Manfaat Pete yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
petai_20180428_151131[1]
Daftar Topik

Petai, atau yang bisa kita sebut sebagai pete merupakan salah satu makanan yang termasuk suku polong-polongan populer yang digunakan dalam masakan beberapa negara di Asia seperti Indonesia, Singapura, Thailand dan Malaysia. Meskipun pete dapat diolah menjadi olahan yang enak dan disukai banyak orang, tidak jarang pula orang yang tidak menyukainya karena baunya khas. Terlepas dari itu semua, pete dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Pete

Di negara kita, petai atau pete ini sangat populer di Pulau Sumatera dan Jawa terutama di kalangan orang Sunda dan Minangkabau. Dalam masakan yang berasal dari Sunda, pete biasa dimakan secara mentah dan dihidangkan bersamaan dengan sambal pete, digoreng atau pun di panggang.

Di Pulau Jawa dan Sumatera, pete biasanya juga dapat dicampurkan ke dalam masakan sayur lodeh, diolah menjadi nasi goreng dengan daging kambing dan ditambah pete. Sementara dalam masakan Minangkabau, pete biasanya dijadikan sebagai bagian dari ayam goreng ala Padang.

Berikut merupakan beberapa manfaat pete bagi kesehatan.

Mencegah dan Mengatasi Depresi

Merujuk pada studi yang telah dilakukan oleh MIND pada individu yang mengalami depresi, sebagian besar dari mereka merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi pete. Hal ini terjadi karena kandungan triptofan yang terdapat pada pete merupakan sejenis protein yang akan diubah tubuh menjadi serotonin yang dapat membuat siapa saja yang mengkonsumsinya menjadi lebih rileks dan meningkatkan mood nya.

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kandungan kalium yang terdapat pada pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Kalium diperlukan untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Kadar nutrisi yang meningkat akan membantu oksigen untuk sampai ke otak. Itulah yang akan meningkatkan fungsi kognitif dan dapat merangsang aktivitas saraf.

Menjaga Kesehatan Jantung

World Helath Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa kandungan kalium pada pete dapat mendorong kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Orang-orang yang sering mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat memiliki risiko yang lebih rendah terkena sembelit daripada orang yang tidak mendapat asupan serat yang cukup. Pete merupakan salah satu makanan yang mengandung serat tinggi yang mampu membantu kamu mengatasi atau mencegah sembelit dan memperoleh pencernaan yang baik.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi tinggi yang terdapat dalam pete dapat membantu merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh sebab itu, mengkonsumsi pete dapat menurunkan risiko kamu terkena penyakit yang satu ini.

Meredakan Gangguan Menstruasi pada Wanita

PMS sering membuat seorang wanita mengalami perubahan suasana hati yang tidak tentu. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi pete secara rutin dapat membantu mengontrol suasana hati yang berkaitan dengan kandungan

Meredakan Rasa Sakit Akibat Gigitan Nyamuk

Selain buah dan bijinya yang memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata bagian kulit pete juga memiliki manfaat. Kulit pete dapat digunakan untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Kamu hanya perlu untuk menggosokkan bagian dalam kulit pete pada bagian yang terkena gigitan nyamuk.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pete merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Antioksidan yang terdapat pada pete dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang pada akhirnya dapat membantu kamu dalam mencegah terserangnya berbagai penyakit.

Mencegah Luka lambung

Pete merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat karena teksturnya yang lembut dan halus. Pete merupakan satu-satunya makanan yang dapat kamu makan tanpa akan  menyebabkan stress. Makanan ini juga dapat menetralkan kadar asam yang ada di lambung dan dapat mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung.

Mengatur suhu tubuh

Pete merupakan salah satu makanan yang mengandung tiga macam gula alami yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa yang dikombinasikan dengan kadar serat yang tinggi. Kombinasi dari kandungan tersebut akan membuat kita menjadi semakin bertenaga. Hasil riset telah membuktikan bahwa dua porsi pete dapat memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas yang berat selama 90 menit. Oleh karena itu, pete sering dijadikan sebagai salah satu makanan wajib oleh para atlet terkenal.

Mengobati Seasonal Affective Disorder (SAD)

Pete dapat membantu proses penyembuhan para penderita SAD, karena dalam pete terkandung tryptophan yang merupakan pendorong mood yang alami.

Stroke

Menurut hasil riset yang dituangkan dalam “The New England Journal of Medicine”, memakan pete secara rutin dalam kehidupan sehari-hari dapat menurunkan risiko kematian karena stroke sebesar 40%.

Mengatasi Mual di Pagi Hari

Memakan pete pada jam makan akan dapat membantu mempertahankan kadar gula, sehingga kita dapat menghindari rasa mual di pagi hari.

Demikian pembahasan mengenai manfaat pete yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

wiyana
wiyana
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP