Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
20171231_115650sssst-simak-manfaat-tidur-siang-bagi-kecantikan-wanita-yuk[1]
Daftar Topik

Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang tidak selamanya berbahaya bagi manusia. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan salah satu bentuk relaksasi tubuh dari sekian banyaknya aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas telah yang dijalani.

Sebagian besar orang memang cenderung berfikir untuk menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin, namun tahukah kamu jika tidur siang pun baik untuk kesehatan.

Manfaat Tidur Siang

Meningkatkan daya ingat otak

Dengan tidur siang ternyata bisa meningkatkan daya ingat pada otak kita. Bahkan efeknya sangat baik bagi orang tua. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya umur, maka mereka cenderung melupakan memori mereka di masa lampau dan menurunnya daya ingat mereka.

Manfaat tidur siang bagi anak-anak adalah dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat segala sesuatu. Bagi anak, manfaat tidur siang sama pentingnya karena mereka sedang dalam proses belajar dan mungkin menghafal setiap pekerjaan yang mereka dapatkan di sekolah.

Meningkatkan Kewaspadaan

Ketika kita mengantuk, maka kelopak mata sering kali sulit untuk terbuka. Jika sudah seperti itu, tentunya kamu tidak akan melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Maka luangkanlah sedikit waktu untuk tidur siang, lalu kembali lanjutkan aktivitas yang sedang dilakukan sebelumnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh NASA menunjukkan bahwa tidur siang dalam waktu 40 menit akan meningkatkan kewaspadaan sampai 100%. Penelitian lain juga menemukan bahwa tidur siang selama 20 menit lebih efektif daripada 200mg kafein atau olahraga yang dilakukan. Maka dari itu, tidur siang terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin merupakan senyawa yang mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga lah yang menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu.

Mengatasi Insomnia

Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Tubuh perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap kamu akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Tentu ini akan sangat membahayakan, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang sekitar. Tidur siang merupakan obat pengganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

Mengurangi Stress

Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Otak menjadi lebih tegang akibat aktivitas yang terlalu banyak karena dipakai untuk berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

Mencegah penyakit jantung & stroke

Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah “5 watt” pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu jika kamu memaksakan diri untuk meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein, maka hal tersebut akan berdampak buruk pada tubuh kamu. Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh kita. Kortisol, atau yang lebih dikenal dengan sebutan hormon stres, membantu kita dalam respon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Meningkatkan Produktivitas

Orang yang sudah lelah, jika terus dipaksakan akan menghasilkan pekerjaan yang sangat tidak baik. Tidur siang adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas.

Manfaat Tidur Siang Lainnya

  • Meningkatkan Stamina
  • Mengurangi risiko pikun
  • Mengembalikan tenaga yang hilang
  • Meningkatkan efektivitas dalam bekerja
  • Meningkatkan kebugaran tubuh
  • Membuang toxin dalam tubuh.
  • Melancarkan metabolisme

Demikian pembahasan mengenai manfaat tidur siang bagi kesehatan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP