Manfaat Sabun Temulawak yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
memilih-sabun-sesuai-kebutuhan-kulit-alodokter[1]
Daftar Topik

Temulawak tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu perasa untuk makanan, ternyata temulawak juga dapat diramu menjadi obat tradisional bahkan dijadikan sabun. Sabun temulawak memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit. Sehingga, kandungan yang terdapat didalamnya banyak dimanfaatkan untuk pembuatan produk-produk kecantikan, seperti sabun. Berikut adalah 10 manfaat sabun temulawak bagi kesehatan kulit kamu.

Manfaat Sabun Temulawak yang Jarang Diketahui

  1. Membersihkan kotoran pada wajah

Kotoran yang menempel di wajah dapat berupa debu akibat polusi udara atau sisa make-up yang dipakai. Make-up yang belum dibersihkan akan menempel pada wajah bercampur debu atau keringat. Oleh sebab itu, diwajibkan untuk mencuci wajah ketika selesai beraktivitas. Wajah dapat dibersihkan dengan sabun kesehatan wajah, seperti sabun temulawak. Kandungan yang dimiliki oleh sabun ini mampu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah.

  1. Mengandung anti septic pembasmi bakteri dan kuman pada wajah

Temulawak merupakan tanaman alami yang biasa dijadikan sebagai obat herbal. Tak heran karena khasiatnya yang banyak, beberapa produsen produk kecantikan dan perawatan tubuh mengkombinasikan tanaman ini dengan tanaman lainnya agar diperoleh produk yang aman dan layak digunakan. Kandungan yang terdapat pada sabun temulawak seperti anti septic mampu membasmi bakteri dan kuman yang menempel pada kulit wajah.

  1. Menghilangkan bekas luka

Kulit merupakan bagian pertama dari tubuh yang akan terlihat sehingga banyak wanita maupun pria berusaha menjaga kebersihan kulitnya dari jerawat, flek hitam, atau bekas luka. Kulit yang bersih dan bebas dari bekas luka dapat diperoleh, salah satunya dengan memakai produk kecantikan seperti sabun temulawak. Kandungan yang terdapat dalam sabun temulawak juga mampu menghilangkan bekas luka pada kulit.

  1. Mengeluarkan aroma theraphy yang fresh

Sabun temulawak asli terbuat dari sari pati temulawak dan memiliki aroma yang khas. Aroma temulawak hampir menyerupai aroma kunyit. Namun, aroma temulawak cenderung tidak kuat dibandingkan kunyit. Apabila kamu hendak membeli sabun temulawak asli dapat dikenali dari aromanya yang fresh. Tetapi bila kamu tidak dapat mencium aroma khas temulawak, berarti sabun tersebut palsu.

  1. Mencegah jerawat dan mengurangi kerutan pada wajah

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada sabun temulawak berperan dalam mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan mampu menangkal radikal bebas akibat sinar UV. Selain itu, kandungan minyak atsiri yang terdapat pada sabun temulawak berfungsi sebagai anti-aging sehingga dapat mengurangi kerutan-kerutan halus pada kulit wajah.

  1. Melembutkan kulit

Kulit putih, bersih, dan lembut adalah impian setiap wanita. Pemilihan produk-produk kecantikan sangat perlu agar tidak menimbulkan efek samping terhadap kulit. Sabun temulawak mengandung moisturizer yang dapat melembutkan kulit kasar. Selain itu, kandungan yang dimiliki mampu menjaga keseimbangan pH kulit sehingga kulit menjadi segar, bersih, dan lembab. Produk ini sangat cocok untuk semua jenis kulit.

  1. Mencerahkan dan menjadikan kulit putih

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang putih dan cerah, baik pria maupun wanita. Sabun temulawak merupakan salah satu produk kecantikan yang mampu meningkatkan warna cerah pada kulit wajah atau badan. Selain itu, kandungan ekstrak lidah buaya, vitamin A, C, dan E berperan dalam memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun akan menjadi lebih sehat dan perlahan menjadi putih.

  1. Mengecilkan pori-pori

Selain jerawat atau komedo, adanya pori-pori yang besar juga terkadang mempengaruhi kepercayaan diri. Untuk mengecilkan pori-pori yang terdapat pada wajah, kamu bisa menggunakan sabun temulawak. Sabun ini diperkaya dengan glutathione, ekstrak temulawak, dan Vitamin C yang berkhasiat mengecilkan pori-pori wajah. Pemakaian produk ini tentunya harus teratur agar diperoleh hasil yang optimal.

  1. Kulit tampak lebih muda dan segar

Kandungan collagen yang terdapat pada sabun temulawak berkhasiat memberikan kekenyalan, kelenturan, menjaga elastisitas wajah, kelembaban, dan dapat mencegah penuaan dini. Collagen yang dikandung mampu membuat kulit nampak lebih muda dan segar. Selain itu, sabun temulawak ini dapat mengangkat kotoran yang menempel sehingga wajah terlihat bersih, bercahaya, awet muda, dan segar sepanjang hari.

  1. Menghilangkan bau badan

Bau badan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah keringat dan pengaruh hormon yang berlebih. Untuk menghilangkan bau badan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti teratur mandi, menggunakan deodoran anti-prespiran, atau memanfaatkan tanaman seperti Temulawak. Temulawak mengandung saponin, minyak atsiri, dan senyawa flavonoid yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan. Oleh sebab itu, beberapa produk kecantikan memanfaatkan temulawak sebagai bahan baku pembuatan produk mereka.

Itulah 10 manfaat sabun temulawak bagi kulit yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP