Mengenal Beragam Serangga Unik di Dunia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
14-insect-7
Daftar Topik

Serangga atau insekta adalah salah satu jenis hewan yang paling banyak memiliki keragaman di muka bumi. Jenis serangga pun sangat bermacam-macam dan dibedakan berdasarkan ciri khas yang ia miliki. Hewan beruas ini memiliki ciri beragam, mulai dari bentuk dan jumlah sayapnya sampai pada ukuran tubuh.

Walau memiliki ukuran tubuh yang beragam, umumnya tubuh insekta diketahui berukuran relatif kecil dan tak lebih dari ukuran telapak tangan manusia dewasa. Namun pada kenyataannya ada beberapa insekta yang tak hanya bisa kamu jumpai di film-film horor.

Serangga raksasa adalah insekta yang memiliki tubuh lebih besar daripada insekta pada umumnya. Namun jangan bayangkan insekta tersebut akan seukuran mobil atau rumah, insekta raksasa umumnya berukuran sekitar sebesar telapak tangan orang dewasa.

Mengenal Beberapa Serangga Raksasa


Insekta raksasa memang tak banyak dijumpai seperti nyamuk, jangkrik atau kupu-kupu. Keberadaan hewan ini pun masih agak sulit untuk ditemukan. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis insekta raksasa yang bisa menambah wawasan kamu.

1. Giant Golden Orb Weaver


Insekta raksasa yang sempat menggemparkan adalah laba-laba raksasa yang memangsa burung chestnut di daerah Cairns, Australia. Laba-laba raksasa menyerang burung? kedengarannya mengerikan dan sukar dipercaya. Tapi, fenomena langka ini sempat terekam kamera pada sekitar tahun 2008 dan sempat diberitakan oleh media cetak di negeri kanguru tersebut.

Joel Shakespeare yang merupakan ahli laba-laba mengatakan bahwa laba-laba itu tidak menyerang burung tersebut begitu saja. Laba-laba raksasa yang masuk dalam jenis Golden Orb Weaver ini adalah jenis penenun dan menangkap mangsa dengan membuat jebakan yang sangat kuat.

Menurut Joel Shakespeare, laba-laba jenis ini memang sering memangsa serangga yang lebih besar, namun sangat jarang memangsa burung. Menurut perkiraan Joel, laba-laba dengan ukuran setelapak tangan dengan kaki-kaki panjang itu memasang jaring lalu ada burung malang yang terjebak di dalamnya.

kamu merasa ngeri dengan laba-laba raksasa ini? Ternyata laba-laba yang menyerang burung itu belum seberapa. Menurut Joel, laba-laba dengan jenis sama yang ditemukan di utara daerah Cairns, ternyata memiliki ukuran yang lebih besar lagi.

2. Giant Camel Spider


Bentuk dari insekta raksasa yang satu ini hampir sama dengan Giant Golden Orb Weaver. Laba-laba ini seukuran telapak tangan orang dewasa dengan kaki yang cukup panjang. Konon insekta ini ditemukan di bangkai unta, karena ini hewan raksasa ini pun dinamai Camel Spider. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa unta itu mati gara-gara hewan ini. Tapi itu hanya isu, karena sebenarnya Camel Spider tidak berbisa dan hanya memakan serangga yang memang banyak mengerubungi bangkai unta.

Camel Spider raksasa banyak ditemukan di daerah gurun, seperti di Timur Tengah dan juga Meksiko. Umumnya mereka berukuran sekitar 5 inchi, gerakan mereka sangat cepat (10 mil/jam) karena itu pula kadang mereka disebut sebagai “wind spider”.

Makanan mereka umumnya berupa hewan pengerat atau kadal yang biasa ditemukan di gurun pasir. Mereka berburu di malam hari dan dapat menghangat diri. Menurut rumor, laba-laba ini kadang suka mengikuti jejak, baik jejak kaki maupun kendaraan. Camel spider ini disebut sebagai hewan jenis Arachnida solifugae(solifugae berarti lari dari matahari dalam bahasa Latin), karena mereka memang menyukai tempat-tempat yang teduh.

3. Jangkrik Wetas Raksasa


Serangga raksasa berikutnya yang cukup mencengangkan adalah jangkrik wetas raksasa yang pernah ditemukan di New Zealand. Menurut ahli, hewan ini termasuk insekta purba yang pernah hidup ratusan tahun yang lalu dan dikabarkan sudah punah karena dimangsa oleh hewan yang lebih besar. Jangkrik raksasa ini berkulit tebal dengan panjang tubuh sekitar 10 cm dan berat tubuhnya mencapai 70 gram.

Kumpulan Serangga Pemegang Rekor di Dunia


Insekta dikenal sebagai hewan mungil yang menyimpan banyak keunikan. Insekta pun dianggap sebagai hewan dengan spesies paling banyak di seluruh dunia. Nah, yang akan dibahas berikut ini adalah tentang insekta pemegang rekor di dunia.

1. Sunset Moth from Malagasy (Serangga Tercantik)


Sebenarnya, Sunset Moth from Malagasy tak mempunyai pigmentasi apa pun. Warna yang terlihat pada sayap kupu-kupu ini berasal dari refraksi cahaya dari pita-pita mikro di sayapnya. Saat insekta dari famili yang sama aktif di malam hari, Sunset Moth from Malagasy justru aktif di siang hari. Kupu-kupu yang berasal dari Madagaskar dan Amerika Selatan ini sayapnya memiliki kemampuan berganti warna, dari warna biru menjadi hijau keemasan, lalu menjadi kuning bila dilihat dari sisi yang berbeda.

2. Black Bulldog Ant of Australia (Semut Paling Berbahaya)


Berdasarkan sejarahnya, Black Bulldog Ant of Australia diceritakan pernah membunuh manusia. Insekta ini adalah jenis yang terprimitif dari semua semut dan juga sangat agresif. Panjang semut ini sekitar 1 inci dan masih bisa tumbuh sampai 2 inci. Sama dengan namanya, semut yang gerakannya sangat cepat ini hanya bisa ditemukan di negara Australia.

3. Horse Fly (Insekta Terbang Tercepat)


Horse fly mampu terbang dengan kecepatan sampai 90 MPH (miles per hour). Hewan ini pun mempunyai manuver yang sangat bagus di udara. Horse fly mampu berbelok serta berganti arah dengan kecepatan cahaya. Selain itu, hewan ini juga mempunyai mata yang begitu besar dan juga bisa melihat dengan sudut pandang hampir 360 derajat Celcius.

4. Goliath Beetle (Insekta Terberat)


Hewan ini berasal dari famili scarab beetle dan sering memakan tanaman yang sudah mati. Panjang goliath beetle ini berkisar antara 2 sampai 4,3 inci dengan berat sekitar sekitar 28,35 gram. Hewan ini memiliki peran sangat penting dalam sebuah ekosistem, yaitu sebagai dekomposer.

5. No See Um (Insecta Paling Mengganggu)


Hewan  bernama no see um ini adalah sejenis lalat kecil yang berkumpul di dalam sebuah kelompok dan juga terbang ke arah yang tak tentu. Insekta ini mampu melewati celah-celah jendela dan pintu. Biasanya, insekta paling mengganggu ini hidup di berbagai tempat yang ada sumber airnya. Perlu diketahui bahwa insekta jenis betina sering menggigit dan sering pula menghisap darah. Tujuannya adalah untuk memperoleh protein yang dibutuhkan saat membesarkan telur-telurnya.

6. Giant Stick Insect (Insekta Terpanjang)


Giant stick insect memiliki panjang sekitar 163mm. Bila dihitung saat semua kakinya terlentang, panjangnya bisa mencapai 295mm. Sementara itu, pada sejumlah kasus, panjang hewan ini dapat mencapai 20 inci. Spesies dari insekta ini diperkirakan berjumlah lebih dari 3.000 dan beberapa di antaranya ada yang mempunyai sayap dan bisa terbang.

7. Brevisana Brevis (Insekta Ternyaring)


Spesies jangkrik bernama brevisana brevis ini mampu mengeluarkan bunyi yang terdengar sampai jarak 1 mil. Sementara itu, bunyinya bisa mencapai 120 dB pada jarak dekat. Sebagai perbandingan, musik di diskotik hanya berukuran sekitar 100 dB.

8. Thorn Bug (Insekta dengan Bentuk Paling Aneh)


Thorn bug dinobatkan sebagai insekta dengan bentuk teraneh karena memang bentuknya sangat aneh. Ukuran dan juga warna hewan ini sangatlah bervariasi. Tapi biasanya, insekta dewasa memiliki tinggi sekitar 0,5 inci dan warnanya hijau. Hewan aneh ini dapat dijumpai di Florida Selatan, Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP