Cara Membuat Flowchart Online

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Membuat Flowchart Online - 2
Daftar Topik

Membuat flowchart online. Dalam belajar maupun bekerja, ada satu momen dimana kita dituntut untuk mampu menggambarkan dengan jelas sebuah alur berpikir suatu pelajaran maupun alur pekerjaan atau proyek lengkap dengan kerangka berpikir dan acuan yang digunakan. Alur dan kerangka tersebut tidak lain berfungsi untuk sebuah tim ataupun decision maker menentukan keputusan yang akan diambil dan juga berfungsi untuk menunjukkan pemahaman kita terhadap suatu pelajaran maupun proyek. Menggambarkan alur berpikir atau alur pekerjaan ini umumnya dikenal dengan Flowchart. 

Definisi Flowchart

Membuat Flowchart Online - 1

Menurut Cornell University, flowchart merupakan sebuah bagan alir yang secara visual menampilkan urutan aktivitas dalam suatu proses dan siapa yang bertanggung jawab atas aktivitas tersebut. Sedangkan menurut ASQ, flowchart merupakan gambaran langkah-langkah yang tersusun terpisah dari suatu proses secara berurutan yang dapat diadaptasi untuk berbagai tujuan dan dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai proses, seperti proses manufaktur, proses administrasi atau layanan, atau rencana proyek. Bila digabungkan, flowchart memiliki pengertian sebagai bagan alir yang tersusun atas bagan dengan simbol-simbol yang menggambarkan langkah-langkah atau urutan proses secara rinci serta menggambarkan hubungan antar proses atau langkah-langkah dalam suatu aktivitas pada proyek. 

Selain definisi flowchart menurut Cornell University dan ASQ, masih banyak definisi flowchart lainnya yang dapat kamu temukan di internet. Menurut ASQ, flowchart sendiri merupakan sebuah alat analisis proses yang umum digunakan dan merupakan salah satu dari tujuh alat kualitas dasar. 

Ragam Flowchart

Membuat Flowchart Online - 2

Flowchart sendiri memiliki berbagai macam jenis yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya, jenis-jenis flowchart tersebut antara lain:

1. Flowchart Sistem

Flowchart sistem merupakan diagram alir yang berfungsi untuk menggambarkan alur kerja yang dilakukan dalam metode secara umum dengan menjelaskan urutan langkah-langkah metode tersebut. Sederhananya, flowchart sistem merupakan diagram alir yang menggambarkan urutan suatu prosedur. 

2. Flowchart Dokumen

Flowchart dokumen merupakan diagram alir yang berfungsi untuk menggambarkan arus laporan atau formulir hingga tembusannya. 

3. Flowchart Skematik

Flowchart skematik merupakan diagram alir yang berfungsi untuk menggambarkan prosedur dalam sistem dengan menggunakan simbol, gambar komputer, dan alat pendukung lainnya. 

4. Flowchart Program

Flowchart program merupakan diagram alir yang berfungsi untuk menggambarkan secara detail sebuah tahapan dari sebuah program. 

5. Flowchart Proses

Flowchart proses merupakan diagram alir yang berfungsi untuk menggambarkan sebuah rekayasa industri dengan cara memisahkan dan menganalisis setiap proses dalam suatu tahapan. Flowchart proses ini umum digunakan pada perusahaan yang bergerak di bidang rekayasa industrial untuk membantu mereka mempelajari proses manufacturing

Cara Membuat Flowchart

Flowchart 3

Setelah mengetahui tentang flowchart, kita bisa mempelajari cara membuat flowchart dengan mudah. Kamu dapat membuat flowchart dengan mengunduh aplikasi dan menginstalnya untuk membuat flowchart secara offline. Namun sekarang kamu bisa membuat flowchart yang web based atau secara online. Berikut adalah beberapa situs cara membuat flowchart online yang bisa kamu manfaatkan!

1. Google Drawings

Situs pertama yang dapat kamu gunakan adalah Google Drawings, yang dideveloperi oleh Google. Kamu dapat menggunakan fitur Google Drawings dengan log in ke Google Drive kemudian pilih Google Drawings pada pilihan “More”. 

2. Gliffy

Situs kedua yang dapat kamu gunakan adalah Gliffy. Gliffy merupakan salah satu flowchart web based yang dapat membuat flowchart dengan cepat dan mudah. Gliffy telah menyediakan template bawaan yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat membuat flowchart. Selain itu, Gliffy juga mendukung fitur kolaborasi yang memungkinkan kamu membuat flowchart secara grup. Untuk menggunakan Gliffy, kamu perlu berlangganan seharga US$7,99/bulan untuk paket personal. 

Flowchart 4

3. Caccoo

Situs lain yang dapat menjadi pilihan adalah Cacoo. Caccoo merupakan flowchart web based yang memiliki user interface sederhana dan minim lag dalam penggunaannya. Sama seperti Gliffy, Cacoo juga menawarkan berbagai macam template flowchart bawaan lengkap dengan wireframe, diagram, dan simbol pendukung lainnya untuk berbagai jenis proyek. 

Keunggulan Cacoo adalah kamu dapat membuat flowchart secara group dan dapat melakukan editing secara real-time. Untuk menggunakan Cacoo ini kamu perlu berlangganan seharga US$4,95 per bulan ya!

4. Lucidchart

Lucidchart merupakan flowchart web based yang sangat terkenal dan merupakan yang terbaik untuk saat ini. Memiliki user interface yang sederhana dengan kemudahan drag and drop, tidak heran jika para pengguna Lucidchart enggan untuk menggunakan flowchart web based yang lain. Lucidchart memiliki keunggulan untuk menyimpan hasil flowchart yang telah kamu buat dalam format JPEG, PDF, PNG hingga Visio dan juga dapat mengimpor data dari Amazon Web Service hingga Visio. Berbeda dengan Gliffy dan Cacoo, Lucidchart menawarkan fitur penggunaan gratis. Sayangnya fitur gratis ini terbatas hanya untuk beberapa fitur. Untuk dapat menggunakan seluruh fiturnya, kamu bisa berlangganan dengan harga US$5,95 per bulan untuk paket personal, US$8,95 untuk paket profesional, dan US$20 untuk paket tim. 

papan tulis 5

Apapun aplikasi atau situs pembuat flowchartnya, poin terpenting dalam membuat flowchart adalah pastikan flowchart yang dibuat memuat unsur start yang berisi instruksi persiapan, unsur read yang berisi instruksi untuk membaca peralatan input, unsur process yang berisi aktivitas yang berkaitan dengan permasalahan dan solusinya sesuai dengan data, unsur write yang berisi instruksi untuk merekam data kegiatan pada unsur process ke peralatan output, dan unsur end untuk mengakhiri pengolahan. 

Untuk membuat flowchart online yang mudah dimengerti, kamu dapat membuat kerangka berpikir berupa poin-poin disertai dengan hubungan antar poin tersebut. 

Baca juga:

Cara Menambahkan IDM ke Chrome

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA