Manfaat Sumsum Sapi Untuk Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Manfaat-Sumsum-Sapi[1]
Daftar Topik

Salah satu hewan yang memiliki banyak manfaat di dalam tubuhnya adalah sapi. Ya, selain susu dan dagingnya, tulang sum-sum sapi juga bisa di konsumsi lho. Pada umumnya sum-sum tulang sapi ini di rebus sehingga menjadi kaldu untuk tambahan kuah masakan. Namun ternyata tidak hanya di jadikan kaldu saja, sum-sum sapi juga bisa di olah dengan cara di bakar.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat sum-sum sapi dan bagaimana cara mengolahnya dengan benar. Langsung saja, simak ulasan di bawah ini.

Mengapa Harus Mengonsumsi Sum-Sum Sapi?

Perlu kamu ketahui bahwa sumsum yang ada di dalam tulang sapi memiliki banyak kandungan lemak. Namun, lemak yang terkandung di dalam tulang ini bukanlah lemak tak sehat. Justru sebaliknya, kandungan lemak yang ada di dalam sumsum sapi memiliki sumber hormon yang bernama adiponektin yang baik untuk tubuh.

Selain itu, manfaat sumsum sapi lainnya adalah dapat memperkuat persendian karena memiliki beberapa kandungan seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kolagen atau zat kimia bermanfaat lainnya.

Baca Juga: 7 MAKANAN KHAS SERANG YANG WAJIB KAMU CICIPI

Manfaat Sumsum Sapi Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui alasan mengapa harus mengkonsumsi susu sapi, berikut ini adalah penjelasan secara singkat mengenai manfaat apa saja yang bisa di dapatkan apabila mengkonsumsi sumsum sapi. Untuk keterangan lebih lanjut, langsung simak ulasan di bawah ini.

  1. Memperlancar Pencernaan Makanan

Mengkonsumsi sumsum tulang sapi dapat memperlancar pencernaan makanan karena di dalamnya mengandung gelatin. Gelatin adalah protein khusus yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan manusia. Kandungan tersebut juga bisa di gunakan untuk memperbaiki saluran pencernaan dan meningkatkan kadar bakteri usus baik di dalam perut.

  1. Menjaga Kulit Tetap Kencang

Manfaat sumsum sapi selanjutnya adalah untuk menjaga kulit tetap kencang. Namun ternyata dengan mengkonsumsi sumsum tulang sapi bisa membuat kulit menjadi tetap kencang lho! Ya, kandungan gelatin yang ada di dalam sumsum tulang sapi tersebut bisa mencegah proses penuaan dan menyamarkan keriput yang ada di wajah.

  1. Melindungi Sendi

Kandungan tertinggi yang di produksi oleh sumsum sapi adalah kolagen dan glukosamin. Kedua zat tersebut sangat baik untuk menjaga persendian tulang manusia dan menjaganya untuk tetap kuat. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memberikan sumsum tulang sapi kepada anaknya yang sedang mengalami kecelakaan patah tulang.

  1. Mengurangi Diabetes

Sumsum tulang sapi juga di percaya mengurangi risiko diabetes yang terjadi di dalam tubuh manusia. Penelitian akan hal tersebut telah di buktikan oleh cendekiawan asal Amerika Serikat.

Cendekiawan tersebut mengemukakan bahwa kandungan adiponektin dapat digunakan untuk mencegah terjadinya diabetes pada manusia. Adiponektin tinggi menjadikan hormon insulin bekerja lebih efektif sehingga kadar gula yang di produksi oleh tubuh bisa seimbang. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi sumsum sapi secara berlebihan karena sumsum sapi juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat mengkonsumsi sumsum tulang sapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini telah di teliti oleh dokter spesialis kanker asal Swedia. Uji coba yang di lakukan adalah memberikan sumsum tulang belakang sapi yang telah di masak kepada anak yang mengidap penyakit leukimia. Karena menjalani terapi, sel darah putih yang di dapatkan juga berkurang.

Setelah anak tersebut di beri sumsum tulang sapi, sel darah putih yang di produksi lebih banyak daripada sebelumnya. Setelah di teliti lebih lanjut, sumsum sapi memiliki senyawa alkilgliserol yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan sel darah putih.

Cara Mengolah Sumsum Sapi dengan Benar

Setelah mengetahui manfaat yang bisa di peroleh, selanjutnya akan di beri penjelasan mengenai cara mengolah sumsum sapi dengan benar. Tekstur lembut yang di miliki oleh sumsum sapi dapat di jadikan sebagai tambahan hidangan pelezat makan malam. Untuk mempermudah pengolahan, kamu bisa memotong tulang sumsum sepanjang 5-20 cm.

Jenis tulang yang bisa di ambil sumsumnya adalah tulang kaki sapi dan sumsum tulang belakang sapi. Namun apabila mencari bagian yang banyak sumsumnya, kamu bisa memilih bagian kaki karena bentuknya yang lurus sehingga mempermudah pengambilan sumsum. Agar dapat di olah dengan benar, kamu bisa memanggang sumsum sapi sebelum mengolahnya menjadi kaldu atau yang lainnya.

Supaya kandungan mineral lebih meresap untuk di jadikan kaldu, kamu bisa menambahkan cuka sedikit ke dalam air rebusan. Rebus sumsum dengan api kecil kurang lebih satu jam saja.

Begitulah penjelasan singkat mengenai manfaat sumsum sapi yang tidak banyak di ketahui oleh masyarakat.

CATEGORIES
Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP