Cara Memperbaiki Memory Management BSOD Komputer

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gambar 1 windows (1) windows 10 yang paling ringan
Daftar Topik

Memory management BSOD. Terkadang kesalahan manajemen memori dapat mengganggu Windows 10 pada komputer atau laptop kamu bukan? Nah, seringnya saat permasalahan ini muncul akan membuat mood kamu jadi buruk dan malas untuk melanjutkan pekerjaan. Eits, kini kamu bisa lho mengatasi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada Stop Code Memory Management. Biasanya, pada Windows 10 akan menampilkan kode ketika terjadi suatu kesalahan. Saat kesalahan blue screen of death (BSOD) muncul, kamu dapat menggunakan stop code Windows 10 untuk menentukan dan memperbaiki permasalahan tersebut.

Namun, terkadang ada permasalahan stop code yang dikhususkan untuk kesalahan yang lebih spesifik. Nah, saat hal ini terjadi kamu harus melakukan beberapa perbaikan pada Windows 10. Biasanya, Stop Code Memory Management Windows 10 dilibatkan paling akhir.

Sebenarnya apa sih memory management windows itu? Kamu tidak perlu bingung, berikut ada penjelasan singkat terkait memory management windows. Yuk, check it out!

Memory Management Windows

Manajemen memori pada windows atau memory management windows memiliki fungsi yang penting untuk menjaga sistem operasi pada komputer atau laptop kamu agar dapat bekerja dengan baik. Manajemen memori merupakan suatu fungsi yang mengatur memori sistem pada windows kamu. Sehingga manajemen memori yang dapat berfungsi dengan baik memiliki peran besar untuk menjaga kesehatan sistem windows kamu, lho.

Saat manajemen memori salah, biasanya sistem akan menampilkan BSOD secara berkala. Hal ini dikarenakan pada dasarnya manajemen memori bisa melacak setiap lokasi memori pada sistem kamu dalam status apapun. Selain itu, manajemen memori dapat mengelola transisi memori serta proses antara RAM dan memori fisik selama beroperasi. Manajemen memori juga memutuskan berapa banyak memori yang dialokasikan. Ketika kamu menutup program, maka program akan mengalokasikan kembali memori tersebut ke proses lain untuk digunakan. Namun, dari semua fungsi yang bermanfaat untuk sistem windows, manajemen memori tidak bisa terbebas sepenuhnya dari kesalahan pada sistem.

Kesalahan Berupa Blue Screen Memory Management

BSOD pada manajemen memori menunjukkan bahwa telah terjadi suatu kesalahan manajemen memori yang kritis. Kode berhenti yang disampaikan untuk BSOD manajemen memori adalah 0x0000001A. Biasanya kesalahan manajemen memori ini disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu:

  • Kerusakan pada RAM
  • Adanya permasalahan pada perangkat keras baru, contohnya seperti kartu grafis
  • Faulty drivers
  • Adanya permasalahan perangkat lunak, termasuk kerusakan sistem dan file sistem operasi
  • Adanya kesalahan pada disk.

Cara Memperbaiki Memory Management BSOD

Terkadang permasalahan tersebut dapat pulih dengan melakukan reset sederhana. Saat terjadi BSOD manajemen memori, kamu bisa me-restart sistem lalu perhatikan apakah terjadi kesalahan kembali atau tidak. Jika tidak, kemungkinan kesalahan tersebut hanya terjadi sekali saja. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba saat terjadi BSOD pada manajemen memori. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Me-restart komputer

(1) Me-restart komputer

Solusi ini banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada komputer. Perbaikan sederhana ini juga dapat memperbaiki masalah pada Windows 10, termasuk Stop Code Memory Management pada Windows 10.

2. Memperbaharui Windows 10

(2) Memperbaharui Windows 10

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek apakah Windows 10 sudah berada pada versi terbaru atau tidak. Hal ini dikarenakan file sistem yang kadaluarsa dapat menimbulkan kesalahan yang tak terduga, lho. Lalu, selanjutnya tekan tombol Windows + I untuk membuka panel pengaturan, pilih Update & Security. Periksalah Windows Update untuk mengetahui pembaruan yang tertunda. Apabila terdapat update, backup file yang penting, lalu klik Restart Now. Sistem pada komputer mu akan reboot selama proses tersebut berlangsung.

3. Menjalankan alat diagnostik memori pada Windows 10

(3) Menjalankan alat diagnostik memori pada Windows 10 memory management bsod

Untuk memeriksa apakah RAM pada sistem berfungsi dengan baik atau tidak, kamu bisa menggunakan utilitas Windows Memory Diagnostic. Alat ini akan berjalan setelah sistem di reboot. Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetik Windows Memory Diagnostic pada menu Start lalu pilih sesuai dengan seleramu. Pada cara ini, kamu bisa memilih 2 opsi, yaitu segera me-reboot dan menjalankan utilitas atau menyetel utilitas untuk dijalankan setelah reboot berikutnya. Ketika kamu mencoba untuk memperbaiki BSOD pada manajemen memori, jangan lupa untuk menyimpan dokumen yang penting. Selanjutnya, segera boot ulang sistem pada komputer atau laptop mu.

4. Menjalankan MemTest86

MemTest86 merupakan suatu alat pengujian memori secara mandiri dan gratis untuk mesin x86. Penggunaan alat ini dapat melakukan tes memori yang lebih mendalam pada RAM. Kamu dapat mem-boot MemTest86 dari USB flash drive dan membiarkan alat tersebut untuk memeriksa RAM pada sistem. Namun, pemakaian alat ini membutuhkan waktu yang lama. Biasanya satu pass membutuhkan waktu berjam – jam untuk diselesaikan dan tergantung pada jumlah RAM yang sudah kamu instal.

5. Memperbaharui Driver

(5) Memperbaharui Driver memory management bsod

Perangkat lunak atau perangkat keras baru kemungkinan datang bersamaan dengan driver baru. Hal ini bisa menyebabkan sistem pada komputer kamu tidak dapat menerima pesan tersebut. Cara untuk mengeceknya adalah dengan menekan tombol Windows + I, lalu pilih Update & Security > view update story. Dari informasi tersebut, kamu dapat menemukan pembaruan driver. Setelah itu, ketik device manager pada menu Start, lalu pilih opsi tersebut dan cek ke bawah serta periksa simbol kesalahan. Apabila tidak ada kesalahan, kemungkinan besar status driver kamu bukan menjadi sumber masalah.

6. Menjalankan CHKDSK

(6) Menjalankan CHKDSK

CHKDSK merupakan alat pada sistem window yang dapat memverifikasi sistem file dengan menggunakan pengaturan tertentu dan bisa memperbaiki masalah saat dijalankan. Caranya adalah cukup ketik command prompt pada menu Start, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator. Setelah itu, ketik chkdsk/r dan tekan Enter. Setelah perintah tersebut dijalankan maka dia akan memindai sistem dari kesalahan dan memperbaiki permasalahan yang terjadi.

7. Atur ulang Windows 10

(7) Atur ulang Windows 10(1)

Cara terakhir yang bisa kamu pilih untuk memperbaiki BSOD manajemen memori adalah dengan mengatur ulang Windows 10. Reset Windows 10 dapat menggantikan file pada sistem dengan satu set file yang benar – benar baru. Cara ini dapat sepenuhnya memperbaiki permasalahan pada sistem di komputer mu terutama terkait kesalahan pada manajemen memori. Namun, jangan lupa untuk membackup dokumen penting sebelum mereset Windows 10. Langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengatur ulang Windows 10 adalah dengan membuka Settings > Update & Security > Recovery. Lalu, pilih opsi Reset this PC dan Get Started. Saat sistem akan dimulai ulang, kamu dapat memilih Keep my files atau Remove everything.

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki memory management BSOD di komputer kamu. Selamat mencoba, ya!

Baca juga:

4 Cara Dual Boot Windows dan Linux

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP