Mau Beli Laptop? Pahami Dulu Perbedaan Intel dan AMD

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
intel-o-amd-procesadores-de-ordenador[1]
Daftar Topik

Sebelum memahami perbedaan prosesor Intel dan AMD, kamu harus tahu terlebih dulu apa itu prosesor. Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer, laptop dan juga smartphone. Prosesor ini termasuk komponen yang sangat penting. Sebab, tanpa prosesor, sebuah perangkat berbasis teknologi tidak akan bisa berjalan dengan mulus. Prosesor ini bisa diumpamakan sebagai viral yang harus ada di sebuah perangkat berteknologi. Sebenarnya, merek prosesor yang sudah dibuat oleh produsennya sangatlah banyak, seperti Cyrix, ARM, Centaur, VIA dan lain sebagainya. Namun dari banyaknya merek tersebut hanya Intel dan AMD yang sudah dikenal secara luas.

Bisa dibilang, kedua prosesor tersebut memang saling bersaing untuk mendapatkan posisi dan juga reputasi yang baik di pasaran maupun di mata calon pembeli dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dibawanya. Tidak sedikit orang yang suka dengan Intel karena kelebihannya, tapi banyak juga dari mereka yang menyukai AMD karena kelebihannya. Lalu, jika harus memilih mana yang harus kamu pilih? Intel atau AMD?

Kedua prosesor yang telah menjadi rival itu ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini tentu saja suatu siasat agar mereka dapat mendominasi pasar. Apa di antara kamu masih ada yang bingung pilih Intel atau AMD? Setiap pemilik usaha pasti memiliki strateginya tersendiri dalam menggaet pasar. Untuk yang masih bingung, langsung saja kita bahas satu persatu.

Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Untuk kamu yang pecinta game atau mungkin pekerja desain, prosesor merupakan bagian yang paling penting dalam laptop dan yang paling kamu perhatikan. Tentu saja, bagi gamer dan pekerja desain, prosesor akan menentukan ketangguhan laptop mereka sehingga dapat mendukung segala aktivitas yang dilakukan sehari-harinya. Untuk itu kamu harus tahu perbedaan antara prosesor Intel dan AMD sebelum membeli laptop baru.

Kecepatan

Soal kecepatan sebuah laptop merupakan hal yang patut dipertimbangkan. Kamu mungkin akan kesal jika menggunakan laptop dengan performa super lelet. Nah, lalu di antara kedua brand tersebut mana yang lebih cepat, Intel atau AMD?

Sebuah uji coba di benchmark dilakukan dengan dua sampel prosesor yang setara, ternyata untuk kecepatan Intel lebih unggul dibanding AMD. Meski hasilnya tidak kalah telak, namun intel sukses menjalankan sejumlah program lebih cepat dibanding AMD.

Kekuatan Brand

Soal usia Intel merupakan pemain lama sehingga tidak heran popularitasnya lebih baik dibanding AMD. Terlebih kini Intel tak sekedar prosesor penyokong laptop saja, namun kini Intel sudah mengepakkan sayap ke berbagai bidang, seperti smarphone dan smartwatch.

Manajemen Suhu

Jika dibandingkan dengan AMD, maka Intel terbilang lebih unggul dari manajemen suhunya. Hal ini karena prosesor Intel telah dibekali dengan teknologi yang bisa mengurangi kinerja prosesor saat suhu perangkat mulai meningkat, sementara AMB belum ada teknologi seperti itu.

Grafis Game

Sebab kinerja prosesor tak menurun meski suhu telah meningkat, tampilan grafis AMD terbilang lebih unggul dibandingkan dengan Intel. Ketika digunakan bermain game, kemudian tampilan gambarnya yang jernih pun tidak akan pecah.

Multimedia

Meski masih kalah dalam sisi grafis game, untuk yang satu ini Intel lebih unggul dibanding AMD. Ya, dalam segi multimedia, Intel terhitung lebih unggul. Gambar yang ditampilkan oleh Intel selalu tajam dan bisa dioverclo dengan sangat baik.

Virus

Jangan hanya memikirkan kinerjanya saja, kamu juga harus memikirkan kemampuan prosesor dalam menangani serangan virus. Kamu tentu tidak ingin bukan laptop baru kamu tiba-tiba bermasalah gara-gara serangan virus?

Ternyata AMD telah dibekali dengan teknologi terbaru yang dapat mendeteksi virus sebelum virus tersebut menginfeksi laptop kamu. Dengan begitu, virus tidak akan diproses. Namun tidak dengan Intel. Intel masih belum punya teknologi seperti AMD.

Harga

Hal yang satu ini tentu saja jangan sampai dilewatkan saat akan membeli suatu barang, apalagi sedang membandingkan antara keduanya. Ternyata, harga laptop yang beredar di pasaran sangat dipengaruhi oleh prosesor yang dibawanya. Biasanya, laptop dengan prosesor intel memiliki harga lebih tinggi dibanding dengan ADM. Hal ini karena, harga prosesor Intel memang cukup mahal dibanding dengan ADM.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan prosesor Intel dan ADM yang harus kamu ketahui. Menurut kamu lebih unggul yang mana? Pasti kamu tidak memungkiri jika kedua prosesor tersebut sama-sama bagus. Namun hal ini kembali lagi kepada kebutuhan kamu dan juga budget yang sudah kamu siapkan. Bila kamu menyiapkan budget cukup besar, maka kamu bisa memilih prosesor intel sebagai pilihan. Namun bila ingin harga lebih murah dengan prosesor yang tak kalah baik, maka AMD pun bisa jadi pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA