Mau Donor Darah? Ketahui Syarat Donor Darah Berikut Ini Dulu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Saat ini banyak sekali PMI yang keliling di berbagai instansi dan menawarkan donor darah untuk umum.  Dalam Hal ini sebagai manusia mengikuti donor darah tentu saja sangat menyenangkan karena setetes darah Anda sudah sangat bermanfaat untuk kehidupan seseorang. Selain itu donor darah tidak akan membuat darah Anda menjadi habis. Bahkan dengan donor darah, maka tubuh pun akan memproduksi sel baru yang justru menyehatkan tubuh Anda.

Akan tetapi perlu Anda ketahui tidak semua orang bisa melakukan donor darah. Sebelum pihak yang mengambil  darah Anda menyetujui akan di lakukan beberapa tes apakah Anda  memenuhi syarat untuk donor atau tidak. Jika Anda tidak memenuhi syaratnya, maka tetap saja tidak bisa melakukan donor. Hal ini karena jika Anda memaksakan diri, bisa jadi akan membahayakan untuk kesehatan Anda sendiri.

Melihat akan hal tersebut, tentu saja sangat penting bagi Anda untuk mengenal apa saja syarat donor darah yang harus di penuhi. Terutama bagi Anda yang sudah lama ingin melakukannya tetapi belum juga kesampaian. Nah, jika Anda penasaran jangan khawatir karena ulasannya bisa Anda temukan di sini. Dan untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak pembahasan berikut ini.

Syarat Donor Darah yang Wajib Diketahui

Usia 17-70 Tahun

Yang pertama sangat terlihat dan harus Anda perhatikan sejak awal adalah usia Anda. Jadi, jika Anda saat ini sudah memiliki KTP alias sudah berada di usia 17 tahun, bisa langsung mendaftarkan diri sebagai pendonor. Hal ini karena di usia tersebut seseorang bisa di sebut matang fisiknya. Selain itu, seorang lansia yang sudah cukup tua yakni paling tidak dengan bilangan usia 70 tahun juga tidak di perbolehkan. Hal ini karena semakin bertambahnya usia, maka fisik pun juga semakin melemah.

Berbadan Sehat

Di samping itu, Anda juga harus memastikan bahwa diri Anda berbadan sehat. Yang utama adalah tidak sedang terjangkit suatu virus. Apalagi untuk virus mematikan sebagaimana HIV/AIDS. Virus semacam ini tentu saja menyebar juga dalam sel darah. Oleh karena itu, jika kondisi tubuh sedang tidak fit, juga tidak di izinkan. Apalagi jika ada kelainan dalam darah Anda.

Berat Badan Memenuhi

Nah, yang mungkin cukup menyulitkan banyak orang memenuhi syarat donor darah adalah berat badan. Dalam hal ini, jika ingin donor darah, paling tidak harus memiliki berat sekitar 45 kg atau lebih. Oleh karena itu, jika Anda ingin donor darah dan tubuh Anda masih sangat kecil, sebaiknya naikkan terlebih dahulu berat badan Anda sehingga tidak kecewa saat di cek oleh petugasnya. Namun, jangan sampai Anda memaksakan diri ketika memang sebenarnya tidak memenuhi dari berat badah karena hal ini bisa mengakibatkan Anda lemah.

Tekanan Darah Cukup

Bukan hanya berat badan, Anda pun harus memiliki tekanan darah yang cukup jika ingin memenuhi syarat donor darah ini. Sekalipun berat badan memenuhi tetapi jika tekanan darah Anda rendah, bagaimana pun Anda memaksa tidak akan di perbolehkan. Hal ini sebenarnya sangat mempertimbangkan pada kondisi fisik Anda sendiri. Karena jika Anda sedang rendah tekanan darahnya dan tetap melakukan donor darah, maka tidak hanya akan mengakibatkan lemas, tetapi juga pingsan dan risiko yang membahayakan lainnya.

Namun, jika Anda memang sedang fit, merasa sehat dan kuat, sebenarnya ada cara efektif yang bisa meningkatkan tekanan darah Anda. cara tersebut adalah dengan berlari-lari sebanyak mungkin sehingga tekanan darah Anda bisa naik. Meski demikian, pastikan dahulu bahwa kondisi badan Anda memang kuat dan tidak rentan sehingga bisa tetap sehat setelah donor darah.

Tidak Sedang Mengalami Beberapa Kondisi Tertentu

Yang terakhir, di sini Anda juga harus memastikan bahwa Anda terbebas dari beberapa keadaan yang bisa membuat Anda gugur sebagai pendonor. Beberapa keadaan tersebut adalah saat Anda mengidap diabetes, kanker, tekanan jantung, darah tinggi dan sejenisnya. Selanjutnya, jika Anda pernah menjadi pecandu narkoba dan miras, maka juga tidak di perbolehkan. Termasuk bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan khusus.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa syarat donor darah yang bisa Anda jadikan rujukan. Jika Anda memang berniat sekali untuk donor, maka pastikan bahwa semua syarat tersebut telah terpenuhi. Namun, ingat! Jika memang tidak memenuhi syarat, jangan sampai memaksakan diri karena itu bisa sangat berbahaya untuk Anda sendiri. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA