Cara Memutihkan Wajah di Photoshop, Mudah Banget!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
memutihkan wajah di photoshop
Daftar Topik

Memutihkan wajah di photoshop. Ingin membuat foto kamu seperti foto selebritis idola? Tren selfie saat ini dengan berbagai efek dan edit foto sukses memperlihatkan wajah mulus yang seolah tanpa cela. Bukan hal yang mengherankan, saat ini hampir semua orang ingin terlihat sempurna di media sosial. 

Cara memutihkan wajah di photoshop

Di era yang serba canggih ini, kamu bisa memanfaatkan bantuan teknologi untuk menghasilkan foto yang maksimal. Contohnya saja dengan memutihkan wajah di photoshop, software andalan yang bisa menyamarkan noda hitam, jerawat, dan membuat kulit kusam terlihat lebih cerah. Mau coba? Berikut adalah cara memutihkan wajah di photoshop yang bisa kamu ikuti.

Langkah 1

langkah 1 memutihkan wajah di photoshop

Buka foto yang ingin di edit dalam lembar kerja photoshop (Ctlr + O). Lalu langsung lakukan duplikat pada Layer Background (Cltr + J). Kita akan bekerja pada layer hasil copy-an tadi.

Langkah 2

langkah 2 (1) memutihkan wajah di photoshop

Pada Menu Bar klik Image => Adjustments => Desaturate. Warna akan berubah menjadi Grey atau Abu-abu. Nah untuk menampilkan warna yang di inginkan kita perlu merubah Blend Mode yang Normal menjadi Screen.

Nah sudah menjadi putih bukan? Namun, bukan putih seperti ini yang kita inginkan. Kita perlu memberikan sentuhan lagi pada bagian kulit agar terlihat lebih natural atau alami.

Untuk itu, kembali pada Menu Bar pilih Image => Adjustments => Shadows/Highlights. Akan muncul sebuah dialog box dengan berbagai macam menu pengaturan.

langkah 2 (2)

Catatan: untuk pengaturan bagian ini ternyata setiap foto tersebut memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Silahkan kamu bereksperimen sendiri untuk menentukan takaran yang pas untuk foto kamu dan buatlah pengaturan sealami mungkin. Pengaturan yang sama adalah pada bagian Adjustments, biarkan saja nilai 0 dan 0. Silahkan bermain dengan Shadows dan Highlights untuk mendapatkan hasil yang alami. Klik OK jika sudah selesai.

Nah sudah mulai terlihat lebih baik bukan? Ada satu hal lagi yang kurang bagus ternyata, yaitu ketika kita melakukan perubahan warna seluruh bagian foto juga ikut berubah. Mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Langkah 3

langkah 3 (1)

Tambahkan Mask pada Layer Editan tadi.

Kemudian kita rubah warna Mask-nya menjadi Hitam. Pastikan dulu Foreground keduanya hitam. Lalu pada Layer (pada bagian putih di klik), tekan tombol (Ctlr + Backspace). Warna Mask akan berubah menjadi hitam sehingga warna foto akan berubah ke seperti semula. Tenang saja kita akan memunculkannya lagi kemudian.

langkah 3 (2)

Langkah 4

Perhatian! Harap dibaca!
Di dalam langkah ini dibutuhkan teknik dan ketelitian kamu, harap disimak terlebih dahulu sebelum kamu melakukannya pada lembar kerja kamu sendiri.

langkah 4

  1. Rubah Foreground pertama dengan warna putih.
  2. Ambil Brush Tool
  3. Gunakan brush dengan bagian pinggir tipis agar hasil lebih baik
  4. Biarkan Opacity dan Flow’nya 100%
  5. Brush pada bagian wajah atau kulit yang ingin menampilkan warna putih, sisakan/jangan dibrush pada bagian pinggir/yang berbatasan dengan bagian tubuh atau bagian luar kulit serta bagian mata dan bibir agar warna aslinya kelihatan.

Tambahan trik:

– Gunakan (Cltr + Tanda Plus/Minus) untuk Zoom in atau Zoom out foto sehingga kamu dapat bekerja lebih detail.

– Gunakan tombol { atau } untuk memperbesar atau memperkecil ukuran brush.

– Jika brush kamu tidak terlihat kemungkinan tombol Caps Lock kamu hidup. Jadi, dimatikan dulu.

Langkah Terakhir

langkah terakhir (1)

Lanjutkan Brushing pada bagian pinggir-pinggir atau batas dengan mengurangi Flow Brush menjadi 10% sehingga terlihat lebih detail.

Sehingga hasilnya menjadi seperti dibawah ini!

langkah terakhir (2)

Wah cantik ya, dari sini sebenarnya sudah bisa dibilang selesai tapi seperti ada yang hilang. Apakah itu? Yap, rona wajah! Ini karena efek yang ditimbulkan kemungkinan terlalu tebal saat melakukan setting pada langkah kedua tadi. Bagaimana cara menyempurnakannya? Atur saja Opacity‘nya pada Layer Palet, disini saya menguranginya menjadi 70%.

Gimana, sudah berhasil memutihkan wajah pada foto menggunakan photshop? Jika belum berhasil, coba ulangi lagi langkah-langkahnya ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara menghilangkan watermark Filmora

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP