Manfaat Renang untuk Kebugaran Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
014239700_1483460503-Apakah-Berenang-Bisa-Mencegah-Osteoporosis[1]
Daftar Topik

Berenang merupakan salah satu jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh seluruh kelompok usia baik muda maupun tua. Jika kita berenang secara teratur maka kita akan mendapatkan banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga yang satu ini.

Sebagai bagian utama dari salah satu jenis olahraga, renang akan sangat berguna untuk melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, sampai kaki. Selain manfaat tersebut, manfaat renang untuk kesehatan sendiri cukup banyak beberapa diantaranya,

Manfaat Renang untuk Kebugaran Tubuh

Meningkatkan kelenturan tubuh

Renang merupakan salah satu olahraga yang menempatkan tubuh dengan berbagai gerakan yang dapat membantu sendi dan ligamen agar tetap longgar dan lentur. Dalam malakukak gerakan renang, pinggul akan terlibat sebagai penopang kaki di dalam air, dan kepala serta tulang belakang akan bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain. Hal tersebut dapat membantu memberikan peregangan yang lebih baik dari kepala sampai kaki.

Menyehatkan jantung

Karena berenang merupakan olahraga yang menyerupai aerobik, maka renang juga dapat berfungsi untuk memperkuat jantung. Bukan hanya untuk memperbesar jantung, tetapi juga dapat membuat jantung menjadi lebih efisien dalam memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik.

Riset yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat melawan respon inflamasi tubuh yang merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

American Heart Association melaporkan bahwa hanya 30 menit latihan setiap hari, seperti berenang, dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada wanita sebesar 30 sampai 40 persen.

Mengontrol berat badan/Membakar kalori

Renang diakui sebagai salah satu olahraga yang dapat membakar kalori terbesar dan itu sangat bagus untuk menjaga berat badan. Jumlah kalori yang kamu bakar di dalam tubuh tergantung pada fisiologi kamu sendiri dan intensitas kamu dalam berolahraga.

Untuk meningkatkan tingkat pembakaran kalori dengan berenang, kamu dapat melakukannya dengan interval renang yang sekuat tenaga lalu beristirahat sebentar. Salah satu struktur berenang yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara berenang sejauh  50 meter kemudian beristirahat selama 10 detik, dilanjutkan  dengan berenang kembali sejauh 100 meter lalu istirahat 10 detik, dan seterusnya sampai kamu mencapai 300 meter, lalu kembalilah pada pola yang sebelumnya.

Mengurangi gejala asma

Berenang tdiak hanya dapat mengurangi risiko seseorng terkena penyakit asma, pada beberapa penelitian telah menunjukan bahwa berenang dapat menyembuhkan berbagai masalah pernapasan seperti mendengkur, engos-engosan (mulut-bernapas) dan sebagainya.

Menurunkan kolesterol

Berenang bisa meningkatkan keseimbangan yang untuk meningkatkan kadar HDL (Kadar kolesterol baik) di dalam tubuh. Selain itu, berenang juga dapat menjaga endothelium dalam tubuh pada kondisi yang baik. Endothelium sendiri adalah lapisan tipis sel-sel yang melapisi arteri dalam tubuh kamu.

Mengurangi terjangkit penyakit diabetes

Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pria dapat mengurangi risiko penyakit diabetes rata-rata 6 persen untuk 500 kalori setiap minggu yang dibakar dalam latihan aerobik atau renang. Berenang selama 30 menit dengan gaya dada sebanyak tiga kali dalam seminggu, kamu bisa membakar lebih dari 900 kalori dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 yang berbahaya bagi tubuh lebih dari 10 persen.

Mengurangi stres, meningkatkan semangat dan membuat kinerja otak lebih baik

Seorang penulis bernama William Wilson (1883) menulis dalam bukunya yang berjudul “The Swimming Instructor”: bahwa “Pengalaman Perenang ketika di dalam air dapat digolongkan menjadi kalangan yang paling bahagia diantara makhluk hidup dalam suasana hati yang senang dan dalam kenikmatan latihan paling lengkap yang membahagiakan.”

Selain itu, penelitian lain yang telah dilakukan menunjukkan bahwa renang dapat mengubah otak menjadi lebih baik melalui proses yang dikenal dengan nama neurogenesis hippocampal yang dapat menggantikan sel yang hilang akibat stress.

Sebagai alternatif dalam mempercepat penyembuhan saat cidera

Manfaat lainnya dari berenang adalah sebagai alternatif yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan cidera. Oleh karena itu, banyak atlet yang mengalami cedera yang menjalani salah satu rangkaian rehabilitasi dengan berenang untuk menjaga kebugaran tubuh mereka. Hal ini dikarenakan hambatan air akan membuat otot bekerja lebih keras tanpa mengalami ketegangan. Salah satu contoh atlet yang melakukan cara ini adalah Christiano Ronaldo yang sering melakukan terapi mandi untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Hidup lebih lama

Umur memang merupakan kuasa yang diberikan oleh Tuhan. Akan tetapi, dengan berolahraga seperti berenang merupakan salah satu doa dalam bentuk usaha fisik untuk menjaga kesehatan agar hidup lebih lama.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berenang. Jagalah kesehatan kamu dengan melakukan olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA