Manfaat Senam Zumba Bagi Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
11620-zumba 1
Daftar Topik

Senam zumba adalah salah satu senam yang saat ini sangat populer. Senam zumba akan membuat tubuh bugar dan pastinya menyenangkan karena gerakannya dipadukan antara aerobik dengan tarian.  Senam zumba tercipta dari kejadian yang tidak sengaja, yaitu Alberto Perez.  Dia adalah instruktur senam aerobik, dan pada saat memimpin senam dia lupa membawa musiknya. Akhirnya, dia memiliki ide yaitu dengan memutar musik  yang cocok untuk digunakan soundtrack menari. Namun, para peserta senam justru sangat menyukainya.  Dan dari situlah akhirnya si instruktur senam itu membuat gerakan senam aerobik yang diwarnai dengan musik latin dan disebut dengan senam zumba.

Buat kamu yang belum tahu apa manfaat dari melakukan senam zumba, maka dibawah ini kami akan menjelaskan sedikit tentang manfaat senam zumba.

7 Manfaat Melakukan Senam Zumba


 

1. Dapat Membakar Kalori

 

Manfaat pertama yang akan kamu peroleh jika melakukan senam zumba adalah mampu membakar kalori yang ada pada tubuh.  Jadi ini sangat cocok sekali buat kamu yang saat ini sedang melakukan penurunan berat badan.  Jika kamu melaksanakan senam zumba dalam waktu kurang lebih satu jam itu kan mampu membakar kalori dari  400 hingga 600 kalori. tapi tidak semua orang mampu membakar jumlah kalori dari 400 hingga 600 dalam satu jamnya. Karena itu tergantung dari faktor fisik seperti jenis  kelamin, berat badan dal lainnya.

2. Mampu Menggerakkan Semua Anggota Tubuh

Jadi manfaat dari senam zumba ini bisa berpengaruh dalam kesehatan jantung. Hal ini karena pada saat melakukan senam zumba itu akan menggerakkan semua anggota tubuh dari bagian atas hingga ke bawah.  Dengan melatih diri dalam senam zumba ini juga bisa untuk membuat tubuh menjadi fleksibilitas.

3. Dapat Membentuk Tubuh Supaya Lebih Ideal

Seperti yang kita ketahui di dalam senam zumba itu memadukan beberapa gerakan . mulai dari gerakan hip hop, salsa, cha-cha sampai tarian perut.  Dari gerakan–gerakan itu bisa membuat tubuh kamu akan terlihat lebih langsing dan ideal

4.Dapat Mengencangkan Otot Tubuh

Dari gerakan yang ada di senam zumba itu semuanya terkonsentrasi dalam pembentukan otot tubuh. Seperti misalnya otot pada bagian perut, punggung, paha dan bokong.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Hal ini diperoleh dari manfaat senam zumba karena sesuai dengan hasil penelitian saat itu. Jadi terdapat  orang yang memiliki kelebihan berat badan dan diuji untuk melakukan senam zumba ini dalam jangka waktu 12 minggu. Dan hasilnya pun terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

6. Membuat Suasana Hati Menjadi Senang

Dengan music yang dapat di nikmati dengan melakukan gerakan tarian bersama. Maka akan membuat suasana hati menjadi sangat senang dalam menikmati senam zumba ini.

7. Menjadi Ajang Untuk Bersosialisasi dengan Teman Baru

Senam  zumba kebanyakan dilakukan di studio senam secara bersama- sama.  Jika kamu melakukan senam zumba dengan berbagai macam kelompok yang ada di luar maka ini bisa dijadikan untuk bersosialisasi dengan teman-teman baru.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Senam Zumba


Senam zumba memang dilakukan oleh semua orang mulai dari  berbagai macam rentang usia hingga pada tingkat kebugaran tubuh. Namun, dalam melaksanakan senam zumba itu juga ada hal- hak yang harus diperhatikan untuk menghindari adanya cedera. Nah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melaksanakan senam zumba adalah sebagai berikut.

  • Jika kamu ingin mengikuti kelas zumba, ikutilah dengan memilih kelas yang khusus untuk pemula. Seperti  Zumba aqua, itu menawarkan gerakan zumba yang lebih pelan.
  • Jika kamu akan melaksanakan senam zumba, pakailah pakaian dan sepatu yang terasa nyaman jika digunakan untuk melakukan gerakan. Hal ini karena didalam senam zumba ini akan terjadi berbagai macam gerakan.
  • Seperti senam-senam yang lainnya, jika kamu akan melaksanakan senam zumba terlebih dahulu lakukanlah pemanasan dan jika sudah tutup dengan pendinginan. Hal ini karena untuk menghindari tubuh dari adanya
  • Buat kamu yang sering melakukan latihan senam zumba penting sekali untuk memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Jadi pastikan selama mengikuti latihan senam zuma kebutuhan cairan untuk tubuh kamu itu terpenuhi.  Hal ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Selain keempat hal tersebut, hal yang penting sebelum kamu melakukan latihan senam zumba yaitu berkonsultasi dahulu dengan dokter. Apalagi jika kamu mempunyai penyakit tertentu. Jadi, jikalau senam zumba cocok untuk kamu lakukan maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi jika senam zumba tidak cocok untuk kamu lakukan, lebih baik untuk menasehati kata-kata dokter karena jika memaksakan akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang manfaat senam zumba yang bisa kami bagaikan. Bagaimana, setelah mengetahui manfaatnya, tertarik kah untuk ikut senam zumba? Jika kamu ingin mencoba senam zumba, harus memperhatikan berbagai hal yang sudah dijelaskan diatas.

BACA JUGA!

6 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan yang Mudah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP