3 Manfaat Pupuk NPK yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pupuk-npk
Daftar Topik

Manfaat pupuk npkUntuk menjaga kesuburan tanaman, seringkali orang-orang menggunakan berbagai jenis pupuk, mulai dari pupuk organik, sampai dengan pupuk anorganik. Kedua jenis pupuk ini memiliki keunggulan masing-masing. Nah, untuk pupuk anorganik sendiri yang sering dijadikan pilihan oleh banyak orang untuk menyuburkan tanaman atau tumbuhan mereka adalah pupuk NPK. 

Pengertian Pupuk NPK

 manfaat pupuk npk

Pupuk NPK merupakan pupuk yang mempunyai tiga unsur kandungan hara makro, yakninya Nitrogen (N), Fosfor (P), serta Kalium (K). Selain ketiga unsur hara makro ini biasanya produser juga menambahkan unsur hara mikro seperti boron, klorida, mangan, kalsium, besi, sulfur, magnesium, seng, tembaga, dan lain sebagainya untuk meramu suatu formulasi yang telah disesuaikan dengan kegunaannya. Produk pupuk NPK yang beredar di pasaran juga pada umumnya juga bervariasi. Ada pupuk NPK padat berupa tablet, briket, pelet, bubuk, dan juga granul, sedangkan pupuk NPK cair biasanya hadir dengan berbagai tingkat kelarutan. Nah, setiap jenis merek pupuk NPK biasanya mempunyai komposisi kandungan yang berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan tanaman atau tumbuhan kamu.

Manfaat Pupuk NPK

manfaat pupuk npk Mutiara

Secara umum pupuk NPK memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman, agar tanaman kamu bisa berkembang dengan maksimal. Setiap unsur hara yang terdapat dalam pupuk NPK mempunyai peran yang berbeda-beda dalam hal membantu pertumbuhan tanaman. Ketiganya adalah unsur hara makro primer, sebab paling banyak dibutuhkan oleh tanaman. 

1. Unsur N (Nitrogen)

Unsur hara yang satu ini memiliki fungsi untuk penyusut asam amino (protein), nukleotida, klorofil, serta asam nukleat. Hal tersebut dapat membantu tanaman menjadi lebih hijau. Selain itu, tanaman kamu juga bisa mengalami pertumbuhan dengan lebih  cepat, Nah, yang paling penting, unsur hara ini dapat membantu meningkatkan kandungan protein pada hasil panen. 

2. Unsur P (Phosphor)

Unsur hara P berfungsi sebagai penyimpan dan menyalurkan energi untuk aktivitas-aktivitas metabolisme tanaman. Dampak positif dari hak tersebut adalah terpacunya pertumbuhan akar dari tanaman tersebut. Lalu unsur tersebut bisa mempercepat perkembangan jaringan, merangsang pembentukan bunga serta pematangan buah dari tanaman anda. Terakhir, unsur p dapat juga membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit. 

3. Unsur K (Kalium)

Unsur hara K berguna sebagai aktivator enzim yang bisa berpartisipasi pada proses metabolisme tanaman. Nah, selain itu unsur ini juga dapat membantu proses penyerapan air dan juga hara dari dalam tanah. Dengan adanya unsur K dalam pupuk NPK, maka dapat membantu menyalurkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan pada tanaman kamu.

Cara Menggunakannya

manfaat pupuk npk Pak Tani

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan pupuk NPK. Nah agar pupuk ini dapat larut dengan mudah, maka larutkan lah pupuk NPK dengan air pada perbandingan 10:1. Jika kamu menggunakan pupuk NPK 10 g, maka berilah airnya sebanyak 1 liter. Cara pakainya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan ember yang telah berisi 1 liter air.
  2. Lalu isi air tersebut dengan 10 gram (setengah sendok) pupuk NPK, dan larutkan.
  3. Setelah pupuk larut, maka gunakan cangkir kecil untuk proses penyiraman ataupun pengocoran pupuk pada tanaman. 
  4. Jika kamu menanam tanaman pada polybag kecil, maka siram pupuk sebanyak setengah cangkir pada tanaman tersebut. 
  5. Ketika menyiram, maka hindari mengenai bagian batang dan juga daun.
  6. Lakukan pemupukan secara rutin setiap 1 kali seminggu, dan hindari penggunaan pupuk sekali sehari. 

3 Jenis Pupuk NPK

  • Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk NPK ini berbentuk butiran granul dengan warna biru pudar. Pupuk ini biasanya dikemas dalam kemasan plastik. Pupuk NPK mutiara 16-16-16 memiliki kandungan 5 unsur hara, yakni 16 persen nitrogen, 16 persen K20 atau kalium, 16 persen P2o5 atau fosfat, o,5 persen MgO atau magnesium, dan sisanya 6 persen CaO atau kalsium. Pupuk NPK yang satu ini seringkali dikatakan sebagai pupuk yang mudah ditemukan di kalangan pengoleksi tanaman, sebab pupuk NPK jenis ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman yang lebih cepat.

  • Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

Pupuk NPK pelangi adalah pupuk majemuk yang mempunyai banyak variasi, sesuai dengan permintaan dan kebutuhan tanaman. Pupuk ini adalah pupuk majemuk NPK dari pupuk Kaltim. NPK Pelangi diprioritaskan untuk segmen tanaman hortikultura, akan tetapi juga bisa digunakan pada semua jenis tanaman lainnya.

  • Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16

Pupuk NPK ini adalah pupuk yang diproduksi di Rusia. Pupuk ini mempunyai kualitas tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tunas, meningkatkan hasil panen, dan tentunya juga untuk menghijaukan daun. Unsur hara yang terkandung di dalam pupuk ini antara lain adalah 16 persen Nitrogen, 6,4 persen Nitrat Nitrogen, dan 9,6 persen Amonium Nitrogen. Nah, disamping itu, juga terdapat kandungan phospate 16 persen, Calcium Oxide 5 persen, Magnesium Oxide 1 persen, dan terakhir potassium Oxide 16 persen. 

Nah, itulah beberapa manfaat pupuk NPK, lengkap dengan jenis-jenisnya. Apakah kamu sudah pernah menggunakan pupuk ini untuk tanaman kamu? 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP