICE ITPro Today
Daftar Topik

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word – Teknologi semakin lama semakin berkembang dan selalu mengalami pembaharuan. Pembaharuan dibuat agar teknologi yang dikeluarkan sebelumnya mengalami penyempurnaan. Seperti pada MS Word. Hingga saat ini telah terdapat MS Word yang memiliki banyak perbedaan dengan versi sebelumnya. Bahkan yang paling mudah adalah pada proses pengetikan yaitu cara menambah ukuran kertas di Word. 

Banyak yang  kebingungan pada saat mengaplikasikan program di MS Word di Windows 10. Kali ini Blog elevenia akan memberikan ulasan tentang cara mengubah ukuran kertas pada Microsoft Word. 

Cara Mudah Mengubah Ukuran Kertas di MS Word

mengubah-ukuran-kertas-di-word
Source: Maldhivian

Pada saat membuka Microsoft Word dan ingin menambah ukuran marginnya maka bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini.

  1. Untuk memunculkan perintah yang bertujuan mengubah dan menambah ukuran kertas, kamu dapat menekan tombol CTRL+P pada keyboard. Kemudian akan muncul suatu kotak dialog. Pilih tombol properties. Saat muncul kotak dialog kembali, maka kamu bisa melakukan klik pada Main.
  2. Selanjutnya akan masuk ke halaman pengaturan ukuran margin. Pilih menu Size dilanjutkan dengan memilih menu User Defined. Pada saat itu, akan muncul suatu kotak dialog lagi yang berguna untuk pengaturan ukuran kertas yaitu User Defined Paper Size.
  3. Kemudian akan terdapat perintah untuk memasukkan nama sheet-mu.
  4. Kemudian bisa memilih ukuran kertas yang diinginkan. Mulai dari lebar hingga panjang kertas. Selanjutnya apabila ukuran kertas yang dipilih telah sesuai, maka Anda bisa melakukan simpan dengan mengklik Save.
  5. Pada saat Anda membuat ukuran kertas tertentu sebelumnya, maka akan terletaka atau tercantum dalam suatu kotak dialog paper size. Pada saat itu, Anda bisa melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Apakah ukuran yang dimasukkan sudah tepat, jika belum maka segera lakukan pembenahan. Apabila sudah tepat, maka bisa langsung mengklik OK. Maka kotak dialog akan tertutup.
  6. Maka ukuran kertas yang ingin ditambahkan telah terbetuk.

Dalam hal ini yang harus dipahami adalah besaran ukuran kertas yang ingin ditambahkan. Pada saat selesai menambahkan ukuran kertas, umumnya akan muncul suatu review pada kertas tersebut. Dengan demikian, kamu bisa melihat apakah peletakan tulisan sudah cocok dengan ukuran kertas yang digunakan.

Bonus: Mengubah Ukuran Kertas di Excel

mengubah-ukuran-kertas-di-excel
Source: Excel Tip

Untuk mengubah ukuran kertas pada Excel, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

 

  1. Buka dokumen yang ingin kamu ubah ukuran kertasnya.
  2. Kemudian pada bagian Toolbar akan terdapat bar Page Layout. Menu tersebut lah yang digunakan untuk mengubah ukuran kertas sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya akan muncul kotak dialog. Pada saat itu, Kamu bisa melakukan klik pada Size dan merubah ukuran kertas yang diinginkan.
  3. Apabila ukuran kertas yang diinginkan tersedia, maka kamu bisa langsung memilih ukuran kertas yang diinginkan. Tetapi jika ukuran kertas yang diinginkan tidak tersedia, maka kamu bisa memilih More Paper Size.
  4. Selanjutnya jika tampilan menu telah terbuka, maka bisa memilih options untuk melakukan pengubahan ukuran kertas.
  5. Selanjutnya akan muncul suatu halaman baru yang didalamnya terdapat berbagai komponen yang digunakan untuk mengubah ukuran kertas sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari kualitas hingga besar yang diinginkan.
  6. Karena yang akan diubah adalah ukuran dari dokumen, maka kamu bisa memilih pada document size. Kemudian akan muncul berbagai ukuran yang diinginkan. Namun menu yang dipilih adalah User-Defined.
  7. Selanjutnya kamu akan dibawa kepada tampilan yang digunakan untuk mengubah ukuran kertas. Mulai dari lebar dan tinggi kertas. Kemudian kamu bisa langsung memasukkan ukuran yang diinginkan. Namun, yang perlu diketahui adalah pada proses pengubahan satuan yang digunakan adalah dalam bentuk milimeter. Jadi, jangan menggunakan cm dan sebagainya.
  8. Setelah ukuran kertas yang diinginkan telah tercantum, maka bisa melakukan simpan terlebih dahulu dengan memilih Save. Selanjutnya untuk menutup kotak dialog tersebut kamu bisa memilih OK.

Pada hakikatnya mengubah atau cara menambah ukuran kertas di Word dan Excel tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup melakukan beberapa tahapan yang telah disebutkan di atas, kamu dapat menyesuaikan ukuran kertas sesuai dengan keinginan, mulai dari panjang hingga lebar yang dimiliki dan masih banyak lagi.

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP