Mengobati Jerawat di Punggung dengan Ampuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Jerawat yang muncul di punggung memanglah tidak akan terlihat, akan tetapi ketika kita melakukan aktivitas yang mengharuskan kita untuk membuka pakaian maka jerawat tersebut pasti akan terlihat. Dimana pun letaknya, jerawat memang suatu hal yang sangat mengganggu dan akan membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Selain itu, jerawat yang muncul di area punggung dapat membuat kita merasa tidak nyaman ketika beraktivitas karena sering gatal secara tiba-tiba.

Penyebab Jerawat Muncul di Punggung

Keringat

Aktivitas yang berat seperti berolahraga sering kali tubuh kita mengeluarkan keringat yang akan membuat punggung kita menjadi lembab. Hal itu lah yang memicu munculnya jerawat, apalagi jika kamu tidak menjaga kebersihan tubuh kamu sendiri.

Memakai Kondisioner

Meskipun kondisioner memang dipakai pada rambut, akan tetapi kandungan silikon yang terdapat pada kondisioner tersebut dapat memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, ketika menggunakan konsisioner usahakan untuk tidak mengenai area punggung.

Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian

Pewangi dan pelembut makanan juga merupakan salah satu hal yang dapat memicu munculnya jerawat. Hal tersebut dikarenakan tipe kulit tertentu tidak cocok dengan bahan pewangi atau pelembut pakaian tersebut sehingga menimbulkan iritasi yang dapat menyebabkan jerawat.

Penggunaan Tas

Sebenarnya, tas bukan merupakan suatu hal yang dapat menyebabkan jerawat. Akan tetapi, penggunaan tas dengan beban yang berat dapat menghambat keringat dan membuatnya terkunci di bagian tubuh tertentu yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pilihlah tas dengan tali yang tipis.

Pemakaian Pakaian yang Kurang Tepat

Penggunaan pakaian yang tidak sesuai juga dapat menimbulkan jerawat di area punggung. Misalnya menggunakan pakaian yang tidak dapat menyerap keringat dan mudah panas atau bahkan pakaian yang ketat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Dengan mengetahui penyebab yang dapat menimbulkan jerawat di punggung, kita bisa lebih mengantisipasinya dengan melakukan pencegahan. Akan tetapi, bagi kamu yang sudah terlanjur terkena jerawat di punggung, maka kamu bisa melakukan cara berikut ini yang dapat menghilangkan jerawat tersebut.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Penyebab jerawat pada intinya adalah kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan kulit yang kemudian bercampur dengan bakteri dan akhirnya menimbulkan jerawat. Kamu dapat mengatasi hal ini degan cara mandi dengan menggunakan sabun kesehatan atau anti bakteri.

Melakukan Scrub

Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri yang mengakibatkan jerawat. Kamu bisa melakukan scrub degan butiran yang halus secara teratur sedikitnya satu kali dalam seminggu. Dengan menggunakan scrub, kamu dapat meminimalisir iritasi yang terjadi pada kulit punggung. Akan tetapi, kamu dilarang untuk melakukannya terlalu sering karena juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kulit. Dosis aman dari penggunaan scrub adalah satu kali dalam seminggu. Akan tetapi, kamu hanya bisa melakukannya jika jerawat belum terlalu meradang atau bahkan sampai membentuk jerawat batu. Jika sudah terlalu parah, maka hal ini akan sangat berbahaya apabila terus dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada peradangan yang terjadi.

Memakai Putih Telur

Telur memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh, salah satunya adalah dapat mengobati jerawat. Kamu dapat melakukannya dengan cara memisahkan putih telur dan kuning telurnya, kemudian putih telur tersebut dioleskan pada bagian punggung yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cara ini bisa dilakukan secara rutin menjelang mandi.

Memakai Buah Tomat

Buah tomat bisa dijadikan alternatif pengganti scrub. Kamu dapat melakukannya dengan menyiapkan buah tomat yang matang dan haluskan dengan blender, setelah itu oleskan pada kulit punggung yang berjerawat dan biarkan hingga mengering setelah itu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Kulit Jeruk

Seperti yang kita tahu bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tertinggi. Yang akan kita manfaatkan dari buah ini adalah kulitnya yang dipercaya dapat mengobati jerawat pada punggung. Kamu dapat melakukannya dengan cara merendam kulit jeruk yang telah mengering di dalam air, kemudian haluskan menggunakan blender dan tambahkan beberapa sendok susu. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas menggunakan air dingin atau air es.

Baking Soda

Selain digunakan dalam pembuatan kue, baking soda ternyata juga dapat berfungsi sebagai pembersih wajah yang lembut. Baking soda juga mampu membersihkan pori-pori dan membantu mengangkat sel kulit mati. Untuk menghilangkan jerawat di punggung dengan menggunakan baking soda, kamu hanya perlu membuat pasta baking soda, lalu oleskan ke permukaan kulit punggung yang berjerawat dan bilas setelah didiamkan selama beberapa menit.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi jerawat di punggung. Semoga bermanfaat. (elevenia)

administrator
administrator

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA