Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Sekam Padi untuk Tanaman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
sekam-sebagai-campuran-media-tanam
Daftar Topik

Manfaat Sekam Padi – Untuk menjadi beras, padi harus melalui beragam proses yang panjang. Dalam proses penggilingan kulit padi akan terbuang bersama dengan bekatul. Kulit ini lah yang bernama sekam padi. Siapa sangka, sampah organik ini punya sejuta manfaat. loh.

Kira-kira apa saja ya manfaatnya untuk tanaman. Temukan jawabannya di artikel khas Blog elevenia yang satu ini. Yuk simak info di bawah ini sampai habis.

Ragam Manfaat Sekam Padi Untuk Tanaman

sekam-padi

Sekam padi merupakan salah satu bahan organik yang baik untuk tumbuhan. Salah satu manfaatnya ialah sifatnya yang dapat mengikat unsur zat hara pada tanah. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Simak informasi di bawah ini untuk tahu manfaat sekam padi lebih lanjut.

1. Penangkal Bekicot, Slug, dan Kucing

sekam-ebagai-penangkal-kucing

Satu hal yang menarik dari sekam ialah kemampuannya dalam menangkal beberapa hewan penggangu tanaman. Bentuk sekam yang tajam tidak disukai kucing, sehingga dapat membuat tanamanmu menjadi lebih aman. Struktur bentuknya yang tajam juga menghambat adanya bekicot dan hewan lunak lainnya. Untuk mendapatkan beberapa manfaat ini, cukup taburkan sekam pada permukaan tanah yang ditumbuhi tanaman.

2. Campuran Media Tanam Lain

sekam-sebagai-campuran-media-tanam

Sekam juga punya keunggulan lain yang baik untuk tanaman. Kandungan pengikat zat hara bisa kamu dapatkan dengan membakar sekam dan mencampurkannya dengan media tanam lain. Seperti tanah dan juga pupuk kompos. Sekam juga kaya akan silika dan fosfat. Keduanya dapat memperkuat daun, memperkuat tanaman, serta merangsang pertumbuhannya. Dalam hal ini, kamu cukup membakar sekam hingga gosong separuh atau gosong penuh. Kemudian campurkan pada media tanam sebelum digunakan.

Baca Juga: Pertumbuhan Tanaman: Pengertian, Jenis dan Faktornya

3. Memperbaiki Struktur Tanah

sekam-memperbaiki-struktur-tanah

Sekam memiliki sifat gembur dan poros. Selain itu, mulsa satu ini juga dikenal dapat memberbaiki tingkat keasaman tanah. Sehingga tanah yang dicampur sekam dapat menjadi tempat yang baik untuk mikroba bermanfaat hidup. Dengan struktur tanah yang semakin baik, tanaman yang ditanam pun akan lebih terawat, sehat dan juga bebas dari gangguan.

4. Sebagai Mulsa Alami

sekam-padi-sebagai-mulsa

Sisa gilingan padi ini juga bermanfaat sebagai mulsa alami, loh. Mulsa adalah penutup tanaman yang berperan untuk menjaga kelembapan tanah serta menekan gulma. Karena terbuat dari bahan alami, sekam padi termasuk dalam mulsa organik yang bersifat permanen. Adapun cara kerjanya, sekam akan menyatu dengan tanah karena melibatkan mirooorganisma dan juga pelapukan non-biologis. Selain itu, sekam juga jadi salah satu mulsa alami dengan harga yang ramah di kantong.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP